Ciri Khas Burung Sempur Hujan Darat Dan Tempat Persebarannya

Burung sempur hujan darat memang belum belum banyak diketahui. Hal ini disebabkan oleh burung sempur hujan darat yang bukan merupakan jenis burung kicauan yang umum dikenal oleh orang-orang.

Suara kicauan jenis burung sempur hujan ini merupakan burung yang mempunyai kicauan yang tidak mengecewakan merdu dan bertempo cukup rapat sehingga sanggup diperbandingkan dengan bunyi kicauan burung kicauan yang populer.

Daerah Persebaran Burung Sempur Hujan Darat

Burung sempur hujan darat memang belum belum banyak diketahui Ciri Khas Burung Sempur Hujan Darat dan Daerah Persebarannya
Tribunnews.com

Burung sempur hujan darat yaitu salah satu jenis burung kicauan dengan kawasan persebaran hanya terbatas di wilayah Indonesia dan Malaysia saja.

Di wilayah hutan kita pada umumnya burung sempur hujan ini berada di kawasan Pulau Sumatera, Kalimantan, Bangka, Belitung, serta Natuna Utara.

Kemudian, untuk area hutan yang menjadi tempat tinggalnya yaitu berada di hutan primer dan sekunder yang terdapat di dataran rendah.

Selain itu juga ada di area pegunungan dengan ketinggian bisa mencapai 900 meter di atas permukaan laut.

Ciri Khas Burung Sempur Hujan Darat

Ciri khas burung sempur hujan darat (Eurylaimus Ochromalus) mempunyai ukuran badan yang tergolong kecil dengan panjang kurang lebih hanya 15 cm saja.

Corak warna potongan tubuhnya juga merupakan bervariasi yang terdiri dari warna hitam, putih, merah karat, kuning, dan juga warna biru muda.

Untuk warna hitam juga terlihat hampir di sekujur tubuhnya mulai dari potongan kepala, tenggorokan, punggung, sayap, dan juga pada potongan ekornya.

Warna putih berupa garis agak tebal melingkar yang terdapat di potongan lehernya. Untuk potongan iris mata, sisi sayap, ekor, dan area tunggirnya diselimuti dengan warna kuning.

Warna merah karat juga tampak pada potongan bawah tubuhnya mulai dari pangkal dada sampai pada potongan pangkal tunggirnya.

Kemudian ada juga warna biru muda terlihat mencolok menutupi seluruh area paruhnya.

Di samping itu juga, ciri khas burung sempur hujan darat ini terlihat agak gemuk dengan potongan kepalanya yang berbentuk agak bulat.

Paruhnya yang berwarna biru muda juga mempunyai ukuran yang agak lebar dan sedikit menukik di potongan depannya.

Bagian kakinya juga mempunyai warna merah muda berukuran tidak terlalu panjang dan tampak cfukup gemuk.

Ciri khas burung sempur hujan darat ini juga ditandai dengan berwarna hitam tampak berukuran agak panjang dan sangat jarang terlihat dikembangkannya.

Perilaku Burung Sempur Hujan Darat

Burung sempur hujan darat memang belum belum banyak diketahui Ciri Khas Burung Sempur Hujan Darat dan Daerah Persebarannya
bestbirdphotos.blogspot.com

Ketika burung ini berada di alam liar, burung sempur hujan darat pada umumnya bergerak secara berpasangan atau membentuk kelompok kecil sekitar 25 ekor.

Makanan yang kerap dicarinya cukup beragam. Diantaranya mulai dari serangga, ikan-kan kecil, siput, dan juga kuliner yang berupa buah-buahan.

Masa berkembangbiak burung ini berlangsung pada ekspresi dominan kemarau dengan jumlah telur yang dierami indukkan sekitar 3 butir.

Ketika burung ini dalam proses mengerami telur, pada umumnya burung sempur hujan darat mengalami perubahan sikap yang cenderung lebih agresif.

Burung ini berperilaku garang dengan menjaga area sekitar tempat kandang dibangun.

Hal ini dilakukan agar tidak ada spesies burung lain yang mengganggu masa berkembangbiak dan persediaan makanannya.

Ciri khas burung sempurr hujan darat selanjutnya yaitu dengan kicauannya yang mempunyai nada beruntun. Yang dibunyikan secara terus menerus dengan volume yang kian ditingkatkan.

Kemudian, untuk kicauannya mempunyai nada yang terdengar cukup nyaring dan tidak parau serta durasi kicauannya bisa mencapai sekitar 10 detik.

Suara yang dikeluarkan burung ini yaitu secara beruntun dan bertempo cukup rapat membuatnya terdengar menyerupai halnya bunyi tembakan.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri Khas Burung Sempur Hujan Darat Dan Tempat Persebarannya"

Posting Komentar