✔ 5 Dasar Memilih Analisis Kelayakan Sistem (System Feasibility)

Sebelum menciptakan atau menyebarkan suatu sistem ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan yang disebut dengan Kelayakan Sistem, harus dipahami menyerupai apa,bagaimana dan untuk apa sistem tersebut dibuat, jagan hingga biaya besar yang sudah dikeluarkan untuk membangun sistem akan sia-sia. Pembangunan sistem tidak serta merta hanya untuk jangka panjang, sehingga perlu juga untuk mempertimbangkan banyak aspek yang bisa menunjang sistem sanggup berjalan dengan sesuai dan worth it.

Maka dengan melaksanakan atau memilih analisis baik pengamatan untuk kelayakan teknis, ekonomi hingga kelayakan jadwa semua itu harus sesuai dan dengan rancangan yang sesuai alasannya bisa jadi kalau tidak dibangun dengan analisis yang matang maka akan bisa menciptakan sebuah sistem berjalan dengan pincang atau tidak sesuai dengan harapan.

Dalam hal ini ada beberapa aspek atau hal yang perlu kau garis bawahi untuk pembangunan sebuah sistem, kau perlu tahu secara teknis akan menyerupai apa sebuah sistem tersebut. Tidak saja secara teknis tapi juga secara ekonomi alasannya mustahil sistem dibangun tanpa memikirkan ekonomi baik untuk konsumen atau untuk sisi pengembang.

Baca juga : Terminus, Terminal Custom Modern ala Hacker Profesional
Nah untuk mengatahui semua itu kau perlu faham dahulu apa dan kenapa analisis kelayakan sebuah sistem diperlukan? Berikut akan menawarkan 5 hal dasar analisis kelayakan sebuah sistem. Adapun kelayakan sistem yaitu sebagai berikut :

  1. KELAYAKAN TEKNIS, Merupakan teknologi yang akan digunakan, menyerupai Hardware dan Software apa yang akan dipakai dalam sistem yang akan dibangun, kalau teknologi yang akan dipakai yaitu teknologi yang tidak mahal dan tidak sulit didapatkan, maka sistem tersebut sanggup dikatakan layak
  2. KELAYAKAN EKONOMI, Yaitu laba atau kerugian yang didapat dari sitem itu sendiri, sudah niscaya bahwa laba yaitu motivasi untuk pengembangan sistem, aspek kelayakan ini juga berkaitan dengan Return Investmen (berapa usang biaya investasi sanggup kembali)
  3. KELAYAKAN HUKUM, Apakah sistem yang dibentuk sudah sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku, tidak melanggar hukum, apakah perangkat yang dipakai dan warta yang dihasilkan tidak menyimpang dari aturan dan peraturan yang berlaku;
  4. KELAYAKAN OPERASIONAL, Hal ini menyangkut orang-orang yang berkaitan dengan sistem menyerupai pengguna dan konsumen, apakah sistem yang dikembangkan sanggup menjadi solusi untuk permasalahan yang ada, apakah pengguna memiliki kemampuan dalam pengoperasian sistem sehingga sistem sanggup berjalan dengan benar
  5. KELAYAKAN JADWAL, Aspek ini menyangkut waktu, berapa usang waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan/pengembangan sistem, penilain ini harus sanggup memilih bahwa sistem yang dibuat/dikembangkan sanggup dilakasanakan dengan sempurna waktu.

Baca juga : Kumpulan Situs Belajar Coding

Demikian 4 hal dasar analisis kelayakan sistem yang perlu kau pertimbangkan dalam membangun sebuah sistem. Sehingga sebuah sistem bisa kau bangkit dengan sasaran dan juga sesuai dengan apa yang kau inginkan bagaimana sistem tersebut sanggup bekerja.
Sumber http://sidikul.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "✔ 5 Dasar Memilih Analisis Kelayakan Sistem (System Feasibility)"

Posting Komentar