Pengertian Dan Ciri-Ciri Teks Inspirasi

Bahasa Indonesia_9.jpg

Squad, seringkali kita merasa frustasi dan kehilangan inspirasi. Apakah kalian pernah merasa demikian? Untuk mendapat inspirasi, kita harus mencari dari banyak sekali macam hal dan sumber. Nah, kalau kau sedang membutuhkan inspirasi dalam hidup, teks inspirasi sanggup menjadi salah satu dari beberapa sumber inspirasi kalian. Apa itu teks inspirasi? Yuk, kita pelajari!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inspirasi yaitu ilham. Jadi, teks inspirasi yaitu materi tertulis yang dipakai sebagai media untuk mendapat ilham, ide, atau gagasan yang sanggup menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Berdasarkan definisi tadi, tujuan teks inspirasi yaitu untuk menambah dan menggugah motivasi, semangat, dan rasa percaya diri untuk menghadapi semua tantangan yang mungkin akan dihadapi dalam mencapai tujuan yang dibutuhkan secara positif.

Ciri-Ciri Teks Inspirasi

1. Kisah nyata

Teks inspirasi biasanya diangkat atau disesuaikan dari sebuah kisah nyata. Ini dipakai untuk menunjukkan citra bahwa hal-hal yang terjadi dalam kisah tersebut ternyata sanggup juga terjadi dalam kehidupan pembaca.

2. Tema

Selain kisah nyata, setiap bentuk goresan pena teks inspirasi sanggup dikembangkan dari satu tema tertentu menjadi kisah inspirasi yang menarik.

3. Judul

Setiap teks inspirasi harus diberikan judul untuk memudahkan pembaca mengidentifikasi perihal citra isi teks.

4. Alur

Dalam teks inspirasi terdapat alur kisah untuk menunjukkan pemahaman awal, inti, dan final kisah atau kisah. Maka, teks inspirasi juga sanggup disebut sebagai teks kisah alasannya yaitu di dalamnya terdapat alur, yaitu urutan waktu kisah dari awal sampai final yang sanggup dipahami pembaca.

5. Bersifat naratif

Teks inspirasi tentunya bersifat naratif atau kisah alasannya yaitu menyerupai yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, di dalamnya terdapat alur.

6. Ada tokoh yang diceritakan

Pada teks inspirasi terdapat tokoh kisah dengan kisah hidupnya yang dijadikan sumber inspirasi, contoh, atau teladan bagi pembaca. Pada umumnya, tokoh dalam kisah inspiratif yaitu manusia.

ciri2 teks inspirasi.png

Unsur Teks Inspirasi

1. Abstraksi

Bagian yang pertama ini bersifat optional, boleh ditulis atau tidak. Namun, biasanya bab ini seringkali tidak ditulis. Abstraksi merupakan citra perihal isi teks.

2. Orientasi

Bagian ini berisi pengenalan tokoh, latar tokoh dan tema. Pengenalan tokoh terdapat pada paragraf pertama, sedangkan latar tokoh biasanya terdapat pada paragraf pertama dan kedua.

3. Koda

Koda dalam teks inspirasi yaitu saran dan solusi dari permasalahan yang terjadi dan sanggup diteladani. Amanat dalam teks biasanya terdapat pada paragraf kelima.

Intinya, teks inspirasi merupakan teks yang berisi kisah aktual dan pengalaman hidup seseorang, yang sanggup dijadikan inspirasi untuk menambah semangat dalam mencapai tujuan pembacanya. Praktis 'kan Squad? Cari inspirasi berguru melalui guru terbaik di ruangles. Kamu sanggup menentukan guru yang sesuai dengan keinginanmu dan berguru di mana pun dan kapan pun sesuai kebutuhan. Yuk, cari sekarang!

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Ciri-Ciri Teks Inspirasi"

Posting Komentar