Ciri Khas Burung Tepus Gelagah Dan Kawasan Persebarannya

Burung kicauan yang dilombakan yang ada di indonesia jumlahnya memang sangat terbatas.

Kemudian untuk burung kicauan yang umumnya tidak pernah atau jarang diperlombakan mungkin belum banyak dikenali oleh masyarakat kita.

Salah satu jenis burung kicauan yang belum pernah mengikuti ajang kontes burung kicauan namun mempunyai kicauan yang tak kalah bagusnya dengan burung kicau lainnya yaitu burung tepus gelagah.

Burung tepus gelagah (Timalia pileata Horsfield) yakni salah satu jenis burung kicauan pemakan serangga atau hewan.

Untuk jenis burung tepus ini mempunyai sifat atau abjad yang pemalu atau suka bersembunyi dari makhluk abnormal menyerupai binatang atau insan yang coba mendekatinya.

Hal ini dilakukan alasannya untuk menjaga dirinya dari binatang pemangsa atau dari insan yang hendak mencoba menangkapnya.

Ciri Khas Burung Tepus Gelagah

Burung kicauan yang dilombakan yang ada di indonesia jumlahnya memang sangat terbatas Ciri Khas Burung Tepus Gelagah dan Daerah Persebarannya
omkicau.com

Ciri khas burung tepus gelagah ini antara lain yaitu mempunyai warna, corak, dan juga mempunyai bentuk badan yang berbeda dengan burung kicauan pada umumnya.

Sebab, di serpihan badan atasnya berwarna coklat kemerahan yang mana mencakup sayap hingga dengan serpihan ekornya.

Ciri khas burung tepus gelagah pada serpihan mahkota kepalanya yaitu terlihat berwarna merah kecokelatan yang tampak jelas.

Lalu pada serpihan alis matanya berwarna putih keibuan dengan paruh hingga pada serpihan matanya yang terlihat berwarna hitam pekat.

Kemudian untuk serpihan pipi dan dagunya berwarna putih keabu-abuan. Kemudian terlihat juga warna putih kecokelatan yang berada di serpihan perutnya, serta pada kakinya yang kehijauan.

Ciri khas burung tepus gelagah ini mempunyai ukuran badan sekitar 17 cm atau sanggup dibilang mempunyai ukuran sedang yang menyerupai dengan ukuran badan burung kicauan yang sudah tenar.

Daerah Persebaran

Untuk kawasan persebaran burung tepus gelagah sesungguhnya tidak hanya terpusat di Indonesia saja.

Akan tetapi, kawasan persebarannya juga ada di banyak sekali negara lain menyerupai India, Nepal, Bangladesh, Laos, Thailand, dan juga di negara Myanmar.

Kemudian kawasan persebaran burung tukik tikus kalau di Indonesia yaitu berada di kawasan Jawa serpihan barat hingga ke serpihan timur.

Pada ketika berada di alam liar, burung tepus gelagah sangat suka berada di hutan dengan tekstur daratan rendah.

Burung kicauan yang dilombakan yang ada di indonesia jumlahnya memang sangat terbatas Ciri Khas Burung Tepus Gelagah dan Daerah Persebarannya
omkicau.com

Untuk kebiasaan atau sikap burung tepus gelagah pada ketika berada di alam liar yaitu sering terlihat hidup berpasang-pasangan atau berkelompok.

Baik itu pada ketika mencari masakan maupun ketika burung tepus gelagah sedang beristirahat.

Apabila burung tepus gelagah ini sedang aktif di siang hari, maka kebiasaannya suka mengendap-endap di rerumputan yang lebat maupun di antara semak belukar.

Makanan Burung Tepus Gelagah

Kemudian untuk jenis masakan untuk burung tepus gelagah ini berupa serangga yang diantaranya ialah jangkrik, ulat-ulat, kupu-kupu, dan lainnya.

Selain itu, apabila burung tepus gelagah ini di pelihara, maka sanggup juga diberikan pakan yang berupa buah dengan melatihnya secara perlahan-lahan mulai semenjak kecil.

Dengan diberikan masakan yang sempurna dan bernutrisi yang disukai oleh burung tepus gelagah yang anda pelihara, maka burung tepus gelagah sanggup mempunyai bunyi kicauan yang berkualitas.

Kicauan Burung Tepus Gelagah

Ciri khas burung tepus gelagah ini ialah volume suaranya terang dan kicauannya keras. Suaranya juga sangat lantang dan tak kalah dengan jenis burung kicauan yang lain.

Burung tepus gelagah ini ternyata sanggup bersiul dengan menawarkan getaran pada suaranya dan juga nada kicauannya terus menyambung dengan irama naik turun.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri Khas Burung Tepus Gelagah Dan Kawasan Persebarannya"

Posting Komentar