Membedah Struktur Teks Pidato

Bahasa Indonesia_9.jpg

Squad, masih ingat apa itu yang dimaksud dengan pidato dan teks pidato? Pidato merupakan sebuah acara berbicara di depan umum untuk menyatakan pendapat, atau memperlihatkan citra mengenai suatu hal. Nah, sebelum berpidato biasanya pembicara akan menciptakan teks pidato terlebih dahulu sebagai panduan ketika berbicara di depan umum. Setelah mengetahui maknanya, kini kita akan mulai membedah teks pidato. Apa saja unsur dan struktur teks pidato? Yuk, kita pelajari.

A. Pembukaan

1. Salam Pembuka

Struktur pertama yang terdapat pada teks pidato yakni pembukaan. Pada bab pembukaan, terdapat salam pembuka. Salam pembuka niscaya terletak pada bab awal teks pidato yang menjadi awalan atau pembukaan pidato.

Contoh salam pembuka:

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua siswa dan guru Sekolah Menengan Atas 1 Bandung.

2. Ucapan Penghormatan

Bagian selanjutnya dalam pembukaan yakni ucapan penghormatan. Biasanya ucapan penghormatan dimulai dari penyebutan orang dengan jabatan tertinggi yang hadir dalam acara pidato. Misalnya, kalau pidato dilakukan di sekolah ucapan penghormatan sanggup dimulai dari penyebutan kepala sekolah yang mempunyai jabatan tertinggi di sekolah, lalu bapak dan ibu guru pengajar, dan terakhir teman-teman yang hadir.

Contoh ucapan penghormatan:

Yang saya hormati, Ibu Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 1 Bandung, Ibu Nanan Nurhanani S.Pd. Yang saya hormati, bapak dan ibu guru beserta staf Sekolah Menengan Atas Negeri 1 Kota Bandung, dan juga teman-teman seperjuangan saya yang saya cintai.

3. Ucapan syukur

Bagian pembukaan selanjutnya yakni ucapan syukur. Pada bab ini, biasanya orator (orang yang berpidato) mengucapkan syukur lantaran sanggup hadir dan berkumpul dengan para pendengar yang datang.

Contoh ucapan syukur:

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT lantaran sudah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita sanggup hadir dan berkumpul di sini. Tak lupa, salawat serta salam kita sampaikan kepada nabi besar Nabi Muhammad SAW. Tidak lupa juga para sahabatnya serta kita umatnya di selesai zaman.

B. Isi Pidato

Struktur yang kedua sesudah pembukaan yakni isi pidato. Pada bab isi pidato, pembicara akan memberikan inti dari topik pidato yang disampaikan.

Contoh isi pidato:

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan pidato wacana manfaat teknologi. Pada kurun ini, sudah banyak teknologi – teknologi canggih yang diciptakan untuk mempermudah cara hidup kita di zaman ini. Dengan kecanggihannya, kita sanggup mempersingkat waktu dan mempercepat penyelesaian kerja. Namun, tetap ada yang mendapatkan dan meresponnya secara negatif dengan aneka macam alasan. Seperti dengan alasan teknologi – teknologi yang sudah ada secara tidak pribadi telah menyingkirkan budaya – budaya sehari – hari yang telah ada.

Hadirin sekalian, sebetulnya banyak manfaat yang telah dan akan kita dapatkan dengan penggunaan teknologi – teknologi. Sebagai contoh, kita sanggup berkomunikasi dengan kerabat atau keluarga kita di daerah yang jauh dengan memakai telefon genggam. Kita juga sanggup mempermudah hal dalam urusan rumah tangga, menyerupai mencuci baju dengan mesin basuh ataupun memasak nasi dengan penanak nasi listrik atau biasa disebut rice cooker. Bahkan internet pun sudah sangat bersahabat dengan kehidupan sehari – hari kita. Biasanya dimanfaatkan untuk dimanfaatkan untuk mencari gosip atau menghilangkan penat, menyerupai bermain permainan yang disediakan internet.

Pada kutipan teks di atas, sanggup kita lihat bahwa kedua paragraf tadi sudah masuk ke dalam hal penting yang ingin disampaikan, yaitu mengenai manfaat teknologi.

C. Penutup

Struktur terakhir yakni penutup. Pada bab epilog akan disampaikan kesimpulan wacana topik utama pidato. Terkadang, pembicara juga akan memberikan saran-saran untuk orang lain.

Contoh penutup:

Baik buruknya teknologi itu sendiri, bergantung kepada orang yang memanfaatkannya. Saya berharap, kita sanggup memanfaatkan teknologi itu sesuai dengan manfaat dan tujuan teknologi itu sendiri dibuat. Supaya tidak terjadi penyalahgunaan yang sanggup merugikan kita sendiri dan orang lain.

Demikian pidato ini saya sampaikan. Semoga sanggup bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf bila ada salah kata. Wabillahitaufiq walhidayah. Assalammualaikum Wr. Wb.

struktur teks pidato.png

Sudah paham 'kan Squad mengenai teks pidato? Tentu, sesudah ini kalian akan lebih gampang ketika harus menciptakan teks pidato. Nah, untuk kalian yang masih bingung, tanyakan saja bahan dan soal-soal sulit di ruanglesonline. Di sini kau sanggup tanya-tanya soal PR atau kiprah sekolah yang kau nggak ngerti bersama dengan abang tutor terbaik. Tunggu apa lagi, d0wnl0ad aplikasi Ruangguru sekarang!

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membedah Struktur Teks Pidato"

Posting Komentar