Cara Budidaya Flora Kunyit Yang Benar

Cara Menanam Kunyit – Tanaman yang gampang dibudidayakan serta kaya akan manfaat ini sanggup menjadi ladang bisnis yang menjanjikan, namun dalam proses budidaya anda perlu memperhatikan perawatan tumbuhan semoga hasil panen sesuai dengan harapan. Tanaman yang masuk dalam keluarga obat-obatan berupa semak dan mempunyai sifat tahunan tersebar diseluruh tempat tropis di dunia.

Pada negara Indonesia budidaya kunyit terbesar berada di jawa tengah dengan jumlah produksi mencapai 12.323 kg/ha. Pada tempat jawa kunyit dipakai sebagai materi utama obat tradisional ibarat jamu, kosmetik, bumbu masak dan materi pangan peternakan

Pada kesempatan kali ini SentraBudidaya akan menjelaskan cara menanam kunyit step by step, namun sebelum masuk tahap budidaya lebih baik anda mengetahui apa saja manfaat yang diperoleh badan sesudah mengkonsumsi kunyit yang diolah sebagai jamu, masakan atau kosmetik dibawah ini.

Manfaat Kunyit

Selain gampang dibudidayakan ternyata kunyit juga kaya akan manfaat bagi badan sehingga konsumen tumbuhan ini selalu meningkat, berikut ini beberapa manfaat kunyit yang diperoleh badan sesudah mengkonsumsinya, yaitu :

Anti Inflamasi (peradangan), Rheumatoid Arthritis (peradangan sendi kronis), Pencegahan Kanker, Meningkatkan Antioksidan, Meningkatkan Fungsi Hati, Mengurangi Resiko Leukimia, Perlindungan kardiovaskular (Penyakit yang bekerjasama dengan pembuluh darah) dan Mencegah Alzaimer.

Itu lah sedikit manfaat dari kunyit, berikutnya kami akan membahas topik utama artikel ini yaitu cara menanam kunyit step by step dibawah ini.

 Tanaman yang gampang dibudidayakan serta kaya akan manfaat ini sanggup menjadi ladang bisnis  Cara Budidaya Tanaman Kunyit yang Benar
Cara Menanam Kunyit

Panduan Cara Menanam Kunyit

Setelah kami membahas manfaat kunyit bagi tubuh, selanjutnya kami akan membahas topik utama artikel ini yaitu cara menanam kunyit step by step dibawah ini.

1. Pemilihan bibit kunyit

Pada tahap pertama dalam cara menanam kunyit yakni pemilihan bibit, penggunaan bibit yang berkualitas baik akan memilih hasil panen nantinya oleh lantaran kami akan memperlihatkan syarat bibit berkualitas dibawah ini, yaitu :

  • Pastikan bibit berasal dari tumbuhan yang subur, sehat, mempunyai dau banyak serta sehat
  • Bibit terhindar dari hama dan penyakit
  • Bibit berasal dari tumbuhan kunyit yang sudah berumur 7 hingga 12 bulan
  • Ukuran, bentuk dan warna sama
  • Bibit pernah mengalami dormansi atau pengistirahatan sebelum ditanam.

2. Penyemaian Bibit Kunyit

Cara menanam kunyit berikutnya yakni penyemaian bibit kunyit, tujuan dilakukan penyemaian semoga bibit sanggup tumbuh secara maksimal, proses kontrol petani lebih gampang dan bibit kunyit gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Berikut ini cara penyemaian bibit kunyit yang sanggup anda lakukan, yaitu :

  • Letak bibit kunyit ditempat yang bersuhu 25 hingga 28 derajat celcius
  • Biarkan selama 1 hingga 11/2 bulan berangin angin
  • Anda juga meletak bibit kunyit ditempat yang tersedia jerami dengan suhu 25 hingga 28 derajat celcius
  • Selain itu anda juga sanggup merendam bibit kunyit dilarutan ZPT selama 3 jam.
  • Biarkan juga selama 1 bulan hingga bibit tumbuh tunas dan siap ditanam.

3. Pengolahan Media Tanam

Setelah anda melaksanakan penyemaian bibit kunyit, tahap selanjutnya dalam cara menanam kunyit yakni pengolahan lahan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas budidaya kunyit memakai bedengan namun jikalau anda ingin memakai pot atau polybag juga sanggup yang perlu diperhatikan yakni media penanaman yang akan dipakai untuk pertumbahn kunyit berupa tanah humus, jerami dan pupuk sangkar dengan perbandingan 3:1:1.

Cara menanam kunyit memakai bedengan cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan beberapa alat ibarat cangkul, sabit dan pupuk sangkar kering. Setelah alat dan materi siap, bersihkan lahan dari hama pengganggu ibarat rumput dan tumbuhan lainnya memakai cangkul dan sabit.

Lalu cangkul tanah atau gembur tanah memakai cangkul dengan kedalam 40 cm dan beri pupuk sangkar kering semoga tercampur lebih rata. Begitu lahan selesai di cangkul, buatlah bedengan dengan ukuran lebar 60 hingga 100 cm, tinggi 25 hingga 50 cm dan jarak antar bedengan 50 cm. Jangan lupa untuk menciptakan drainase disekitar bedengan semoga pengaliaran air lancar.

4. Proses Penanaman Kunyit

Tanaman kunyit akan tumbuh baik jikalau ditanam pada awal ekspresi dominan hujan dan dipanen pada awal ekspresi dominan kemarau. Sebelum melaksanakan proses penanaman buatlah lubang di bedengan dengan ukuran 30 x 30 cm dan kedalaman 60 cm serta jarak antar lubang 60 cm x 60 cm.

 Tanaman yang gampang dibudidayakan serta kaya akan manfaat ini sanggup menjadi ladang bisnis  Cara Budidaya Tanaman Kunyit yang Benar
Budidaya Tanaman Kunyit

Cara menanam kunyit sangatlah mudah, anda hanya perlu mengambil bibit kunyit yang sudah disiapkan sebelum kemudian tanam kedalam lubang di bedengan dan beri pupuk sangkar kering kemudian tutup memakai tanah. Penanaman kunyit sebaiknya dilakukan pada awal ekspresi dominan hujan dan dipanen pada awal ekspresi dominan kemarau selama 7 hingga 8 bulan.

Artikel terkait: Cara Menanam Jagung Manis yang Baik dan Benar

5. Proses perawatan kunyit

Tanaman kunyit tetap memerlukan perawatan semoga sanggup tumbuh dengan maksimal serta hasil umbinya nanti mempunyai kualitas unggulan, berikut beberapa perawatan kunyit yang sanggup anda lakukan dalam cara menanam kunyit yaitu :

  • Penyulamann

Kegiatan ini dilakukan ketika tumbuhan kunyit mengalami kematian, sehingga anda perlu mengganti dengan tumbuhan yang gres namun penyulaman hanya sanggup dilakukan pada tumbuhan yang berumur 1 ahad kurang tujuannya semoga masa pertumbuhan kunyit seragam.

  • Penyiangan

Proses perawatan tumbuhan kunyit yakni penyiangan, proses bertujuan untuk membersihkan lahan dari hama pengganggu ibarat rumput atau gulma. Proses ini dilakukan ketika tumbuhan berumur 2 ahad namun juga sanggup kurang atau lebih dari 2 ahad sesuaikan dengan kondisi lahan.

  • Pembubunan

Proses ini dilakukan pada tanamanan yang berumur 3 hingga 4 bulan, caranya dengan menimbun kembali tanah yang terbawa oleh air di sekitar bedengan oleh lantaran drainase sangat diharapkan semoga air tidak tergenang akhir hujan yang terus menerus.

  • Pemupukan

Pemupukan dilakukan semoga tumbuhan kunyit memperoleh nutrisi yang cukup sehingga proses pembuahan dapa dilakukan secara maksimal. Disini kami menyarankan untuk melaksanakan pemupukan dengan pupuk organik atau pupuk kadang dari binatang ternak. Jumlah pupuk yang sanggup anda gunakan yakni 45 ton per hektar dengan jumlah tumbuhan mencapai 160.000.

  • Pengairan dan penyiraman

Sebelumnya kami sudah menjelaskan wacana penting drainase disekitar bedengan alasannya tumbuhan kunyit tidak menyukai kondisi tanah yang tergenang oleh air lantaran sanggup mengakibatkan pembusukan umbi kunyit.

  • Waktu penyemprotan pestisida

Selanjutnya penyemprotan hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan kunyit sanggup dilakukan semoga kunyit sanggup terhindar dari penyakit yang mengakibatkan pembusukkan umbu. Dosisn penyemprotan pestisida sanggup dilihat pada label kemasan.

6. Proses Panen Kunyit

Cara menanam kunyit yang terakhir yakni panen, proses yang sangat dinantikan tunggu oleh petani. Proses panen dilakukan pada tumbuhan kunyit yang sudah berumur 7 hingga 8 bulan tergantung referensi yang anda pilih. Ciri- ciri tumbuhan kunyit yang siap dipanen sanggup dilihat dari berubahnya warna daun yang awalnya hijau berbuah menjadi kuning atau layu.

Panen dilakukan dengan cara pembongkaran bedengan  memakai cangkul atau garpu, namun sebelum melaksanakan pembongkaran lebih baik daun dan batang dibongkar terlebih dulu semoga proses pengemasan tanah tidak ikut masuk kedalam karung.

Tanaman kunyit sangat gampang serta kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh, budidaya kunyit sebaiknya dilakukan pada awal ekspresi dominan hujan namun anda harus tetap memperhatikan drainase disekitar bedengan semoga pengaliran air lancar dan tanah dibedengan tidak tergenang air. Semoga cara menanam kunyit diatas tadi sanggup menjadi referensi bagi anda untuk melaksanakan budidaya kunyit dirumah, terima kasih.

Simak juga: Cara Menanam Kacang Hijau Step by Step


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Flora Kunyit Yang Benar"

Posting Komentar