Biologi Kelas 10 | Berkenalan Dengan Biologi, Yuk!

apa itu biologi

Artikel ini akan menjelaskan ihwal pengetahuan dasar terkait biologi. Mulai dari pengertian, ciri-ciri, jenis objek kajian biologi, serta ruang lingkup objek kajian tersebut.

--

Squad, apa kabar? Wah, kini sudah kelas X, ya! Sudah ganti seragam nih, bukan putih-biru lagi. Nah, alasannya yakni kini sudah SMA, tentu kau akan mengalami beberapa perubahan, baik dari segi sistem sekolahnya, maupun dari segi mata pelajaran yang harus kau ambil. Jika dulu kau berguru IPA Terpadu waktu SMP, kini kau akan mempelajari Biologi, Fisika, dan Kimia secara terpisah. Sekarang, mulai berkenalan dengan Biologi, yuk

apa itu biologi

Tahukah kamu, Biologi itu terdiri dari 2 kata, lho! Wah, kata apa saja, tuh? Biologi terdiri dari kata bios (hidup) dan logos (pengetahuan). Berdasarkan asal katanya, biologi sanggup diartikan sebagai ilmu yang mengkaji dan mempelajari ihwal mahkluk hidup. Kaprikornus kira-kira, dengan mempelajari biologi, kau akan banyak mengetahui ihwal kehidupan mahkluk hidup, termasuk unsur-unsur pembentuknya, ya! Wow, seru banget, kan!

Baca Juga: Karakteristik dan Struktur Virus

apa itu biologi

Seperti ilmu pengetahuan lainnya, biologi juga mempunyai ciri khas, lho! Ciri khas ini membedakan biologi dengan ilmu pengetahuan lainnya. Apa saja sih, ciri khasnya? Kuy, simak pada gambar di bawah ini! 

apa itu biologi

 

apa itu biologi

Berdasarkan struktur keilmuan berdasarkan BSCS (Biological Science Curricullum Study, Mayer 1980), ruang lingkup Biologi mencakup aneka macam jenis obyek biologi. Jenis-Jenis obyek Biologi tersebut terdiri dari 6 jenis kingdom. Kingdom-kingdom tersebut antara lain Kingdom Animalia (contoh: Pongo pygmaeus), Kingdom Plantae (contoh: Musa paradisiaca), Kingdom Fungi (contoh: Rhizopus oryzae), Kingdom Protista (contoh:  Entamoeba c0l1), Kingdom Eubacteria (contoh: Escherichia c0l1), dan Kingdom Archaebacteria (contoh: Halobacterium sp).

Selain berdasarkan pada jenis-jenis kingdom di atas, lingkup obyek Biologi juga sanggup ditinjau berdasarkan tingkat organisasi kehidupan, lho. Apa saja, ya? 

 

 

Bagaimana, Squad? Semakin ingin tau kan dengan pelajaran Biologi? Kamu harus terus semangat belajar, ya! Nah, biar semakin semangat, yuk berguru bersama ruanglesonline. Kamu sanggup tanya PR yang sulit hanya lewat aplikasi di HP-mu, lho! Tanyanya ke siapa, ya? Ke abang tutor berpengalaman yang ngejelasinnya super asik, dong! Yuk, d0wnl0ad sekarang! 

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biologi Kelas 10 | Berkenalan Dengan Biologi, Yuk!"

Posting Komentar