6 Pertimbangan Sebelum Menentukan Jurusan Kuliah

Hai, Squad! Bagaimana sesudah menjalani serangkaian ujian? Apa kau sudah lolos di salah satu ujian masuk sekolah tinggi tinggi? Selamat untuk kau yang sudah menerima kampus, tapi bagi yang belum berhasil, jangan putus asa, masih banyak 1001 cara kok! Nah, kau sendiri masih bingung nggak mau melanjutkan studi di bidang apa?

Menentukan jurusan kuliah memang bukan urusan mudah, perlu banyak pertimbangan hingga pada akhirnya bisa menentukan yang paling sesuai dengan dirimu. Kira-kira hal apa saja ya yang perlu dipertimbangkan? Kamu akan menjalani kuliah setidaknya tiga sampai empat tahun lho. Sepanjang waktu itu, pastikan kau harus menikmati masa-masa tersebut. Bagaimana caranya? Yuk, kita bahas.

Coba ambil secarik kertas, bagi menjadi dua kolom, dan tuliskan "Minat" serta "Pekerjaan." Nah, di kolom Minat, coba bua daftar aktivitas yang bahagia kau lakukan. Misalnya main musik, bermain dengan angka, olahraga, dan sebagainya. Di kolom "Pekerjaan", isi dengan daftar pekerjaan apa saja yang berkaitan dengan minat kau di kolom pertama.

memilih jurusan kuliah

Cara ini akan memudahkan untuk menemukan apa sih bergotong-royong passion kamu. Misalnya, kau suka menjahit. Fashion designer atau manufaktur tekstil bisa jadi pekerjaan yang menyenangkan untukmu. Kalau sukanya main game, gimana dong? Kamu bisa jadi audio programmer, atau game designer mungkin? Kalau benar-benar belum ada bayangan, coba kau perbanyak baca dan browsing wacana profesi yang akan kau minati. Selain itu, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan guru bimbinganmu. Dari daftar tadi, cari tahu juga apa kemampuan yang paling menonjol dari dirimu. Dengan begitu, kau akan lebih gampang untuk menentukan jurusan kuliah yang paling sesuai. Misalnya kau suka masak, tidak ada salahnya untuk menentukan jurusan tata boga. Kemampuanmu di bidang tersebut akan semakin terasah. Selain itu, kau juga akan melakukan segala kegiatan kuliah dengan gampang dan lebih bersemangat.

memilih jurusan kuliah

memilih jurusan kuliah
(Sumber: huffingtonpost.com)

Biaya kuliah jaman kini tidaklah murah. Oleh sebab itu, penting untuk diperhatikan. Kamu harus tahu berapa biaya yang diharapkan dan apakah biaya tersebut sesuai dengan keadaan ekonomimu. Namun,  biaya bukanlah halangan untuk tidak melanjutkan jenjang pendidikan. Jika terlalu mahal, kau bisa mencari tahu apakah universitas tersebut mengatakan beasiswa yang sanggup meringankan biaya kuliahmu.

memilih jurusan kuliah

memilih jurusan kuliah
(Sumber: theinteriorsaddict.com)
 
Setelah selesai kuliah, langkah selanjutnya yang akan kau jalani biasanya yaitu bekerja. Ada banyak sekali macam lapangan pekerjaan tersedia di dunia ini. Masing-masing lapangan pekerjaan mempunyai persyaratan yang berbeda. Oleh sebab itu, kau perlu mengetahui bagaimana prospek kerja dari jurusan yang kau pilih. Dengan demikian, kau jadi mempunyai bayangan akan bekerja menyerupai apa sesudah kau lulus kuliah nantinya. Jangan hingga jurusan kuliah yang akan kau pilih dan pekerjaan yang kau cita-citakan saling bertolak belakang.

memilih jurusan kuliah

memilih jurusan kuliah

(Sumber: fee.org)

In some cases, banyak juga yang belum tahu dan yakin akan minatnya untuk dilanjutkan ke jenjang pendidikan. Bidang apa saja yang banyak diharapkan kini ini? Kira-kira menyerupai apa prospek ke depannya? Apa cukup menjanjikan di 5 tahun ke depan? Kamu bisa pertimbangkan dengan melihat di negara mana kau berada. Misalnya menjadi andal dalam ilmu ekonomi atau digital marketing

memilih jurusan kuliah

Jika kau sudah mempunyai pilihan jurusan kuliah, pastikan kau benar-benar mempunyai ketertarikan di bidang tersebut. Hal ini bertujuan supaya kau bisa menjalankan kehidupan perkuliahan dengan sepenuh hati. Berkomitmen dengan pilihanmu juga bisa menghindari terjadinya berhenti kuliah di tengah jalan. Sayang 'kan kalau waktu dan uang yang sudah kau keluarkan terbuang percuma sebab tidak komitmen dengan jurusan pilihanmu?

memilih jurusan kuliah

Biasakan untuk selalu menyiapkan plan B dalam setiap hal ya, teman-teman. Kalau tidak lolos di jurusan X, jurusan apa lagi yang hendak kau ambil? Atau kau akan mencoba di tahun berikutnya? Kalau kau punya alternatif, maka kau akan lebih siap menghadapi banyak sekali macam situasi.

Demikian beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan jurusan kuliah. Semoga bisa membantu kau untuk menemukan jurusan kuliah yang paling sesuai! Jangan lupa yuk persiapkan diri dengan ruangbelajar agar #BelajarJadiLuarBiasa!

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Pertimbangan Sebelum Menentukan Jurusan Kuliah"

Posting Komentar