Tips Perawatan Burung Macaw Yang Baik Dan Benar

Jenis burung kicauan berparuh bengkok ketika ini banyak dipelihara. Jenisnya pun juga bermacam macam. Salah satunya ialah burung macaw.

Burung macaw ialah jenis burung Paruh Bengkok yang mempunyai tubuh dengan ukuran yang besar. Spesies Macaw ini ada juga yang mempunyai nama lain Blue and Gold Macaw (BnG).

Jenis burung kicauan berparuh bengkok ketika ini banyak dipelihara Tips Perawatan Burung Macaw Yang Baik dan Benar
Tips Perawatan Burung Macaw yang Benar

Jenis burung ini mempunyai habitat dan juga berkembangbiak di hutan yang berada di hutan tropis Amerika Selatan, Peru, Brazil, Varzea, Trinidad, Venezuela selatan, olivia, serta di Paraguay, Panama.

Burung macaw juga mempunyai sikap yang sangat unik dan juga mempunyai tingkat intelegensi yang cukup tinggi. Oleh lantaran itu burung ini sering diikutsertakan pada program sirkus dan memamerkan kepandainya.

Meskipun burung ini risikonya liar di habitatnya, namun burung macaw ini juga merupakan burung yang praktis jinak dan praktis mengikuti keadaan pada lingkungan dengan situasi yang bermacam macam.

Tips Perawatan Burung Macaw yang Benar

Bagi anda yang punya cita-cita memelihara burung macaw, berikut ini tips perawatan burung macaw yang baik dan benar:

Kandang Burung Macaw

Jenis burung kicauan berparuh bengkok ketika ini banyak dipelihara Tips Perawatan Burung Macaw Yang Baik dan Benar
Kandang Burung Macaw

Pada ketika burung macau maka sangkar untuk macaw paling tidak mempunyai lebar kurang lebih 1,5 meter. Kemudian untuk kandanganya tingginya 2 meter. Ini juga merupakan ukuran minimal sangkar untuk burung macaw yang besar.

Anda sanggup menciptakan sangkar dari kawat halus atau juga besi. Dalam sangkar burung macaw sanggup dilengkapi dengan tangkringan dari batang kayu yang tidak bergetah.

Sebab bila tangkringannya terbuat dari kayu yang bergetah sanggup meracuni burung tersebut bila sering mematuknya.

Pada belahan kakinya sanggup dirantai, atau bulu sayapnya di potong sedikit supaya beliau tidak terbang jauh.

Dan apabila anda memelihara burung macaw lebih baik anda beri makan dalam waktu dua kali sehari yaitu pada ketika pagi dan sore. Anda juga sanggup menunjukkan air minum yang juga dalam keadaan gres setiap kali memberi makanan.

Kebersihan masakan dan minuman juga penting untuk anda perhatikan di dalam menjaga kesehatan burung peliharaan anda ini.

Mainan Untuk Burung Macaw

Untuk burung Macaw yang kita pelihara juga terkadang mencicipi stress.

Maka dari itu untuk menjaga psikologis dan juga melatih keterampilannya dalam sehari hari burung Macaw perlu setidaknya 15 menit untuk kita latih dan juga untuk diajak bermain.

Ciri ciri burung Macaw yang mengalami stres sanggup diamati dari sikap burung tersebut.

Misalnya saja ibarat susah makan, kerap teriak dengan bunyi keras dan bahkan burung Macaw sanggup mencabuti bulunya sendiri. Dan hal yang ibarat ini tidak sanggup dibiarkan berlama usang dan harus segera ditangani.

Untuk mengatasi apabila parrot yang kita pelihara tersebut mengalami stres yaitu dengan cara memberi nya mainan yang sanggup digigit.

Anda juga perlu mengajak berinteraksi, akan tetapi sebelum Anda beri mainan pastikan terlebih dahulu menunjukkan mainan yang kondusif untuk burung Macaw.

Mandikan Burung Macaw

Tips perawatan burung macaw selanjutnya yaitu pemandian. Memandikan Macaw harus kita lakukan paling tidak dalam seminggu 3 x atau 2 hari sekali.

Untuk proses pemandiannya cukuplah praktis ibarat halnya dengan cara memandikan burung kicau yang disemprotkan pada belahan tubuhnya hanya dengan menggunakan air higienis biasa tanpa dengan adonan apapun (sabun/shampoo).

Sesudah dirasa bila bulu Macaw berair kuyub, selanjutnya sanggup dikeringkan dengan menaruhnya ditempat yang ada sinar matahari kemudian anginkan di daerah sejuk.

Makanan Burung Macaw

Untuk memelihara burung macaw, masakan sebaiknya diperhatikan. Jenis pakan untuk mereka tergolong mudah.

Karena burung macaw suka makan buah-buahan dan biji-bijian. Namun sebaiknya jangan diberikan buah alpukat ataupun coklat.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Perawatan Burung Macaw Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar