Mengenal Ciri Khas Burung Manyar Tempua Yang Unik

Burung manyar tempua ialah salah satu jenis burung kicauan yang mempunyai ciri dan keunikan yang lain dengan jenis lainnya.

Jenis burung ini pada umumnya suka hidup di alam liar dan juga kerap membangun sarangnya yang bentuknya ibarat cawan atau mangkuk dengan ukuran sedang.

Namun, untuk ciri khas burung manyar tempua ini, jikalau dilihat dari sarangnya itu berukuran cukup besar dan bentuknya ibarat kendi labu.

Daerah Persebaran Burung Manyar Tempua

Burung manyar tempua ialah salah satu jenis burung kicauan yang mempunyai ciri dan keunika Mengenal Ciri Khas Burung Manyar Tempua Yang Unik
amlubaiburung.blogspot.com

Daerah persebaran burung manyar tempua ini memang dikenal cukup luas, yakni mulai dari Afrika hingga di Asia, termasuk juga Indonesia.

Burung ini tersebar di daerah swperti Tiongkok, Pakistan, Sri Lanka, India, Bhutan, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Laos, dan Indonesia.

Apabila di Indonesia, burung ini sanggup dijumpai di Sumatera, Jawa dan Bali. Habitat hidupnya pada ketika berada di alam liar menghuni dataran terbuka yang bersahabat dengan daerah persawahan serta di pinggiran hutan.

Ciri Khas Burung Manyar Tempua

Ciri khas burung manyar tempua yaitu sanggup dilihat dari segi ukuran fisiknya yang cukup kecil atau sekitar 15 cm saja.

Untuk membedakan burung yang jantan dan betina sanggup diamati dari corak warna bulunya.

Ciri khas burung manyar tempua jantan pada umumnya di bab kepala yang berwarna kuning terperinci dengan pipi yang ditutupi bulu berwarna hitam.

Sedangkan untuk bawah tubuhnya mulai dari dada hingga bab perut berwarna kuning tua.

Lalu, untuk badan bab atasnya mulai dari punggung serta bab sayapnya yang terlihat berwarna cokelat keabu-abuan dengan membentuk contoh garis-garis lurus.

Ciri khas burung manyar tempua yang betina yaitu tampak pada bab kepala yang berwarna cokelat keabu-abuan.

Sedangkan untuk bab atas dan bawah badan hingga dengan ekornya warnanya hampir ibarat dengan yang jantan.
Untuk bentuk paruh antara jantan dan betina ini mempunyai ukuran yang cukup besar dan pendek.

Bagian paruhnya yang besar ini akan dipakai untuk menghancurkan biji-bijian yang disantapnya dari persawahan milik warga.

Kicauan Burung Manyar Tempua

Suara yang dihasilkan oleh jenis burung manyar ini yaitu pada umumnya dibunyikan dengan tempo yang cukup rapat dan agak bergetar di bab ujung lagunya.

Lalu, untuk durasi kicauannya pun juga terbilang usang yaitu sanggup di atas satu menit. Oleh alasannya itu, burung ini sangat cocok untuk dijadikan masteran bagi burung ocehan yang ingin menambah kualitas bunyi kicauannya.

Keunikan Burung Manyar Tempua

Burung manyar tempua ialah salah satu jenis burung kicauan yang mempunyai ciri dan keunika Mengenal Ciri Khas Burung Manyar Tempua Yang Unik
gado2ceritaku.blogspot.com

Keunikan burung ini sanggup dilihat dari sarangnya yang berbentuk ibarat labu. Bagian atas sarangnya pada umumnya menjadi sangkutan dan ukurannya jauh lebih dibanding pada bab bawahnya dengan ukuran yang lebih besar.

Di bab bawah sarang ada lubang yang menjadi pintu masuk ataupun keluar. Yang mana, biasanya akan didapati lebih dari satu lubang.

Hal ini bertujuan untuk menjaga telur-telurnya dari burung predator yang coba masuk memangsa.

Untuk ukuran sarangnya ternyata sanggup mencapai hampir satu meter tak lebih supaya sanggup menarik perhatian lawan jenisnya.

Pada umumnya, sarang yang glamor dan besar tersebut dibangun oleh burung pejantan biar sanggup memperoleh perhatian si betina dengan mudah.

Karakter Burung Manyar Tempua

Karakter yang dimiliki oleh burung manyar tempua ini yaitu sifat yang gampang bergabung dengan jenis burung lainnya.

Ketika bercampur dengan burung berbeda jenis, pada umumnya akan berburu bersama untuk mengumpulkan padi yang terdapat di sawah.

Ciri khas burung manyar tempua ini yaitu tergolong sebagai burung kreatif dalam membangun sarang dan kicauannya pun tak kalah merdu dari pada jenis burung kicauan lainnya.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Ciri Khas Burung Manyar Tempua Yang Unik"

Posting Komentar