Mengetahui Karakteristik Burung Pintailed Whydah Yang Unik

Burung finch ialah burung bertubuh kecil yang mempunyai banyak jenis. Dari mulai burung zebra finch, strawberry finch atau ada lagi burung emprit jepang. Masing masing jenis burung finch tersebut mempunyai keistimewaan tersendiri.

Dari aneka macam macam jenis burung finch yang sebagian besar burung tersebut berekor pendek, ternyata ada yang jenisnya punya bulu ekor cukup panjang. Jenis burung ini berjulukan Pintailed whydah (Vidua macroura).

Tak hanya pada kepingan ekornya yang panjang, keunikan lain dari jenis burung finch ini yaitu perilakunya yang ibarat dengan burung kedasih. Sebab burung ini gemar menitipkan telurnya pada sarang finch jenis lain.

Karakteristik Burung Pintailed Whydah

Burung finch ialah burung bertubuh kecil yang mempunyai banyak jenis Mengetahui Karakteristik Burung Pintailed Whydah Yang Unik
Karakteristik Burung Pintailed Whydah

Ketika sedang tidak ekspresi dominan kawin, ekor pintailed whydah ini hanya sepanjang 12 hingga dengan 13 cm saja.

Akan tetapi pada dikala memasuki ekspresi dominan kawin itulah ekor burung ini akan bertambah panjang lagi hingga menjadi lebih dari 20 cm.

Tidak hanya itu saja, Karakteristik Burung Pintailed Whydah lain yaitu pada kepingan bulu-bulu di tubuhnya akan berkembang menjadi lebih cerah. Dengan demikian dapat menambah kecantikan dari jenis burung finch ini.

Akan tetapi, meskipun burung ini berbulu cantik, jenis finch ini tidak dapat merawat anak-anaknya sendirian.

Seperti halnya pada burung kedasih/cingcuing, pintailed whydah ini sifatnya memang parasit. Yang mana burung ini akan menitipkan telurnya pada sarang burung yang lain, khususnya jenis Estrildid finches.

Namun untuk sifatnya masih terbilang cukup ramah dan tidak begitu licik. Sebab burung ini tidak menghancurkan telur lain yang sudah ada ibarat halnya sifat yang dimiliki oleh burung kedasih.

Perbedaan Pintailed Whydah Jantan dan Betina

Untuk mengetahui perbedaan dari Pintailed whydah jantan dan betina dapat dikatakan gampang kalau diamati dari penampilannya.

Karakteristik Burung Pintailed Whydah jantan mempunyai kepingan punggung dan mahkota berwarna hitam gelap dengan warna ekor yang hitam dan tampak memanjang.

Sayapnya yang berwarna hitam bergaris putih. Kemudian pada kepingan paruhnya berwarna merah terang.

Burung yang betina sebagian besar berwarna abu-abu kecoklatan dengan dilengkapi garis pucat dengan ekor pendek ibarat halnya finch kebanyakan.

Pintaled whydah juga termasuk jenis burung teritorial yang dapat bersifat sangat agresif. Mereka juga dapat menyerang burung apa pun yang akan memasuki wilayah kekuasaannya.

Meskipun burung ini bersifat parasit, akan tetapi pada dikala tidak menemukan sarang finch lainnya, burung betina selanjutnya akan menyusun sarangnya serta akan merawat anak-anaknya sendirian.

Sebab dengan alasan itu pula spesies ini sering dijuluki sebagai widow bird atau burung janda.

Habitat Burung Pintailed whydah

Burung finch ialah burung bertubuh kecil yang mempunyai banyak jenis Mengetahui Karakteristik Burung Pintailed Whydah Yang Unik
Habitat Burung Pintailed whydah

Pin-tailed whydah ini bentuk tubuhnya menang tampak unik sekali. Sebab dipercantik dengan ekor yang panjang, dan bunyi kicauan yang dapat dimanfaatkan untuk memaster burung lainnya. Untuk habitat jenis burung ini banyak ditemukan di benua Afrika.

Walaupun demikian, pintailed whydah banyak sekali dijumpai di negara-negara Asia dan juga di Eropa sebagai burung peliharaan. Sebab suaranya yang cukup merdu dan juga sangatlah bervariasi.

Makanan utamanya yaitu berupa biji-bijian, buah dan sayur-sayuran. Akan tetapi pada dikala dipelihara burung ini sebaiknya selalu memperoleh grit dan asupan kalsium dari tulang sotongnya.

Kicauan atau bunyi yang dikeluarkan oleh burung Pin-tailed whydah juga terdengar bervariasi dengan beberapa irama atau lagu yang cukup cepat.

Apabila bunyi kicauan mereka kalau ditiru oleh burung kicauan lainnya tentu akan menyebabkan satu nilai lebih untuk jenis burung tersebut.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengetahui Karakteristik Burung Pintailed Whydah Yang Unik"

Posting Komentar