Bagaimana Konsep Kehidupan Insan Dalam Ruang Dan Waktu?

Sejarah_10.jpg

  • Keterkaitan Manusia dalam Ruang dan Waktu

Hai RG Squad, sudah tahu belum jikalau unsur insan itu tidak sanggup dipisahkan dari ruang dan waktunya? Makara dalam insiden sejarah, insan mengalami banyak sekali hal dalam hidupnya, dan semua itu berlangsung dalam ruang dan waktu. Kalian tahu nggak kaitannya hidup insan dengan konsep ruang dan waktu? Jika belum, perhatikan dan baca baik-baik goresan pena artikel ini ya.

Kalian percaya kan bahwa keberlangsungan sebuah insiden itu, niscaya melewati medium ruang. Ruang sendiri mempunyai arti, yaitu tempat berlangsungnya atau terjadinya insiden sejarah. Nah, sebab adanya konsep ruang ini, para penulis sejarah kemudian mengkategorikan peristiwa-peristiwa sejarah menurut tempat, contohnya sejarah daerah, sejarah lokal, sejarah dunia, sejarah nasional, dan masih banyak lagi.

Sedangkan adanya konsep waktu menawarkan kapan terjadinya insiden sejarah tersebut. Jika insiden insan itu mustahil terjadi tanpa melewati ruang, begitu pula dengan waktu. Konsep penting dalam sejarah itu yaitu waktu, hal ini dikarenakan kehidupan insan tidak akan sanggup dilepaskan dari yang namanya waktu. Nah pada konsep ini lah terkandung sebuah konsep kesinambungan. Apa artinya? Jadi, konsep kesinambungan itu maksudnya waktu masa kemudian sangatlah memilih apa yang terjadi pada masa kini ini, kemudian masa kini memilih apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Jadi, dalam sejarah kehidupan manusia, seluruh insan akan tumbuh bergerak dengan seiring perjalanan waktu dan ruang di mana insan itu berada.

Peristiwa sejarah insan berjalan dengan dinamis, bukan statis. Mulai dari insan itu berada dalam kandungan, kemudian lahir, hingga beranjak dewasa, dan menjadi orang tua. Kalau kita melihat hal itu, kita sanggup menyadari bahwa fase kehidupan insan menawarkan adanya kesinambungan dalam kehidupan manusia, dan kehidupan itu terikat oleh ruang dan waktu.

Sejarah 10 - Konsep Ruang dan Waktu.jpg

  • Keterkaitan insan dalam perubahan dan keberlanjutan

Kehidupan insan dan masyarakat cenderung bergerak dan terus berkembang. “Panta rei” begitu kata Heraclitus, yang artinya, tidak ada yang tidak berubah, semua mengalir, masyarakat sewaktu-waktu bergerak dan berubah. Selain Heraclitus, Wertheim pernah menuliskan “History is a continuity and change” (Sejarah yaitu insiden yang berkesinambungan dan berubah). Itulah maksud dari keterkaitan insan dalam konsep perubahan, Squad.

Selain keterkaitan insan dalam konsep perubahan, insan pun hidup berkaitan dengan konsep keberlanjutan. Apa yang dimaksud dengan keberlanjutan? Kalau RG Squad bahagia mengikuti insiden sejarah, kalian akan sadar bahwa sebuah insiden itu mempunyai rangkaian, dan itu merupakan insiden berkelanjutan.

Kehidupan insan hari ini tidak terlepas dari kehidupan insan pada masa lampau, begitu juga dengan masa yang akan datang, oleh sebab itu sanggup disebut mata rantai kehidupan manusia. Sebuah insiden selalu berkaitan dengan insiden lainnya, tidak terpisahkan.

Sejarah 10 - Konsep perubahan dan keberlanjutan.jpg

RG Squad sanggup lihat contohnya pada pergantian sistem pemerintahan di Indonesia, mulai dari Orde Lama kala Soekarno, kemudian berubah ke Orde Baru kala Soeharto, hingga Reformasi yang terjadi jawaban meledaknya agresi masyarakat yang dimotori oleh kalangan cowok mahasiswa, menciptakan lengsernya Soeharto. Semua berkaitan, pada setiap waktu yang terus bergerak, masyarakat mengalami perubahan pada kondisi sosial dan budayanya.

Ada dua faktor yang menghipnotis terjadinya perubahan dan perkembangan yang berkelanjutan, diantaranya:

Sejarah 10 - Faktor-faktor Konsep perubahan dan keberlanjutan.jpg
  • Keterkaitan kehidupan insan masa kemudian untuk kehidupan masa kini

RG Squad pastinya ingat dong pesan Ir. Soekarno, “JASMERAH” (Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah). Sepenggal kata itu selalu teringat di benak kita semua. Betapa Soekarno begitu menganjurkan kita semua untuk tidak lupa pada sejarah. Kenapa kita dihentikan melupakan sejarah?

Oke jadi gini Squad, sejarah yaitu peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Nah, menurut konsep ruang dan waktu, kemudian adanya konsep perubahan dan keberlanjutan, kondisi masa lampau sangat kuat pada kondisi hari ini. Sejarawan asal Indonesia, Sartono Kartodirjo pernah menyampaikan hal yang sangat dalam, baginya orang-orang yang lupa dengan masa lampaunya itu telah kehilangan identitas, oleh sebab itu orang-orang tersebut sanggup membahayakan masyarakat di sekitarnya.

Sekarang RG Squad sudah tahukan, bahwa sejarah kehidupan insan itu selalu berkaitan dengan ruang dan waktu? Hal itu pula yang menciptakan terjadinya perubahan. Nah, dari perubahan-perubahan itulah terjadi kondisi yang terus mengalami keberlanjutan. Kalian harus selalu ingat bahwa masa lampau menghipnotis masa kini dan masa yang akan datang. Kalian juga sanggup lho menambah pengetahuan dengan bergabung di grup diskusi mencar ilmu ruangguru digitalbootcamp.

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Konsep Kehidupan Insan Dalam Ruang Dan Waktu?"

Posting Komentar