Cara Insert Data Ke Dalam Tabel Database Mysql Di Ubuntu Terminal


Tutorial kali ini aku akan membahas bagaimana cara memasukan data ke dalam database MySQL. Data yang akan masuk, disimpan ke dalam tabel-tabel yang telah dibentuk sebelumnya. Untuk menciptakan database dan tabel MySQL anda dapat melihat tutorial berikut:

bila anda belum membacanya, mungkin sebaiknya dibaca terlebih dahulu, alasannya tutorial kali ini berkaitan dengan tutorial sebelumnya itu. Data yang akan dimasukkan, menyesuaikan dengan struktur tabel yang akan dipakai untuk menyimpannya.

Disini aku akan memasukkan data yang berisi id, nama user, nama lengkap dengan format berikut:

1, admin, john doe
2, solitaire, jack pot

untuk memasukkan data lewat terminal ke dalam tabel database MySQL, aku harus masuk dulu ke shell MySQL dengan perintah:


mysql -u root -p

kemudian sesudah masuk, aku menentukan database belajar dengan menjalankan perintah:

use belajar;

sebelumnya aku akan melihat tabel mana yang tersedia yang akan aku masukkan data tersebut dengan perintah:

show tables;

maka kesannya ibarat berikut:


kemudian aku akan memasukkan dataset "1,admin, john doe" dengan perintah:

INSERT INTO `users` VALUES (1, 'admin', 'john doe');

maka kesannya akan terlihat ibarat di bawah ini bila anda berhasil memasukkan data ke dalam tabel users di database belajar:



mari kita coba memasukkan dataset berikutnya dengan menjalankan perintah:

INSERT INTO `users` VALUES (2, 'solitaire', 'jack pot');

maka kesannya akan ada notifikasi ibarat gambar di atas, gampang bukan memasukkan data ke dalam database MySQL? Selamat mencoba :-)


Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Insert Data Ke Dalam Tabel Database Mysql Di Ubuntu Terminal"

Posting Komentar