Pengertian Kelompok Sosial Berdasarkan Pakar Sosiologi

sosiologi_11.jpg

RG Squad, kalian punya kenalan seseorang yang enggak membutuhkan orang lain sama sekali seumur hidupnya? Dijamin niscaya enggak ada. Kenapa? Secara naluriah, insan yakni makhluk sosial yang mempunyai naluri untuk hidup berdampingan dengan insan lain. Menurut sudut pandang sosiologi, hal tersebut diartikan sebagai kelompok sosial. Beberapa pakar sosiologi memberi definisi wacana pengertian kelompok sosial, yang mana di antaranya adalah:

pengertian kelompok sosial

Sekumpulan ibu-ibu di suatu wilayah daerah tinggal yang rutin mengadakan acara bersama yakni salah satu rujukan kelompok sosial. (Sumber: azzameviro.com)

1. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, kelompok sosial yakni himpunan atau kesatuan-kesatuan insan yang hidup bersama alasannya yakni saling bekerjasama di antara mereka secara timbal balik dan saling memengaruhi.

2.  Paul B.Horfon

Horfon menjelaskan bahwa kelompok sosial yakni kumpulan insan yang mempunyai kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi.

3. Joseph S. Roucek dan Roland L. Warren

Kedua jago sosiologi ini mendefinisikan kelompok sosial sebagai kelompok yang terdiri atas dua atau lebih insan dan di antara mereka terdapat beberapa pola interaksi yang sanggup dipahami oleh anggota atau orang lain secara keseluruhan.

4. Mayor Polak

Polak mengartikan kelompok sosial sebagai sejumlah orang yang satu sama lain mempunyai korelasi sebagai sebuah struktur untuk memenuhi kepentingan bersama.

Baca juga: Klasifikasi Kelompok Sosial Berdasarkan Cara Pembentukannya

5. Wila Huky

Kelompok sosial berdasarkan Huky yakni suatu unit yang terdiri atas dua atau lebih yang saling berinteraksi atau saling berkomunikasi.

6. George Homans

Kelompok sosial yakni kumpulan individu yang melaksanakan kegiatan, interaksi, dan mempunyai perasaan untuk menciptakan sesuatu keseluruhan yang terorganisir dan bekerjasama secara timbal balik.

7. Robert K. Merton

Diambil dari buku yang ditulis oleh Kamanto Sunarto, kelompok sosial berdasarkan Merton yakni merupakan sekelompok orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola-pola yang telah mapan.

8. Bierstedt

Masih dari buku yang ditulis oleh Kamanto Sunarto, Bierstedt mendefinisikan kelompok sosial sebagai kelompok yang anggotanya mempunyai kesadaran jenis, bekerjasama satu dengan yang lain, tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi.

pengertian kelompok sosialNah itu ia RG Squad pengertian kelompok sosial berdasarkan beberapa ahli. Apakah di lingkungan daerah tinggal kalian ada kelompok-kelompok sosial? Kalian kini sudah paham 'kan pengertian kelompok sosial? Mau berguru bahan lainnya melalui video seru dan gak ngebosenin? Yuk, berlangganan ruangbelajar. Ada soal latihan dan rangkumannya juga, lho!

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Kelompok Sosial Berdasarkan Pakar Sosiologi"

Posting Komentar