Tips Sederhana Menjaga Rekening Bank Selalu Aman

Technologue.id, Jakarta – Transaksi keuangan selama libur lebaran diproyeksi akan meningkat pesat dibanding hari normal biasanya. Karena alasannya ialah itu, ada baiknya kita harus senantiasa menjaga dengan baik rekening bank kita. Nasabah dapat memproteksi sendiri rekeningnya biar tidak menjadi target sindikat pembobol.


Berikut di bawah ini ada beberapa tips sederhana melindungi rekening dari masalah pembobolan.


Baca Juga:

5 Tips Mudik Idulfitri Lancar dan Nyaman


1. Jaga terus OTP Anda.

Jangan pernah membagikan isyarat OTP (One Time Password) ke siapa pun, termasuk mereka yang mengatasnamakan perbankan, lantaran bank tidak akan meminta isu OTP, CVV (Card Verification Value), ataupun password penggunanya, baik secara eksklusif maupun secara online.


Saat memakai mesin ATM, selalu tutupi tombol nomor PIN dengan tangan biar tidak dilirik oleh orang di sekitar.


2. Ganti password secara berkala.

Jangan gunakan data pribadi menyerupai tanggal lahir atau nama belakang sebagai password rekening Anda. Pilihlah password yang unik, gunakan kombinasi angka yang tidak berurutan, tidak berulang, dan tidak sama dengan user ID untuk memastikan bahwa password Anda cukup sulit ditebak.


3. Selalu jaga kartu kredit dan kartu debit.

Pastikan hanya Anda yang menggunakannnya dikala bertransaksi, baik secara offline maupun online. Jaga kerahasiaan nomor CVV Anda dan jangan bagikan ke siapa pun.


Baca Juga:

5 Akun Twitter yang Patut Dipantengin Selama Mudik


4. Waspada penipuan

Selalu waspada dengana modus-modus penipuan yang mungkin saja akan Anda jumpai. Banyak oknum yang mengatasnamakan pihak bank berupaya mengelabui pengguna untuk menunjukkan data pribadinya. Patut diwaspadai penipuan dengan aneka macam modus yang mungkin saja sudah direncanakan dan tidak disadari.


5. Perhatikan kondisi fisik mesin ATM

Salah satu metode pembobolan rekening bank lain yang sempat ramai beberapa waktu kemudian ialah skimming yang memakai suatu alat skimmer di lisan kawasan masuk kartu ATM. Skimming memerlukan alat itu untuk membaca data elektromagnetik dan kamera tersembunyi untuk melihat PIN nasabah, kemudian mencetaknya di kartu gres yang digandakan.


Perhatikan apabila ada benda absurd di kawasan masuk kartu ATM lantaran dapat saja ada oknum tak bertanggung jawab yang memasang alat skimmer di sana.


Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Sederhana Menjaga Rekening Bank Selalu Aman"

Posting Komentar