Yang Harus Kau Ketahui Wacana Sistem Golongan Darah Manusia

Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Sistem Golongan Darah Manusia

Squad, apakah kau mengetahui ihwal golongan darah? Biasanya di kartu identitas ada keterangan golongan darahmu, ya. Golongan darah ini merupakan salah satu keterangan yang penting, lho! Psstt tahukah kamu, golongan darah insan terdiri dari 2 sistem, lho.  Ketiga sistem tersebut yaitu sistem ABO dan sistem Rhesus. Jadi, apa saja nih, yang harus kau ketahui ihwal sistem golongan darah? Kuy, cekidot!

Squad, dari ketiga jenis sistem golongan darah berikut, sistem yang paling sering digunakan yaitu sistem ABO. Lalu, sistem golongan darah yang lain, nggak penting, ya? Eits, semuanya penting dong! Kuy, kita bahas satu persatu! 

Sistem Golongan Darah ABO

Sistem golongan darah ABO ini ditemukan oleh Karl Landsteiner. Pada sistem ABO, golongan darahnya ditentukan oleh aglutinogen dan aglutinin. Wah, apa sih aglutinogen itu? Aglutinogen adalah jenis protein yang sanggup menggumpal (aglutinasi) dan terdapat pada eritrosit, sedangkan aglutinin adalah jenis serum antibodi yang sanggup menggumpalkan aglutinogen. Aglutinin terdapat pada plasma darah.

Baik Aglutinogen maupun aglutinin terbagi menjadi 2 jenis. Aglutinogen terbagi menjadi aglutinogen A dan aglutinogen B, sedangkan aglutinin terbagi menjadi α dan β. Aglutinin α menggumpalkan aglutinogen A dan aglutinin β menggumpalkan B. Supaya lebih jelas, yuk simak tabel di bawah ini!

Tabel aglutinogen dan aglutinin sistem ABO

NO.

Golongan Darah

Aglutinin

Aglutinogen

1

A

β

A

2

B

α

B

3

AB

-

A dan B

4

O

α dan β

-

Ada beberapa catatan penting yang harus kau ingat, nih. Golongan darah O yaitu donor universal, sedangakan golongan darah AB yaitu resipien universal. Maksudnya apa, tuh? Kuy, simak gambar di bawah ini! 

Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Sistem Golongan Darah

Sistem Golongan Darah Rhesus

Sistem golongan darah rhesus ditemukan oleh Landsteiner dan Wiener. Berdasarkan sistem ini, ada 2 jenis rhesus, yaitu rhesus positif dan rhesus negatif. 

 Tabel aglutinogen dan aglutinin sistem Rhesus

Golongan Darah

Aglutinogen/antigen

Aglutinin/antibodi

Rhesus positif

Ada

-

Rhesus Negatif

-

Ada

Berdasarkan tabel di atas, rhesus positif tidak sanggup memperlihatkan darahnya ke rhesus negatif alasannya akan terjadi penggumpalan antigen donor oleh antibodi resipien. Namun sebaliknya, rhesus negatif tetap sanggup mendonorkan darahnya ke rhesus positif.

Squad, ada sedikit gosip penting terkait sistem golongan darah rhesus ini, lho, Jadi, apabila seorang wanita dengan rhesus negatif menikah dengan pria rhesus positif, maka saat wanita tersebut mengandung anak dengan rhesus positif untuk pertama kalinya maka tidak akan terjadi apapun pada bayinya.

Akan tetapi, jikalau wanita tersebut mengandung bayi dengan rhesus positif untuk kedua kalinya, maka akan terjadi Eritroblastosis fetalis pada bayinya alasannya antibodi ibu yang sudah terbentuk akan menggumpalkan antigen yang ada darah bayi. Efeknya, antibodi ibu akan memakan darah bayi dan bayi yang dilahirkan akan mengalami anemia akut.

Wah Squad, ternyata sistem golongan darah cukup kompleks, ya! Meskipun kompleks, kau tetap harus semangat belajar, ya! Supaya makin semangat, yuk berguru dengan menggunakan ruanglesonline. Tinggal potret soalnya dan tanya ke tutor berpengalaman lewat aplikasi, beres deh! Yuk, d0wnl0ad sekarang. 

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yang Harus Kau Ketahui Wacana Sistem Golongan Darah Manusia"

Posting Komentar