Cara Membedakan Cell Diktatorial ($) Dan Relatif Dalam Microsoft Excel

Cara Membedakan Cell Absolut ($) dan Relatif Dalam Microsoft Excel - Untuk akomodasi dalam pengolahan data kadang dibutuhkan sebuah rujukan dengan maksud dan fungsi tertentu.

Dalam artikel ini aku akan menjelaskan wacana Cara Membedakan Cell Absolut ($) dan Cell Relatif Dalam Microsoft Excel

Apa yang dimaksud dengan Cell Absolut ($) dan Cell Relatif dalam Excel ?

Jika Anda pernah atau sedang melihat sebuah rumus atau fungsi dalam Microsoft Excel dengan memunculkan tandal dollar ($) pada cell tertentu maka itu disebut Cell Absolut.

Jadi, Cell Absolut ialah sebuah rujukan yang dipakai pada cell tertentu dengan cara memunculkan tanda dollar ($) untuk menunci cell supaya tidak berpindah pada ketika copy paste rumus atau fungsi.

Sedangkan Cell Relatif ialah cell yang dipakai tanpa tanda dollar untuk memudahkan copy paste dengan cara menggeser/memindahkan cell tersebut dengan cepat.




Dalam Microsoft Excel secara default cell akan mempunyai format relatif sehingga ketika akan copy paste sebuah rumus atau fungsi otomatis akan berpindah keatas atau ke bawah cell berikutnya.

Cara Menggunakan Fungsi Absolut ($) dan Relatif Dalam Microsoft Excel


Dalam pengolahan data Excel sering kali kita melaksanakan copy paste untuk fungsi atau rumus dengan tujuan mempercepat proses pengolahan data tersebut.

Pada ketika copy paste niscaya cell akan otomatis bergeser kebawah, contohnya fungsi ada dalam cell A1 maka ketika copy pastekan ke bawah otomatis menjadi A2 dan seterusnya.

Bagaimana kalau kita tidak ingin menggeser cell tersebut ?

Inilah fungsi dari cell sewenang-wenang bahwa ketika kita copy paste maka cell A1 tersebut tetap akan di A1 atau tidak akan bergeser ke cell A2 dan seterusnya.

Untuk memakai cell abslout ($) ini dapat dengan manual menunjukkan tanda dollar ($) melalui keyboard atau dengan menekan tombol F4.


Jenis - Jenis Cell Absolut ($) dan Relatif



Seperti yang aku sebutkan diatas bahwa fungsi dari cell Absolut ialah untuk mengunci cell sehingga tidak berpindah pada ketika copy paste.

Dalam prakteknya bagaimana kalau kita hanya ingin melaksanakan penguncian terhadapt barisnya saja dan kolomnya tetap bergeser ? ini disebut kolom semi absolut.

Berikut ini beberapa jenis dari cell Absolut :

=C1 : Ini disebut cell relatif dan akan berpindah pada ketika copy paste.
=C$1 : Ini disebut rujukan campuran, kolom C berubah dan baris 1 absolut.
=$C1 : Ini disebut rujukan campuran, kolom C sewenang-wenang dan baris 1 akan berubah.
=$C$1 : Ini disebut rujukan absolut, kolom C dan baris 1 tidak akan berubah.

Dari beberapa jenis rujukan sewenang-wenang dan relatif diatas silahkan gunakan sesuai dengan kebutuhan pada ketika pengolahan data.



Contoh Penggunaan Cell Absolut Dalam Excel



Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa fungsi ini mempunyai kegunaan untuk mengunci cell biar tidak berubah pada ketika proses copy paste sehingga kita tidak akan berulang - ulang memproses rumus yang sama untuk beberapa cell yang berbeda.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini yang merupakan perbandingan penggunaan cell sewenang-wenang dan cell relatif dalam proses copy paste rumus Excel.


 Untuk akomodasi dalam pengolahan data kadang dibutuhkan sebuah rujukan dengan maksud da Cara Membedakan Cell Absolut ($) dan Relatif Dalam Microsoft Excel


Pada gambar diatas terlihat ada dua tabel dimana tabel yang sebelah kiri memakai cell Absolut pada ketika copy paste, sedangkan tabel yang sebelah kanan tidak memakai cell sewenang-wenang atau tetap memakai cell relatif pada ketika copy paste.

Dari tabel tersebut kita akan menghitung dan mengalikan angka 10 ( angka 1 ) pada tabel Cell Relatif dengan kolom B7 - B9.

Buatlah rumus pada cell C7 sebagai berikut :

=$C$4*B7

Terlihat pada rumus diatas bahwa cell C4 telah memakai Absolut dengan munculnya tanda dollar ($). Hasil dari perkalian tersebut ialah 50.

Selanjutnya copy pastekan rumus pada cell C7 tersebut kedalam cell C8 dan C9, akhirnya sebagai berikut :

=$C$4*B8
=$C$4*B9

Terlihat bahwa cell C4 tidak bergeser sehingga proses perhitungan menjadi lancar dengan hasil 70 dan 80.

Bagaimana dengan tabel yang memakai cell Relatif ? berikut pembahasannya.

Buatlah rumus pada cell F7 sebagai berikut :

=F4*E7

Hasil dari perkalian tersebut ialah 50, selanjutnya copy paste rumus tersebut ke dalam cell F8 dan F9. Akan muncul rumus sebagai berikut pada kedua cell tersebut :

=F5*E8
=F6*E9

Terlihat bahwa cell F4 yang seharusnya tidak bergeser menjadi pindah alasannya ialah tidak memakai Absolut ($). Tentu ini mengakibatkan error pada hasil perhitungan.

Dari perbandingan tabel diatas terlihat bahwa disaat tertentu kita membutuhkan cell Absolut ini sebagai pengunci cell biar tidak berpindah posisi pada ketika copy paste.

Referensi Absolut ($) ini biasanya banyak dipakai untuk mengunci tabel pada fungsi atau rumus VLOOKUP atau HLOOKUP sehingga range dari tabel tersebut tidak bergeser pada ketika kita copy paste rumus tersebut.

Itulah klarifikasi wacana cara membedakan dan fungsi dari cell sewenang-wenang ($) dan cell Relatif pada Microsoft Excel.

Saya berharap artikel ini bermanfaat untuk pembaca dan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita bersama.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan isi kolom komentar dibawah artikel ini.
   

Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membedakan Cell Diktatorial ($) Dan Relatif Dalam Microsoft Excel"

Posting Komentar