Ciri Khas Burung Merbah Belukar Dan Tempat Persebarannya

Salah satu jenis burung kicauan yang ada di alam ini ialah burung merbah. Jenis burung merbah ini merupakan salah satu jenis burung kicauan yang sudah banyak disukai oleh para pecinta burung kicauan yang ada di tanah air.

Untuk jenis burung merbah ini banyak disukai orang-orang, lantaran bunyi kicauan yang dihasilkannya cukup merdu dan juga bervariasi.

Tak hanya itu saja, ukuran tubuhnya juga tergolong sudah cukup proporsional dengan bentuk badan yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Untuk jenis burung merbah pun ini keberadaannya pun juga tersebar tidak mengecewakan merata pada banyak sekali daerah yang bertempat di area hutan dataran rendah hingga di daerah pegunungan.

Ada salah satu jenis burung merbah yang dinilai mempunyai bunyi kicauan yang merdu, ialah burung merbah belukar.

Ciri Khas Burung Merbah Belukar

Salah satu jenis burung kicauan yang ada di alam ini ialah burung merbah Ciri Khas Burung Merbah Belukar dan Daerah Persebarannya
Ciri Khas Burung Merbah Belukar

Ciri khas burung merbah belukar mempunyai ukuran badan yang sanggup dikatakan sedang dengan panjangnya kurang lebih hanya sekitar 20 cm saja.

Untuk tubuhnya mempunyai tiga corak warna, diantaranya ialah cokelat keabu-abuan, hijau zaitun, dan juga putih keabu-abuan.

Sebagian besar tubuhnya ditutupi oleh warna cokelat keabu-abuan, diantaranya mulai dari atas cuilan kepala, pipi, tengkuk, pertengahan sayap, punggung bawah, dan juga ada di cuilan bawah sayapnya.

Kemudian untuk cuilan atas dan cuilan bawah tubuhnya mempunyai warna hijau zaitun. Seperti halnya di cuilan punggung atas, sayap, dada, pangkal perut, dan hingga dengan cuilan ekornya.

Kemudian untuk warna putih keabu-abuan hanya terlihat pada cuilan tenggorokannya saja.

Pada cuilan matanya berbentuk bundar yang mana ukurannya cukup besar. Dan dengan pupil berwarna hitam dan irisnya juga berwarna kuning cerah.

Ciri khas burung merbah belukar selanjutnya ialah pada cuilan paruhnya yang berwarna hitam pekat dengan ukuran sedang dan juga terlihat lebar.

Pada cuilan ekornya yang berwarna hijau zaitun dengan ukuran yang agak panjang dan terdiri atas beberapa helai bulu lebar.

Pada cuilan kakinya yang terlihat berwarna krim kecokelatan yang ukurannya sedang dan juga gterlihat agak besar dengan cakar yang cukup tajam.

Daerah Persebaran Burung Merbah Belukar

Salah satu jenis burung kicauan yang ada di alam ini ialah burung merbah Ciri Khas Burung Merbah Belukar dan Daerah Persebarannya
Daerah Persebaran Burung Merbah Belukar

Jenis burung merbah belukar ini mempunyai daerah persebaran yang tidak hanya tersebar merata di Indonesia saja.

Akan tetapi, persebaran burung merbah belukar ini juga terdapat di beberapa negara yang ada di daerah Asia Tenggara.

Dan untuk populasi burung merbah belukar ini terdiri dari Malaysia, Thailand, Myanmar, dan juga di Filipina.

Kemudian untuk populasi burung merbah yang berikut ini ialah berada di wilayah hutan kita.

Yang mana berada di daerah Pulau Sumatera, Bangka, Kalimantan, Kepulauan Anamba, Jawa, dan juga ada di Pulau Bali.

Banyaknya tempat tinggalnya yang ada di banyak sekali negara dan daerah ini disebabkan lantaran ras burung ini mempunyai lima sup-spesies dengan ciri fisik yang tidak terlalu berbeda.

Tak hanya itu saja, sebutan untuk burung ini pun juga berbeda-beda di banyak sekali daerah. Sebab ada yang menyebutnya dengan mencirang, braba-rimbo, dan merbak rimba.

Kicauan Merbah Belukar

Kemudian untuk bunyi kicauan yang dikeluarkan oleh burung merbah belukar (Pycnonotus plumosus) ini terdengar nyaring.

Kemudian juga dengan volume yang tidak mengecewakan terdengar tinggi tapi tnamun suaranya hingga melengking.

Suaranya juga mempunyai tempo yang cukup rapat dengan adanya irama naik-turun yang bergerak cepat.

Ciri khas burung merbah belukar ditandai dengan kicauan yang tidak mengecewakan rapat menciptakan suaranya bernada pendek. Terkadang suaranya menyerupai terpotong yang bunyinya selalu diulang dengan terus-menerus.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri Khas Burung Merbah Belukar Dan Tempat Persebarannya"

Posting Komentar