Apa Saja Aneka Macam Relief Daratan Dan Dasar Laut?

Apa Saja Berbagai Relief Daratan dan Dasar Laut?

Squad, siapa di sini yang suka mempelajari relief muka bumi? Kalian lebih suka mencar ilmu wacana relief daratan atau relief dasar laut? Hmm tahukah kamu, relief daratan dan relief dasar bahari banyak jenisnya, lho! Apa saja banyak sekali relief daratan dan dasar laut? Kuy, kini kita bahas! 

Baca Juga: Mengenal Dataran Tinggi, Gunung, Danau, Lembah, dan Sungai

Relief Daratan

Squad, secara garis besar, relief daratan sanggup dibedakan menjadi beberapa jenis. Apa saja, sih? 

Gunung berapi, pegunungan dan bukit

Squad, permukaan bumi yang menonjol ke atas sanggup dikategorikan sebagai gunung, pegunungan, atau bukit. Di Indonesia, terdapat gunung yang disebut dengan gunung merapi. Contoh gunung merapi antara lain Gunung Kerinci, Gunung Merapi, dan Gunung Semeru. Hmm, apa bedanya gunung dengan pegunungan, ya? Gunung hanya berjumlah 1, Squad. Sedangkan pegunungan merupakan gugusan atau rangkaian gunung. Tinggi pegunungan biasanya lebih dari 500m, sehingga menjulang lebih tinggi dibanding kawasan sekitarnya. Contoh pegunungan antara lain Pegunungan Bukit Barisan dan Pegunungan Jaya Wijaya. Lalu, apa yang dimaksud dengan bukit? Nah, bukit ialah pegunungan rendah, Squad. Tinggi bukit biasanya kurang dari 500m.

Apa Saja Berbagai Relief Dataran dan Dasar Laut?

Pegunungan Jaya Wijaya di Papua (Sumber: beritabrantas.com)

Squad, ternyata Indonesia mempunyai banyak gugusan pegunungan, lho! Apa saja, ya? Kuy, kita simak! 

Apa Saja Berbagai Relief Daratan dan Dasar Laut?

Dataran tinggi dan dataran rendah

Squad, apa sih bedanya dataran tinggi dan dataran rendah? Dataran rendah ialah suatu kawasan yang relatif datar dengan ketinggian kurang dari 200m. Sedangkan kawasan datar yang mempunyai ketinggian lebih dari 200m disebut dengan dataran tinggi. Contoh dataran tinggi antara lain Dataran Tinggi Gayo di Aceh. 

Apa Saja Berbagai Relief Daratan dan Dasar Laut?

Dataran Tinggi Gayo di Aceh (Sumber: pinterest.com)

Pantai

Squad, daratan yang berada di tepi bahari disebut pantai. Di pantai sendiri terdapat banyak bentuk muka bumi, antara lain teluk, tanjung, delta, dan gosong. Teluk ialah bab bahari yang menjorok ke daratan, sedangkan tanjung ialah daratan yang menjorok ke laut. Ujung yang sangat panjang dari tanjung disebut juga jazirah atau semenanjung. Delta merupakan tanah endapan di muara sungai, dan gosong ialah pulau yang tergenang dikala bahari pasang dan muncul ke daratan dikala air bahari surut. 

Apa Saja Berbagai Relief Dataran dan Dasar Laut?

Teluk Saleh, Sumbawa (Sumber: travelingyuk.com)

Relief Dasar Laut

Squad, sebagaimana relief daratan, relief dasar bahari juga mempunyai permukaan yang menonjol ke bab atas maupun bab yang cekung ke bawah. Apa saja, ya? Ada 4 jenis nih Squad: Basin, Celah Memanjang, Pegunungan Bawah Laut, dan Gunung Berapi Dasar Laut. 

Basin sering disebut sebagai lubuk laut. Basin ini menyerupai dengan palung laut, Squad! Tapi bab dasarnya lebih lebar dan datar. Sedangkan celah memanjang sering disebut dengan rift valley. Celah memanjang menyerupai dengan parit yang lebar, tetapi posisinya memanjang di dasar laut. Psst, bahari juga punya pegunungan dan gunung menyerupai di daratan juga, lho! Yang membedakan hanya posisinya saja yang berada di bawah permukaan air, Squad. Luar biasa, ya! 

Squad, sungguh luar biasa ya kekayaan relief alam Indonesia! Jika ada kesempatan, tampaknya menyenangkan ya sanggup berlibur ke daerah-daerah di seluruh Indonesia dan melihat pribadi kekayaan relief alamnya. Psst, sebelum liburan, mencar ilmu yang maksimal dulu, yuk bersama ruanglesonline! Kamu sanggup tanya-tanya PR atau kiprah sekolah yang kau nggak ngerti dengan abang tutor yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. Lewat mana tuh, nanyanya? Lewat aplikasi Ruangguru dong! Yuk, d0wnl0ad di sini dan hingga ketemu di ruanglesonline, ya! 

New Call-to-action

 

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Saja Aneka Macam Relief Daratan Dan Dasar Laut?"

Posting Komentar