Fisika Kelas 11 | Penerapan Aturan Archimedes

Fisika_11.jpg

RG Squad, jikalau kau perhatikan ketika berada di dalam air, kita jauh lebih gampang mengangkat beban ibarat kerikil atau bermain gendong-gendongan dengan temanmu dibandingkan ketika di darat. Mengapa demikian? Hal ini sebab adanya gaya angkat pada benda di dalam zat cair, atau yang biasa disebut dengan gaya Archimedes. Apakah itu? Bagaimana suara Hukum Archimedes dan apa saja penerapannya dalam kehidupan sehari-hari? Yuk, kita simak pembahasannya!

Hukum Archimedes ditemukan oleh ilmuan Yunani yang berjulukan Archimedes. Hukum ini menjelaskan relasi gaya berat dan gaya ke atas pada suatu benda jikalau dimasukkan ke dalam air. Akibat adanya gaya angkat ke atas (gaya apung), benda yang ada didalam zat cair beratnya akan berkurang. Sehingga benda yang diangkat dalam air akan terasa lebih ringan dibandingankan ketika diangkat di darat.

Bunyi Hukum Archimedes yaitu:

penerapan aturan archimedes

 
rumus aturan archimedes

 

Nah Squad, ada tiga keadaan benda ketika dicelupkan ke dalam zat cair:

1. Benda Tenggelam

Keadaan ini terjadi ketika massa jenis zat cair lebih kecil dari massa jenis benda. Contohnya besi atau baja akan karam jikalau dimasukkan ke dalam air.

contoh penerapan aturan archimedes benda tenggelam

Benda karam ketika Fa < W (Sumber: fisikazone.com)

 

2. Benda Melayang

Keadaan ini terjadi ketika massa jenis zat cair sama dengan massa jenis benda. Contohnya telur yang dimasukkan ke dalam air yang ditambahkan sedikit garam akan melayang sebab massa jenis keduanya sama.

contoh penerapan aturan archimedes benda melayang

 Benda melayang ketika Fa = W (Sumber: fisikazone.com)

 

3. Benda Terapung

Keadaan ini terjadi ketika massa jenis zat cair lebih besar dari massa jenis benda. Contohnya sterofoam atau plastik akan terapung jikalau dimasukkan ke dalam air.
contoh penerapan aturan archimedes benda terapung
Benda terapung ketika Fa > W (Sumber: fisikazone.com)

 

Penerapan Hukum Archimedes

  • Kapal Selam

Kapal selam bisa mengatur massa jenisnya di dalam air biar bisa menyelam, melayang dan mengapung di permukaan air dengan cara mengeluarkan atau memasukkan air untuk mengurangi atau menambahkan massanya.

  • Balon Udara

Penerapan Hukum Archimedes juga berlaku pada benda jenis gas ialah pada balon udara. Agar sanggup melayang di udara, balon udara diisi dengan gas yang mempunyai massa jenis lebih kecil daripada massa jenis udara di atmosfer.

  • Kapal Laut

Kapal bahari biasanya terbuat dari baja atau besi, tetapi sanggup mengapung di atas laut. Mengapa demikian? Hal ini sebab gaya angkat kapal sebanding dengan berat kapal. Kapal bahari mempunyai bentuk berongga sehingga volume air yang dipindahkan lenih besar dan gaya angkat ke atas lebih besar juga.

 

 Baca Juga: Prinsip dan Hukum Termodinamika

 

Untuk lebih memahami Hukum Archimedes, mari coba kerjakan pola soal di bawah ini yuk!

penjelasan aturan archimedes

Diketahui:

m1 = 50 kg

m2 = 25 kg

ρ = 1000 kg/m3

Ditanya: Fa dan V ?

Jawab:

F1 = m1 x g = 50 x 10 = 500 N

F2 = m2 x g = 25 x 10 = 250 N

Fa = F1 - F2 = 500 – 250 = 250 N

jawaban soal aturan archimedes

Oke Squad, kini kau sudah paham kan, penerapan Hukum Archimedes? Kalau kau punya pola penerapan lain dari Hukum Archimedes, silakan tulis di kolom komentar ya. Pelajari materi-materi ibarat ini dalam bentuk video animasi, lengkap dengan latihan soal dan rangkuman di ruangbelajar, gunakan kini kuy!

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fisika Kelas 11 | Penerapan Aturan Archimedes"

Posting Komentar