Definisi Ketahanan Pangan, Materi Industri, Serta Energi Gres Dan Terbarukan

Geografi_11 (2)

Ketahanan pangan, materi industri, serta energi gres dan terbarukan ialah beberapa komponen penting penunjang kelangsungan hidup suatu bangsa. Bangsa yang besar ialah bangsa yang bisa memenuhi ketahanan pangan warganya, bisa mengolah sumber dayanya menjadi materi industri bernilai jual tinggi, dan bisa menemukan serta memanfaatkan energi gres dan terbarukan.

Tetapi sebelum kita membahas hal-hal tersebut, mendingan kita lihat dulu apa sih definisi ketahanan pangan, materi industri, serta energi gres dan terbarukan? Untuk itu, yuk kita bahas satu-persatu.

KETAHANAN PANGAN

Pangan ialah salah satu dari 3 kebutuhan primer manusia (dalam versi terbaru, kebutuhan primer insan ada 5, dengan embel-embel chargeran dan kuota hehe). Pangan atau panganan diharapkan oleh insan untuk menunjang kehidupannya, karena di dalam materi pangan tersebut terdapat gizi dan mineral yang diharapkan oleh insan untuk beraktivitas.

gudang beras Ketersediaan beras menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan ketahanan pangan (sumber: republika.co.id )

Ketahanan pangan meliputi banyak aspek dan mempunyai definisi yang luas, sehingga setiap orang mencoba menciptakan definisinya sendiri sesuai dengan tujuannya. Secara umum ketahanan pangan ialah kemampuan untuk mencukupi pangan dan keterjaminan tiap individu untuk memperoleh pangan. Dalam pelaksanaannya, di Indonesia sudah diatur dalam UU Pangan No.7 tahun 1996.

pasar tradisionalPendistribusian ke pasar/pelanggan juga sanggup memengaruhi ketahanan pangan (sumber: rakyatsultra.com )

Undang-undang tersebut mengatur perihal ketahanan pangan yang meliputi aspek keamanan, mutu, dan keragaman sebagai kondisi yang harus dipenuhi dalam pemenuhan pangan penduduk yang merata serta harganya terjangkau.

BAHAN INDUSTRI

Bahan industri ialah materi mentah, materi baku, atau barang setengah jadi yang diolah untuk menjadi materi yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Dalam UU No.5 Tahun 1984, industri didefinisikan sebagai kegiatan ekonomi yang mengolah materi mentah, materi baku, barang setengah jadi dan/atau barang jadi menjadi barang dengan nilai yang lebih tinggi.

Nah dalam pembagiannya bahan industri bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Bahan mentah

menyadap karetProses pengambilan getah karet (sumber: alatsadapkaret.com)

Bahan yang diambil eksklusif dari alam atau yang diperoleh dari perjuangan insan untuk memenuhi kebutuhan industri.

2. Bahan baku

 bubur kertasBubur kertas, salah satu pola materi mentah setengah jadi (sumber: shutterstock.com)

Bahan mentah yang telah diolah secara ringan, biasanya masih jauh dari barang jadi/untuk memudahkan proses.

3. Barang Setengah Jadi

kainKain, satu tahap sebelum menjadi baju (sumber: pusatkonveksi.co

Barang yang sudah mengalami proses industri lebih lanjut dan hampir mendekati barang jadi.

ENERGI BARU DAN TERBARUKAN

Seperti kita ketahui, kebanyakan mesin, baik untuk industri atau kegiatan lain masih digerakkan oleh tenaga fosil. Minyak bumi dan kerikil bara masih menjadi energi utama dalam menggerakkan mesin. Tetapi disadari atau tidak, minyak bumi dan kerikil bara ialah 2 sumber energi yang nantinya akan habis. selain itu kedua komponen tersebut hanya bisa terbentuk dalam jangka waktu yang lama, puluhan, atau ratusan juta tahun.

Contoh energi terbarukanAngin, salah satu energi alternatif yang bisa menghasilkan listrik (sumber: giphy.com)

Energi baru adalah jenis-jenis energi yang pada ketika ini belum pernah dipergunakan secara massal oleh insan dan masih dalam pengembangan. Contoh, energi gres ialah pemanfaatan sel surya untuk menyalakan lampu kemudian lintas. Sementara itu, energi terbarukan adalah energi yang ketersediaan sumbernya bisa dipulihkan dengan cepat sehabis sumber itu dipakai atau dihabiskan secara alami.

energi terbarukanMembangun bendungan untuk menciptakan pembangkit listrik tenaga air (sumber: giphy.com)

Bumi menyediakan banyak tenaga yang belum dimanfaatkan oleh manusia, tenaga ini tersedia di aneka macam tempat, tidak mengotori lingkungan, dan sanggup dipulihkan dengan cepat. Tetapi alasannya ialah problem infrastruktur dan penguasaan IPTEK, maka energi-energi gres dan terbarukan ini masih sangat jarang digunakan.

Nah squad, sudah sewajibnya Indonesia sanggup memanfaatkan kekayaan alam dan manusianya untuk mencapai kemakmuran dengan cara menguasai ketiga hal di atas.  Bayangin deh, dengan memakai energi gres dan terbarukan, bumi kita tentunya sanggup lebih terjaga. Selain itu, udara dan bahari kita pun tidak terkotori dibandingkan penggunaan batubara dan energi sejenisnya yang tidak bisa diperbaharui. Kita sebagai generasi muda, wajib untuk mencar ilmu dan memajukan bangsa kita!

Supaya kau lebih paham lagi, coba kau lihat videonya di ruangbelajar. Di sana gak cuma ada video perihal ini aja, tetapi ada ribuan video lain perihal aneka macam mata pelajaran yang pastinya menarik dan gampang di mengerti!

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Ketahanan Pangan, Materi Industri, Serta Energi Gres Dan Terbarukan"

Posting Komentar