Mengenal Sikap Dan Karakteristik Burung Seriwang Asia

Salah satu jenis burung yang mempunyai ciri khas berupa ekornya yang panjang ialah burung sariwang asia. Burung ini juga sering disebut dengan asian paradise flycatcher (Terpsiphone paradisi).

Tubuhnya mempunyai panjang sekitar 19-22 cm, kemudian untuk panjang ekor 24 hingga dengan 30 cm. tampilannya juga tampak menyerupai murai watu ekor panjang.

Salah satu jenis burung yang mempunyai ciri khas berupa ekornya yang panjang ialah  Mengenal Perilaku dan Karakteristik Burung Seriwang Asia
Karakteristik Burung Seriwang Asia

Akan tetapi mempunyai warna jauh berbeda serta mempunyai jambul yang eksotik. Mungkin lantaran ekornya yang sangat panjang ini, sehingga burung secantik ini kerap dijuluki dengan burung tali pocong, atau tali mayit.

Terkadang jenis burung ini juga diperjual belikan dengan bebas di pasar burung. Meskipun untuk jumlahnya juga tidak terlalu banyak.

Daerah Persebaran Burung Seriwang Asia

Seriwang asia termasuk jenis burung endemik di Asia. Sebab kawasan persebarannya sangat luas, mulai dari Turkistan hingga di Manchuria.

Diantaranya ialah di seluruh wilayah di India dan Srilanka, hingga Pulau Sumba dan Alor (Indonesia). Burung ini juga kerap tampak di Korea serta di Maladewa.

Mereka juga kerap terlihat mendiami hutan-hutan lebat, bahkan juga dikenal sebagai burung migrasi.

Apabila di wilayah utara Asia sat itu memasuki ekspresi dominan dingin, kawanan burung seriwang asia pada umumnya akan bermigrasi ke hutan tropis.

Diantaranya menyerupai di Asia Selatan dan Asia Tenggara, dan juga di Indonesia.

Karakteristik Burung Seriwang Asia

Karakteristik burung seriwang asia ini ialah termasuk burung yang sangat berisik. Sebab mempunyai bunyi panggilan khasnya yang terdengar tajam: “kreek.. kreek..“. Warna badan juga sesuai dengan subspesiesnya.

Karakteristik burung seriwang asia selanjutnya ialah kedua kepingan kakinya juga sanggup dikatakan pendek. Burung ini juga sering terlihat bertengger dengan tegak menyerupai halnya burung cendet.

Jenis burung yang berekor panjang ini termasuk burung pemakan serangga dan sering berburu sambil beterbangan.

Burung  berekor panjang ini ternyata suka sekali mandi.  Oleh lantaran itu setiap sore kerap terlihat turun untuk bertengger di dahan yang rendah di atas bak kecil. Selanjutnya burung tersebut menceburkan dirinya untuk mandi sore.

Perilaku Burung Seriwang Asia

Salah satu jenis burung yang mempunyai ciri khas berupa ekornya yang panjang ialah  Mengenal Perilaku dan Karakteristik Burung Seriwang Asia
Perilaku Burung Seriwang Asia

Seriwang asia juga merupakan burung monogami. Ketika akan mencari pasangannya, yang berperan aktif malah burung yang betina.

Pada umumnya burung betina akan lebih menentukan burung jantan yang benar-benar matang darinya. Dan burung jantan akan membangun sarang, selanjutnya telur akan dierami secara bergantian oleh induk jantan serta betina.

Karakteristik burung seriwang asia ini memang tampak indah sekali dengan ekornya yang panjang dan indah.

Mungkin disebabkan oleh kepingan ekor panjangnya yang berwarna putih, menyerupai tali yang dipakai untuk pocongan, sehingga burung ini kerap dijuluki dengan burung tali pocong.

Karena kebiasaan orang memanggil burung ini dengan nama tersebut, sebagian kicaumania menganggap bahwa itulah nama bekerjsama dari burung tersebut.

Perlu anda ketahui, bahwa bekerjsama nama burung ini seriwang asia, atau asian paradise flycatcher.

Pada kepingan ekornya yang panjang pastinya memerlukan sangkar yang ukurannya cukup besar di dalam memeliharanya.

Untuk pemeliharaan burung ekor panjang ini sanggup memakai sangkar burung murai batu.

Ketika anda memelihara burung ini, maka perawatan harian yang sanggup anda lakukan ialah sama dengan burung pemakan serangga lainnya. Seperti halnya perawatan pada burung kacer, murai batu, tledekan, dan lain sebagainya.

Suara Seriwang Asia

Suara kicauan burung ini memang terdengar kencang dan sanggup lebih bervariasi dari bunyi kicauan aslinya.  Burung ini juga sanggup dimasterkan.

Sebab pada umumnya jenis burung yang asalnya dari keluarga flycathcer itu gampang bila dilatih untuk menirukan bunyi burung lainnya (dimaster).


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Sikap Dan Karakteristik Burung Seriwang Asia"

Posting Komentar