Seri Revolusi Dunia: Revolusi Perancis

Sejarah_11

Hai Squad, Kalian pernah dengar seseorang yang namanya Napoleon Bonaparte? Kalau kalian tahu, ya, gakpapa, sih, soalnya revolusi Perancis terjadi sebelum Napoleon berkuasa. Revolusi Perancis adalah revolusi yang paling populer di dunia, lho! Kenapa ya? Yuk, kita bahas di artikel ini!

Revolusi Perancis

Ilustrasi revolusi perancis (flickr.com)

Setelah kalah dalam The Seven Year’s War dan kehilangan teritori serta koloni mereka di Amerika, Perancis menunggu kesempatan untuk balas dendam kepada Inggris. Beberapa tahun kemudian, pecahlah revolusi Amerika disertai dengan perang 13 koloni Inggris di Amerika melawan Kerajaan Inggris.

Walaupun Perancis ada di pihak pemenang sebab membantu 13 koloni Inggris, tetapi perang tersebut menciptakan perekonomian Perancis hancur. Perancis terlilit hutang dan menyatakan bangkrut. Hal ini menjadikan kelaparan dan penderitaan bagi rakyat Perancis.

penderitaan rakyat perancis

Ilustrasi Penderitaan Rakyat Perancis (sumber: Pinterest.com)

Sama seperti revolusi Amerika, revolusi di Perancis juga dimulai dengan pemerasan berupa peraturan pembayaran pajak yang tidak masuk logika untuk menutupi kerugian akhir perang. Saat itu pemerintahan feodal Perancis membagi masyarakat dalam 3 kelas, yaitu raja dan darah biru (golongan 1), tuan tanah dan pemuka agama (golongan 2), serta rakyat biasa (golongan 3).

Pembagian kelas ini besar lengan berkuasa kepada kebijakan pajak yang dikeluarkan. Golongan pertama dan kedua tidak diwajibkan untuk membayar pajak, sedangkan golongan ketiga wajib. Selain membayar pajak kepada negara,warga golongan ke 3 ini juga terkadang harus membayarkan pajak kepada tuan tanah. Hal ini menjadikan kesenjangan sosial dan ketidakpuasan rakyat, yang mayoritasnya yaitu golongan ke 3.

Ketidaksepakatan memuncak kala rakyat meminta supaya golongan 1 dan 2 harus ikut membayar pajak. Sayangnya, raja tidak menyetujuinya. Rakyat balasannya mengadakan perkumpulan dan menyatakan akan menciptakan keadaan lebih adil dan baik bagi mereka.

Sampai pada Juli 1789, kekacauan merebak. Paris bermetamorfosis lautan teror. Penjarahan, kerusuhan, dan pembakaran terjadi di penjuru kota. Tentara kerajaan diturunkan untuk menenangkan massa, tetapi terjadi penembakan yang melukai beberapa orang. Rakyat yang semakin murka pun mendatangi penjara Bastille pada 14 Juli. Massa mendobrak masuk untuk mengambil persenjataan dan melepaskan mereka yang sedang ditahan.

Penjara bastille

Rakyat menjarah persenjataan di penjara bastille (Sumber: time.com)

Pembobolan penjara ini seolah yaitu simbol runtuhnya kekuasaan raja dan pengambilan kekuasaan oleh rakyat. Hal ini mudah menciptakan kerajaan Perancis tidak beroperasi dan pemerintahan dibekukan. Rakyat dengan semangat Liberte, Egalite, Fraternite (kebebasan, persamaan, dan persaudaraan) merumuskan pemerintahan gres yang berbentuk republik.

Terinspirasi dari The Declaration of Independence milik Amerika, Perancis mengeluarkan Declaration of the Rights of Man and of the Citizen. Deklarasi ini menjamin persamaan hak dan kewajiban warga Perancis, serta melindunginya secara hukum. Tanpa perbedaan satu sama lain.

Declaration_of_the_Rights_of_Man_and_of_the_Citizen_in_1789

Declaration of the rights of Man and of the Citizen (sumber: emaze.com)

Sayangnya, pembentukan republik ini harus dibayar mahal oleh warga Perancis. Siapa saja yang menolak revolusi dan mendukung kerajaan akan dieksekusi pancung dengan sebuah alat yang disebut dengan Guillotine. Pada periode ini (1789-1799) sekitar 40.000 rakyat Perancis harus berakhir hidupnya di Guillotinetermasuk Raja Louis XVI dan Ratu Marie Antoinette yang dianggap berkhianat sebab akan melarikan diri.

guillotine

Dampaknya Pada Dunia

Revolusi Perancis mempunyai dampak yang lebih besar dan hebat daripada revolusi Amerika. Bahkan revolusi ini menimbulkan revolusi di negara lain. Seperti misalnya, revolusi Rusia, revolusi budak di kawasan Karibia, dan masih banyak lagi.

Revolusi Perancis yaitu suatu penanda dan bukti kasatmata bahwa raja bukanlah pemimpin yang absolut. Kemanusiaan dan persamaan yaitu hak semua orang. Penindasan yaitu sesuatu yang salah.

 

 

Ilustrasi demo revolusi (sumber: Voa-islam.com)

Akibat lain yang ditimbulkan adalah berkurang dan menurunnya jumlah feodalisme di dunia. Hal ini terjadi sebab feodalisme yaitu sesuatu yang kurang disukai rakyat kecil sebab ketidakadilannya

Nah, itu Squad, kenapa revolusi Perancis menjadi terkenal. Karena dobrakan yang diberikan oleh revoluii Perancis ini dapat menginspirasi tempat lain di dunia untuk melaksanakan revolusi. Tetapi, masih banyak yang percaya bahwa pengaruh dari revolusi ini belum berhenti lho. Bahkan masih memengaruhi bagaimana dunia kini ini. Nah, biar kau makin paham dengan revolusi ini beserta semangat Liberte, Egelite, Fraternite.Yuk pelajari lebih dalam lagi dengan guru yang jago di Ruangles.

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seri Revolusi Dunia: Revolusi Perancis"

Posting Komentar