Secure Copy, Menyalin File Lewat Jaringan Antar Komputer Dengan Scp Di Linux- Perintah Dasar Linux


Kalau di artikel sebelumnya aku menjelaskan bagaimana melaksanakan copy file lewat jaringan memakai mc, maka di goresan pena kali ini aku akan menjelaskan bagaimana menyalin sebuah file atau folder memakai aplikasi scp. Aplikasi scp ini memanfaatkan protokol SSH, sehingga komunikasi yang terjalin di dalamnya akan terenkripsi. Syaratnya ya anda harus mempunyai layanan SSH server di host tujuan. Berikut langkah-langkahnya:

Menyalin sebuah file dari host sumber ke host tujuan:

Untuk melaksanakan tersebut, anda harus pastikan bahwa host tujuan mempunyai layanan SSH server, dengan perintah nmap dengan format:

 nmap host_tujuan

hasil nmapnya terlihat ibarat pada gambar di bawah ini:



dari gambar di atas tersebut, host tujuan aku beralamat 192.168.1.252 telah membuka layanan SSH server yang ditunjukkan dibukanya port 22. Kemudian aku akan melihat file apa yang akan aku salin ke host tujuan dengan perintah ls, sehingga akhirnya terlihat ibarat pada gambar di bawah:


anda melihat list file dan folder dari kedua host, dimana sebelah kiri nantinya aku gunakan sebagai host tujuan, kemudian aku akan mencoba menyalin file test dari host sumber ke host tujuan (192.168.1.252), maka aku menjalankan perintah:

 scp test pi@192.168.1.252:/home/pi/

perintah di atas akan menyalin file test ke host 192.168.1.252 dengan lokasi /home/pi/ memakai user pi, berikut hasil menjalankan perintah tersebut:


dan berikut yakni hasil salinan file yang berhasil ditaruh di host tujuan:

gampang bukan?

Di step selanjutnya aku akan mencoba menyalin sebuah folder memakai scp:

Untuk menyalin sebuah folder dari sumber ke host tujuan, maka anda perlu menambahkan opsi "-r" tanpa tanda petik, sehingga perintahnya akan terlihat ibarat pada gambar di bawah ini:

 scp -r RaspberryPi/ pi@192.168.1.252:/home/pi/

perintah tersebut akan menyalin folder raspberrypi dan seluruh isinya ke host 192.168.1.252 memakai user pi, nantinya hasil salinan tersebut ditaruh di lokasi /home/pi/. Berikut tampilan saat perintah tersebut dijalankan akan terlihat ibarat yang terlihat pada gambar di bawah ini:


nha ini akhirnya di jendela sebelah kiri terlihat bahwa folder dan seluruh isi-nya sudah berhasil tersalin ke folder tujuan ibarat yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Selamat mencoba ya... :-)
Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Secure Copy, Menyalin File Lewat Jaringan Antar Komputer Dengan Scp Di Linux- Perintah Dasar Linux"

Posting Komentar