5 Poin Dalam Penyampaian Gagasan Dan Jawaban Dalam Diskusi

Bahasa Indonesia_12

Film horor bikin takut

Makan bakso sama nasi

Apakah kau pernah ikut

Sebuah program lembaga diskusi

Apa sih lembaga diskusi itu?

Forum diskusi adalah daerah bermusyawarah dengan banyak orang dan dipimpin seorang pemimpin diskusi atau moderator untuk membicarakan hal penting. Tujuan diadakannya lembaga diskusi ialah untuk mendapat hasil keputusan dari hal yang dibicarakan.

diskusi forum

 Pelaksanaan diskusi dalam sebuah lembaga (sumber: kppu.go.id)

Kalau kau pernah ikut atau melihat sebuah diskusi, niscaya akan terjadi sabung pendapat bukan? Pendapat yang diutarakan dalam diskusi bisa berupa sebuah gagasan atau pendapat yang dimiliki seseorang. Adu pendapat tersebut sanggup berupa persetujuan atau penolakan. Baik pendapat oke atau menolak harus diungkapkan dengan bahasa dan cara yang beradab dan santun.

Lalu, bagaimana ya cara memberikan gagasan dan balasan dalam sebuah diskusi? Lanjut baca terus ya Squad!

1. Objektif

Lawan dari objektif ialah subjektif. Kalau pendapat subjektif itu kan pendapat yang cenderung menilai sesuatu menurut individu, sedangkan pendapat yang bersifat objektif lebih mengutamakan data dan realita yang ada.

Dalam sebuah lembaga diskusi, perlu dihindari pendapat yang bersifat subjektif. Kenapa? Pendapat subjektif biasanya mengedepankan emosional. Beda dengan pendapat objektif yang sangat berlandaskan pada kemampuan berpikir dan logika.

 

 (sumber: giphy.com)

 2. Tidak Apriori

Kamu tahu nggak apa apriori itu? Apriori ialah beranggapan sebelum mengetahui keadaan yang sebenarnya. Bahasa kerennya itu cuma “kira-kira” gitu lho Squad. Dengan begitu, kau harus tahu dulu nih keadaan yang terjadi, gres habis itu kita sanggup mengutarakan gagasan kamu.

Baca Juga: 3 Jenis Puisi Kontemporer

3. Jangan Emosi

Awas Squad, biasanya nih jikalau ada seseorang yang mengemukakan pendapat tapi tidak sejalan dengan kita, eksklusif bawaannya pengen marah-marah. Dalam lembaga diskusi, pendapat yang disampaikan tidak tidak boleh emosi. Kenapa? Dengan adanya emosi dalam memberikan pendapat, maka akan terlihat pandangan subjektif kita.

 (sumber: giphy,com)

 4. Argumen yang Logis

Argumen yang logis artinya pendapat yang masuk akal dan dapat dipertanggungjawabkan. Supaya kau bisa mendapat argumen yang logis, kau harus mempunyai sebuah data yang valid. Kalau kau berargumen tanpa adanya data, itu sama saja kau berargumen atas perkiraan pribadi.

5. Menggunakan Ragam Bahasa yang Resmi

Bahasa dan lembaga diskusi harus dibedakan ya Squad. Jangan hingga kau memakai bahasa sehari-hari kau dalam lembaga diskusi. Forum diskusi niscaya memakai ragam bahasa yang resmi, kecuali jikalau kau sedang kerja kelompok mengerjakan PR Bahasa Indonesia di rumah sobat kamu. Nah, itu gres boleh memakai ragam bahasa santai.

Nah itu tadi Squad cara memberikan gagasan dan balasan dalam diskusi. Bagaimana, kini sudah paham kan? Kalau begitu, kini coba uji kemampuan kau yuk di ruanguji. Ada banyak soal tryout gratis yang bisa kau coba di sana.

New call-to-action 

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Poin Dalam Penyampaian Gagasan Dan Jawaban Dalam Diskusi"

Posting Komentar