Pengertian Analisis Swot Dan Manfaatnya

Pengertian analisis SWOT dan manfaatnya – Analisis SWOT yaitu suatu bentuk analisis di dalam administrasi perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis sanggup membantu dalam perjuangan penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangkan panjang.

Atau definisi analisis SWOT yang lainnya yaitu sebuah bentuk analisa situasi dan juga kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran). Analisa ini menempatkan situasi dan juga kondisi sebagai sebagai faktor masukan, kemudian kemudian dikelompokkan berdasarkan kontribusinya masing-masing. Satu hal yang perlu diingat baik-baik oleh para pengguna analisa ini, bahwa analisa SWOT ini semata-mata sebagai suatu sebuah analisa yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi, dan bukan sebuah alat analisa asing yang bisa memperlihatkan jalan keluar yang bagi permasalahan yang sedang dihadapi.

SWOT yaitu abreviasi dari:
  • S = Strength (kekuatan). 
  • W = Weaknesses (kelemahan). 
  • O = Opportunities (Peluang). 
  • T = Threats (hambatan).
Penjelasan mengenai 4 (empat) komponen analisis SWOT, yaitu :
  1. Strenght (S) yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada ketika ini. Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini yaitu setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya kalau kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam teknologinya, maka keunggulan itu sanggup di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih maju. 
  2. Weaknesses (W) yaitu analisi kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada ketika ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menjadi hambatan yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi. 
  3. Opportunity (O) yaitu analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan memperlihatkan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini yaitu untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang. 
  4. Threats (T) yaitu analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau bahaya yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi banyak sekali macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi, bahaya tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu perjuangan yang bersangkutan baik di masa kini maupun masa yang akan datang.

Manfaat analsis SWOT 
Metode analisis SWOT bisa dianggap sebagai metode analisis yangg paling dasar, yang bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisa biasanya berupa instruksi ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah laba dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman.

Jika dipakai dengan benar, analisis ini akan membantu untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini. Dari pembahasan diatas tadi, analisis SWOT merupakan instrumen yang bermanfaat dalam melaksanakan analisis strategi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan pengaruh bahaya yang timbul dan harus dihadapi.

Demikianlah mengenai pengertian analisis SWOT dan manfaatnya, terimakasih telah membaca dan agar artikel ini sanggup bermanfaat.

Sumber:
Choirunnisak. Penerapan Analisis SWOT Dalam Strategi Pemasaran Produk Tabungan Pada BMI Cabang Pembantu Magelang. 2012.

Pengertian Analisis SWOT Dan Manfaatnya

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Analisis Swot Dan Manfaatnya"

Posting Komentar