Pengertian Teks Iklan Dan Contohnya

Bahasa Indonesia_8.jpg

Squad, kau tentu sering melihat iklan yang muncul di televisi atau di internet 'kan? Walaupun begitu, niscaya tidak semua iklan yang muncul sanggup kita pahami apa maksudnya. Nah ternyata, sebelum iklan ditayangkan atau dipublikasikan harus terdapat teks tertulisnya sebagai naskah panduan. Apa saja yang ada di dalam naskah tersebut? Mari kita cari tahu!

Teks iklan merupakan sebuah teks yang mendorong, membujuk khalayak semoga tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga sanggup diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang atau jasa. Biasanya iklan disampaikan melalui media masa ibarat televisi, radio, surat kabar, dan internet.

struktur teks iklan.png

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

  • Persuasif. Kata-kata yang terdapat dalam teks iklan harus persuasif (bersifat mengajak) semoga para konsumen yakin dan percaya terhadap produk/jasa yang ditawarkan.
  • Imperatif. Imperatif merupakan permintaan, ajakan, dorongan atau larangan. Biasanya ditandai dengan kata-kata, ibarat ikutilah, hadirilah, wujudkan, nyatakan, nikmati, sebaiknya, marilah, ayo dan janganlah.
  • Berima. Biasanya kata-kata yang terdapat dalam sebuah iklan mempunyai rima atau pengulangan nada yang sama semoga iklannya menarik dan berkesan bagi konsumen.
  • Berkesan positif. Sebuah barang/produk yang ditawarkan akan mempunyai tentangan atau lawan. Untuk itu dalam sebuah iklan jangan hingga menjelek-jelekkan atau bahkan hingga menghina produk/jasa lain. Bersaing secara sehat yang lebih penting dan menunjukan produk/jasa yang ditawarkan memang lebih baik daripada yang lain.
  • Ringkas. Iklan yang menarik biasanya iklan yang tidak bertele-tele tetapi eksklusif memberikan apa maksud dan tujuannya. Iklan yang ringkas juga berfungsi untuk memudahkan konsumen mengingat dan menciptakan kesan kepada konsumen.
  • Fakta. Dalam sebuah iklan harus terdapat sebuah fakta. Misalnya alamat perusahaan yang benar-benar ada, dan produk yang benar-benar ada. Biasanya sebuah fakta berupa pernyataan yang sanggup dibuktikan kebenarannya dan bukan berupa pendapat seseorang.

contoh iklan.jpg

CONTOH IKLAN

Squad, coba lihat pola iklan Ruangguru di atas. Terdapat beberapa struktur yang membangunnya, yaitu:

  • Judul

Judul yang ada dalam iklan di atas yaitu “Akses Latihan Topik di ruangbelajar GRATIS!”.Dalam iklan ini ruangbelajar merupakan sebuah produk berguru yang menyediakan latihan soal secara gratis tanpa biaya. Judul biasanya mempunyai goresan pena yang lebih besar sehingga sanggup eksklusif terlihat.

  • Nama produk

Produk yang diiklankan yaitu berjulukan ruangbelajar. Nama produk sanggup dilihat di sudut kanan atas dan juga pada judul teks iklan.

  • Deskripsi produk

Deskripsi produk dari iklan di atas yaitu “Sekarang kau sanggup saluran Latihan Topik secara gratis di setiap mata pelajaran yang ada di ruangbelajar!” dan “Tersedia untuk semua jenjang dari kelas 1 hingga 12 dan SBMPTN”. Selain itu, terdapat informasi pelengkap bahwa kau sanggup men-d0wnl0ad aplikasi Ruangguru di Google play dan App Store. Aplikasi ini juga sangat gampang dipakai alasannya yaitu kalian sanggup mengakses aplikasi tersebut ditelepon genggam kalian dikala kalian berada di mana saja.

Walaupun sangat bersahabat dengan keseharian kita, ternyata banyak hal yang belum kita ketahui dibalik sebuah tayangan iklan. Untuk menciptakan sebuah iklan yang baik, banyak unsur yang harus diperhatikan semoga masyarakat sanggup mengenali produk atau jasa yang diiklankan. Mau berguru bahan lainnya? Yuk, berguru di Ruangguru On-The-Go. Kamu sanggup menonton ribuan video berguru beranimasi tanpa kuota dan kuis latihan yang akan menciptakan #BelajarJadiMudah.

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Teks Iklan Dan Contohnya"

Posting Komentar