Ciri-Ciri Dan Struktur Teks Berita

Bahasa Indonesia_8.jpg

Squad, apa yang terbayang kalau kau mendengar kata teks berita? Pasti kau membayangkan koran, majalah atau program info di televisi 'kan? Saat ini, teks berita sanggup kalian dapatkan dengan gampang di mana saja. Tidak hanya di koran saja, kalian sanggup dengan gampang mencarinya di portal info atau halaman web di internet. Namun, tahukah kau apa itu bekerjsama teks berita? Lalu, apa saja yang harus ada di dalam teks berita? Apakah hanya info saja? Tentu tidak, ada banyak hal di dalam sebuah teks berita. Yuk, kita cari tahu.

Pertama-tama mari kita kenali pengertian dari teks berita. Teks berita merupakan teks yang berisi wacana segala insiden yang terjadi di dunia. Teks info biasanya disebarkan melalui aneka macam media menyerupai radio, televisi, internet, situs web, ataupun media yang lainnya.

zeitung-lesen-clipart-10.jpgIlustrasi membaca info (Sumber: clipartstation.com)

Struktur Teks Berita

1. Orientasi berita. Orientasi info merupakan pengenalan problem atau hal apa yang akan dibahas dalam berita.

2. Peristiwa. Struktur ini menceritakan wacana kejadian yang terdapat pada insiden atau hal yang ingin dibahas secara rinci dan berurutan.

3. Sumber berita. Sumber info ini biasanya terletak di belahan awal info atau simpulan berita.

Contoh: Yogyakarta, Kompas.com – Korban masalah kupon wisata palsu di Gunungkidul, Yogyakarta, terus bertambah.

unsur2 dalam berita.png

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

  • Penggunaan bahasa yang bersifat standar (baku)

Penggunaan bahasa yang standar atau baku akan memudahkan pemahaman banyak orang sebab bahasa standar sifatnya universal dan sebagian besar kalangan masyarakat gampang untuk memahaminya.

  • Penggunaan kalimat langsung

Dalam teks berita, kau akan menemukan kalimat langsung. Apa itu kalimat langsung? Jadi, ciri dari kalimat pribadi yaitu ditandai dengan dua tanda petik ganda dan disertai keterangan penyertaan. Penggunaan kalimat pribadi ini terkait dengan pengutipan pernyataan-pernyataan oleh narasumber berita.

Contoh: “Pelaku sudah kami menetapkan sebagai tersangka. Saat ini kami terus menyebarkan kasusnya,” ucap Sutama.

  • Penggunaan kata kerja mental

Kata kerja mental ialah kata kerja yang menawarkan respon atau perilaku seseorang terhadap suatu tindakan.

Contoh: Merasa tertipu, para korban lantas melapor ke polisi.

  • Penggunaan fungsi keterangan waktu dan tempat

Pada teks berita, sudah niscaya harus ada keterangan waktu dan daerah supaya info yang disampaikan sanggup dimengerti dengan jelas.

Contoh: … kata kapolsek Wonosari Kompol Sutama ketika dihubungi Minggu (8/10/2017)

  • Penggunaan konjungsi temporal

Contoh konjungsi temporal yaitu kemudian, sejak, setelah, awalnya, dan akhirnya. Konjungsi ini biasanya ditemukan pada struktur insiden yang menjelaskan info secara kronologis (urutan waktu).

Contoh: Pelaku tiba ke sekolahan, kemudian langsung bilang ke kepala sekolah untuk menyosialisasikan kupon wisata dan kuliner.

Itulah tadi pengertian dan struktur dari teks info yang harus kau ketahui. Perbanyaklah membaca supaya semakin gampang untuk memahami sebuah teks info ya Squad. Nah, untuk kau yang masih bingung, jangan khawatir. Tanyakan saja soal susah yang belum kau pahami di ruanglesonline. Selama 30 menit, kau bebas bertanya apa saja lho! Yuk, d0wnl0ad aplikasi Ruangguru sekarang.

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri-Ciri Dan Struktur Teks Berita"

Posting Komentar