Mengatasi Error Circular Reference Warning Dengan Mengaktifkan Hidangan Iterative Calculation Dalam Excel

Error Circular Reference Warning - Dalam Excel ada beberapa error yang kadang muncul jikalau kita salah memakai sebuah rumus.


Salah satu error yang kadang muncul ketika kita menjumlahkan atau mengoperasikan operator hitung dalam Excel ialah error circular reference warning.

Error circular reference warning biasanya akan muncul jikalau kita menghitung secara berulang dalam excel.

Misalnya a+e=c kemudian c-d=e, coba perhatikan bahwa abjad e ada dalam posisi berulang sehingga kondisi ibarat ini akan memunculkan error circular reference warning.

Memang error ini tidak terlalu sering muncul dalam pengolahan data tetapi tidak ada salahnya kita juga mengetahui solusi untuk mengatasinya.

Pada dasarnya error ini sanggup dihilangkan atau diatasi dengan cara mengaktifkan sajian Iterative Calculation dalam Excel Option.




Dalam artikel ini saya akan membahas ihwal cara mengaktifkan sajian iterative calculation untuk menghitung berulang dalam Excel.



Cara Mengatasi Error Circular Reference Warning Dalam Excel



Dalam pengolahan data khususnya angka dalam Excel sering terjadi kebutuhan pengambilan angka dari sumber yang telah kita hitung sebelumnya.

Pengambilan pola ibarat ini sanggup menjadikan error circular reference warning jikalau cell yang diambil berada pada pola yang eksklusif berhubungan.

Untuk lebih jelasnya saya akan eksklusif memperlihatkan sebuah kondisi yang sanggup menjadikan error circular.

Saya akan menghitung honor higienis karyawan, masalahnya ialah dalam unsur pendapatan yang diterima karyawan muncul bonus sebesar 5% yang diambil dari honor bersih.

Silahkan perhatikan gambar berikut ini :



 Dalam Excel ada beberapa error yang kadang muncul jikalau kita salah memakai sebuah rumu Mengatasi Error Circular Reference Warning Dengan Mengaktifkan Menu Iterative Calculation Dalam Excel


Dalam gambar diatas terlihat bahwa penghitungan tersebut akan otomatis berhenti dan muncul garis warna biru yang membuktikan adanya cell yang menjadi penyebab error circular reference warning.

Seperti yang disebutkan diatas bahwa solusi untuk mengatasi error tersebut ialah dengan menagktifkan sajian Iterative Calculation yang ada dalam Excel Option.



Cara Mengaktifkan Menu Iterative Calculation Dalam Excel



Iterative Calculation dalam Excel ada dalam adonan sajian Excel Option yang terdapat pada tombol Office Button.

Untuk pola dan langkahnya saya memakai Microsoft Office 2007 sehingga untuk Office yang berbeda versi mungkin posisinya sedikit berbeda.

Untuk mengaktifkan sajian ini silahkan ikuti langkah - langkah berikut ini :


  1. Klik Office Button disebelah kiri paling atas ( logo office )
  2. Klik Excel Option dan selanjutnya akan muncul sajian Excel Option
  3. Klik sub sajian Formulas
  4. Dalam Calculation Option aktifkan/klik/centang Enable iterative calculation
  5. Klik Ok


Setelah melaksanakan lima langkah diatas maka Iterative Calculation akan otomatis aktif dan kita sanggup melaksanakan penghitungan yang berulang - ulang.

Jika kesulitan menemukan posisi sajian tersebut silahkan perhatikan dalam gambar berikut ini :



 Dalam Excel ada beberapa error yang kadang muncul jikalau kita salah memakai sebuah rumu Mengatasi Error Circular Reference Warning Dengan Mengaktifkan Menu Iterative Calculation Dalam Excel


Dengan mengaktifkan sajian tersebut seharusnya penghitungan berulang sudah sanggup dilakukan.

Untuk embuktikannya kita akan melihat apakah pola gambar yang paling atas sudah sanggup dilakukan penghitungannya ?

Setelah mengaktifkan Iteravie Calculation ternyata penghitungan diatas sanggup berjalan dengan baik, perhatikan gambar berikut ini :



 Dalam Excel ada beberapa error yang kadang muncul jikalau kita salah memakai sebuah rumu Mengatasi Error Circular Reference Warning Dengan Mengaktifkan Menu Iterative Calculation Dalam Excel


Dalam gambar tersebut terlihat bahwa penghitungan sanggup berjalan sehabis kita mengaktifkan sajian Iterative Calculation.

Tanda error circular berupa garis warna biru telah hilang dan selain itu pengitungan gajipun berjalan sesua dengan yang diharapkan.

Jadi, sanggup saya smpaikan bahwa error ini sanggup diatas dengan mengaktifkan iterative calculation ibarat terlihat dalam pola diatas.

Itulah pembahasan kita kali ini ihwal mengatasi error circular reference warning dalam Excel, supaya artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.  


Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi Error Circular Reference Warning Dengan Mengaktifkan Hidangan Iterative Calculation Dalam Excel"

Posting Komentar