Peran Iptek Terhadap Perubahan Jenis Dan Struktur Pasar

Ekonomi_10

Squad, apakah kau pernah belanja online? Yap, kini berkat canggihnya perkembangan teknologi dan internet kita sudah tidak perlu lagi repot-repot pergi ke toko atau pasar dan bermacet-macet ria di jalanan. Belanja kini semakin mudah, kau hanya tinggal mengunduh aplikasi, mencari barang apa yang dibutuhkan, kemudian pesan, tinggal menunggu barang pesanan diantar ke lokasi daerah tinggal kamu. Praktis sekali ya,Squad!

Onlne Shopping

Belanja Online (Sumber: giphy.com)

Tapi tahukah kamu, bila aplikasi yang kau gunakan itu termasuk e-commerce lho. Apa itu e-commerce? E-commerce merupakan aktivitas transaksi jual beli atau perdagangan yang memanfaatkan perkembangan IPTEK khususnya internet. Nah, berkat internet, penjual dan pembeli sanggup “bertemu” di situs atau aplikasi e-commerce. Karena itu, e-commerce di sini juga sanggup berarti mediator atau media yang memungkinkan terciptanya pasar di dunia maya.

Berkembangnya IPTEK dan menjamurnya situs serta aplikasi e-commerce memperlihatkan manfaat bagi pembeli dan penjual dalam bertransaksi di pasar, di antaranya sebagai berikut.

1. Memperpendek jarak, jarak antara pembeli dan penjual menjadi terasa semakin bersahabat dengan adanya dukungan internet alasannya pembeli dan penjual tidak perlu bertemu untuk bertransaksi secara langsung.

 Online shopping

Cukup dengan internet, penjual dan pembeli tidak perlu bertemu secara langsung  (Sumber: giphy.com)

2. Perluasan pasar, jangkauan pasar dari produk yang ditawarkan penjual semakin luas bahkan sanggup hingga ke seluruh belahan dunia, yang sebelumnya bila tidak ada internet penjual hanya sanggup menjual barangnya di suatu lokasi tertentu.

Perluasan pasarProduk lokal sanggup populer diseluruh dunia dengan internet  (Sumber: giphy.com)

3. Perluasan jaringan kawan kerja, baik produsen maupun konsumen dari banyak sekali belahan dunia, tanpa batas negara, dapat saling bermitra dalam menyebarkan aktivitas ekonominya.

Bermitra melalui internet

Kegiatan bermitra sanggup dilakukan dengan handphone dan internet (Sumber: giphy.com)

Baca Juga: Jenis dan Tingkatan Koperasi di Indonesia

4. Biaya lebih efisien. Interaksi antara penjual dan pembeli tidak harus secara fisik bertemu, sehingga mengurangi biaya transportasi. Penyediaan barang dan jasa juga cukup dengan menampilkan gambar atau foto dari produk yang diperjualbelikan, tidak perlu membangun atau menyewa toko yang menampilkan produk, dan  tidak memerlukan banyak tenaga kerja, pekerjaan sanggup dikerjakan oleh aplikasi yang bekerja 24 jam non-stop.

Efisiensi biaya
Biaya menyewa toko,  transportasi dan tenaga kerja

dapat ditekan alasannya internet (Sumber: jmconsulting.pe)

5. Meningkatkan gambaran perusahaan. Citra perusahaan merupakan persepsi dari suatu perusahaan untuk sanggup direkam oleh konsumen. Internet mempercepat  berkembangnya citra, karena profil perusahaan disebar melalui internet.

Meningkatkan gambaran perusahaanCitra perusahaan (Sumber: dunianotaris.com)

6. Menyederhanakan proses layanan, dengan layanan internet maka para konsumen tidak perlu antre dalam memesan produk, cukup membuka komputer atau handphone di rumah masing-masing, proses pembayaran juga sanggup lebih gampang dan simpel dengan memanfaatkan layanan transfer antarbank.

Menyederhanakan proses layananCukup dengan klik maka aktivitas belanja sanggup dilakukan (Sumber: maxmanroe.com)

7. Mempermudah susukan isu produk. Informasi produk sanggup secara gampang dan cepat menyebar ke seluruh dunia, sehingga masyarakat calon pembeli sanggup dengan gampang mengakses isu kapan dan di mana saja.

Mempermudah susukan infomasi produkInformasi produk sanggup diakses kapan saja dan dimana saja (Sumber: daxueconsulting.com)

Nah, dengan semakin berkembangnya aktivitas jual beli dengan internet, mendorong semakin berkembangnya jenis pasar abnormal alasannya fasilitas transaksi yang diberikan. 

Pengaruh IPTEK Terhadap Perubahan Jenis dan Struktur Pasar

Gimana, Squad? Pembahasan kali ini mengenai tugas IPTEK terhadap perubahan jenis dan struktur pasar sangat menarik ya. Ternyata begitu besar IPTEK menghipnotis aspek hidup kita hingga pada jenis dan struktur pasar. Nah, kalau punya pertanyaan mengenai tugas IPTEK dalam aspek-aspek lainnya kau sanggup tanya eksklusif lewat ruanglesonline dengan tutor yang kompeten kapan saja dan dimana saja, cobain yuk!

New Call-to-action

 

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran Iptek Terhadap Perubahan Jenis Dan Struktur Pasar"

Posting Komentar