√ 8 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Diet, Kulit Tubuh, Dll

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) mempunyai rasa asam dengan sedikit pahit dan sensasi dingin. Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari jeruk nipis.

Air jeruk nipis juga sering dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, semoga kuliner menjadi lebih nikmat.

 mempunyai rasa asam dengan sedikit pahit dan sensasi hirau taacuh √ 8 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Diet, Kulit Tubuh, dll
Photo credit: Maxpixel.net

Jeruk nipis kaya akan nutrisi penting, yaitu:
  • Vitamin: vitamin C, vitamin A , vitamin E , vitamin K, folat.
  • Mineral: kalsium, magnesium, kalium, zat besi, tembaga, natrium, fosfor. 
  • Asam sitrat, serat antioksidan, flavonol, polifenol, limonena, terpen .

Dari laman Medicalnewstoday.com menyebutkan bahwa jeruk nipis kaya akan vitamin C, satu jeruk nipis menyediakan 32% vitamin C yang diharapkan dalam sehari.

Nutrisi dalam jeruk nipis mempunyai banyak khasiat, menyerupai mendukung kesehatan jantung, mengurangi risiko asma dan meningkatkan kesehatan kulit.

Air jeruk nipis sering disertakan dalam minuman dan hidangan makanan. Berikut di bawah ini banyak sekali manfaat jeruk nipis untuk kesehatan:

1. Untuk Kesehatan Jantung

Dari artikel berjudul Is Lime Juice Good for Your Health? (Livestrong.com), menyerupai umumnya buah jeruk jenis lainnya, jeruk nipis juga kaya akan nutrisi, khususnya vitamin C.

 mempunyai rasa asam dengan sedikit pahit dan sensasi hirau taacuh √ 8 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Diet, Kulit Tubuh, dll
Photo credit: Pixabay.com

Vitamin C ialah antioksidan alami yang berfungsi untuk mencegah ancaman paparan radikal bebas pada tubuh.

Bahaya radikal bebas sanggup mengakibatkan resiko penyakit jantung dan kanker, serta memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Vitamin C juga berkontribusi dalam membangun sistem kekebalan tubuh dan pembentukan kolagen. Kolagen berfungsi untuk menjaga kesehatan dan tekstur kulit tubuh, serta untuk mempercepat penyembuhan luka dan menghilangkan bekasnya.

Khasiat jeruk nipis sanggup secara efektif untuk menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi. Sebuah studi yang diterbitkan di The British Journal of Nutrition tahun 1999 menemukan bahwa air jeruk nipis dikala ditambahkan ke kulit jagung bisa mengurangi kadar LDL-nya (kolesterol jahat).

Para peneliti menyimpulkan bahwa air jeruk nipis sanggup membantu mengurangi kadar kolesterol. Kedepannya akan diharapkan penelitian yang bersifat jangka panjang.

Dari laman Indiatimes.com menyebutkan bahwa jus jeruk nipis sanggup mencegah ancaman aterosklerosis (pengerasan dan penebalan dinding arteri).

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan antioksidan yang mencegah kerusakan pada arteri dan mengurangi risiko serangan jantung.

loading...

2. Mengurangi Risiko Asma

Dari hasil penelitian, risiko asma diketahui lebih rendah pada orang-orang yang mengkonsumsi asupan yang tinggi nutrisi. Penderita asma umumnya mempunyai tingkat vitamin C yang rendah.

Peneliti memperkirakan adanya relasi antara konsumsi vitamin C dan pencegahan asma.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutriens tahun 2015 menemukan bahwa vitamin C mempunyai bantuan dalam melindungi tubuh dari munculnya tanda-tanda asma akhir polusi udara.

Penelitian tersebut bertujuan untuk menemukan solusi gizi untuk mengurangi dampak polusi udara bagi kesehatan. Paparan polusi diketahui memperburuk tanda-tanda penyakit pernapasan menyerupai asma dan PPOK.

Pada jurnal tersebut menyebutkan bahwa terdapat beberapa studi yang berhasil menemukan khasiat antioksidan sanggup mengurangi dampak jelek polusi udara bagi kesehatan.

Polusi udara diperkirakan bertanggung jawab atas sekitar 15% eksaserbasi asma.

Polusi udara mengakibatkan stres oksidatif dan peradangan, yang mendasari penyakit asma dan eksaserbasi asma. Meningkatkan asupan antioksidan mempunyai potensi untuk pencegahan asma.

Dari laman Vemale.com, penyakit asma ringan kalau tidak diobati nantinya menjadi parah dan bisa membahayakan. Gejala asma diawali dengan kesulitan bernafas, tubuh merasa lemah, bahkan bisa mengakibatkan pingsan kalau kondisi asma parah.

Jeruk nipis mempunyai khasiat alami untuk membantu mengobati asma, selain itu juga bermanfaat untuk menghilangkan dahak.

Cara memanfaatkan jeruk nipis untuk mengatasi asma, langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama sediakan air jeruk nipis sebanyak 2 sdm.
  2. Lalu seduh dengan secangkir air panas. 
  3. Campurkan dengan madu dan gula watu secukupnya.
  4. Lalu minumlah air ramuan tersebut dalam keadaan hangat.

Anda bisa minum ramuan alami tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari, dengan masing-masing dosisnya satu cangkir. Diharapkan nantinya penyakit asma sanggup mereda dan kondisi penderita membaik.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jeruk nipis merupakan sumber alami vitamin C. Dengan mengonsumsi air perasan jeruk nipis yang mengandung vitamin C dan antioksidan berupa flavonoid bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak gampang jatuh sakit dan juga tubuh selalu bugar.

Dari artikel berjudul Drink warm water with lime to stay healthy (Timesofindia.Indiatimes.com), meminum jeruk nipis dengan air hangat akan menyehatkan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Semua jenis jeruk bekerjsama ialah gudang vitamin C, termasuk jeruk nipis. Vitamin C telah diketahui efektif untuk melawan penyakit pilek alasannya sistem kekebalan tubuh yang meningkat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Annals of Nutrition & Metabolism tahun 2006 menemukan bahwa meningkatkan asupan vitamin C sanggup membantu mengurangi durasi dan tingkat keparahan infeksi akses pernapasan, serta mencegah malaria, diare dan pneumonia.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Current Topics in Medicinal Chemistry tahun 2011 menemukan senyawa antioksidan berkontribusi dalam memperkuat kekebalan tubuh dengan cara menetralisir radikal bebas yang berbahaya, melindungi sel-sel kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

Antioksidan alami berperan dalam mencegah kerusakan sel akhir paparan terhadap radikal bebas. Sel tubuh membutuhkan tingkat pertahanan antioksidan yang cukup untuk mencegah kerusakan sel-sel kekebalan dan menghindari imbas berbahaya dari produksi berlebihan ROS.

loading...

4. Untuk Kesehatan Kulit

Pada laman Timesofindia.indiatimes.com menyebutkan bahwa minum air jeruk nipis sanggup menyegarkan kulit tubuh (selain juga menciptakan pikiran lebih fresh).

Para hebat menyampaikan bahwa vitamin C sangat penting untuk kesehatan kulit alasannya membantu produksi kolagen.

Antioksidannya berperan dalam mengatasi dilema kulit kusam dan menciptakan kulit tetap sehat. Minum air lemon hangat bermanfaat untuk menghilangkan racun dari fatwa darah.

Dari laman Idntimes.com, jeruk nipis sanggup bermanfaat untuk kulit wajah. Hal itu alasannya jeruk nipis mengandung vitamin c, asam amino, zat besi, kalsium, fosfor, mineral, asam sitrun, asam sitrat, minyak atsiri serta aha (alpha hydroxy acids) yang menciptakan kulit wajah lebih sehat dan bercahaya.

Cara mengolah jeruk nipis untuk perawatan wajah, langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama peras jeruk nipis
  2. Lalu gunakan air perasan jeruk nipis tersebut sebagai masker (maksudnya oleskan secara merata pada kulit wajah). 
  3. Setelah selesai mengoleskan maka diamkan selama 30 menit. Tambahkan madu murni untuk hasil yang lebih optimal.

Sebelum mengoleskan jeruk nipis, hendaknya mencuci wajah sampai bersih.

Dengan melaksanakan perawatan diatas maka ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh, yaitu:

Mencerahkan Kulit Wajah yang Kusam
Paparan polusi udara, debu, kotoran, serta sengatan terik matahari mengakibatkan kulit wajah kusam. Kandungan AHA (alpha hydroxy acids) dan vitamin C tinggi di dalam jeruk nipis sanggup bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah dan membantu proses regenerasi sel kulit.

Sebagai pemberitahuan, kandungan AHA sering disertakan sebagai materi utama dalam banyak produk kosmetik pencerah wajah.

Oleh alasannya itu Anda tidak perlu ragu pada jeruk nipis. Untuk mencerahkan kulit wajah, manfaatkan perasan jeruk nipis sebagai masker, lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Menghilangkan Noda Bekas Jerawat
Jerawat umumnya akan meninggalkan bekas berupa noda hitam yang mengganggu penampilan. Air perasan jeruk nipis bisa memudarkan noda bekas jerawat yang membandel secara bertahap.

Untuk bisa memudarkan noda bekas jerawat maka hendaknya memakai masker jeruk nipis setiap dua hari.

Mencegah Timbulnya Jerawat
Kandungan Vitamin C dan zat anti basil yang ada dalam jeruk nipis sanggup mencegah timbulnya jerawat. Anda bisa memakai masker jeruk nipis ini tiga hari sekali.

Manfaat air jeruk nipis lainnya yaitu mengecilkan pori-pori, dimana pori-pori yang terlalu lebar sanggup menjadikan banyak sekali macam dilema pada kulit wajah.

Kondisi pori-pori yang terbuka nantinya akan memicu tejadinya penumpukan kotoran dan minyak berlebih, yang karenanya memicu penuaan dini ataupun mengakibatkan jerawat muncul.

Pada orang-orang yang mempunyai kulit sensitif mungkin akan merasa agak perih atau gatal dikala pertama kali memakai masker jeruk nipis.

5. Mencegah Kanker

Kandungan liminoid atau antioksidan dalam jeruk nipis berperan penting untuk menangkal ancaman radikal bebas. Mengonsumsi jeruk nipis berguna untuk menurunkan risiko sebagian jenis kanker menyerupai leukimia, kanker usus besar dan kanker lambung.

 mempunyai rasa asam dengan sedikit pahit dan sensasi hirau taacuh √ 8 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Diet, Kulit Tubuh, dll
Photo credit: Wikipedia.org

Salah satu manfaat jeruk nipis yang paling mengesankan ialah kemampuannya untuk melawan sel kanker di dalam tubuh. Hal ini alasannya jeruk nipis kaya akan antioksidan yang merupakan senyawa untuk melawan radikal bebas berbahaya.

Radikal bebas mengakibatkan kerusakan sel-sel tubuh dan penyakit kronis. Beberapa senyawa yang ditemukan dalam jeruk nipis telah terbukti mempunyai khasiat melawan kanker yang ampuh.

Pada jurnal kesehatan yang dipublikasikan di Pharmacognosy Reviews tahun 2016 meneliti perihal acara antikanker dari jeruk nipis (citrus aurantifolia). Disana disebutkan bahwa buah jeruk nipis terdiri dari setidaknya 22 senyawa volatil, dihydrocarvone, dan senyawa utamanya ialah limonene (30%).

Peneliti menemukan ekstrak jeruk nipis sanggup menghambat pertumbuhan sel kanker kolon dan payudara, serta menghentikan pertumbuhan sel kanker pankreas.

Sebuah penelitian oleh pihak Ohsaki National Health Insurance Cohort dari tahun 1995 sampai 2003. Penelitian ini mengungkapkan relasi konkret bahwa konsumsi jeruk sanggup mencegah terjadinya kanker.

Ulasan pada jurnal tersebut menawarkan bahwa konsumsi jeruk nipis mempunyai potensi sebagai terapi penyembuhan kanker.

loading...

6. Menurunkan Berat Badan

Dari laman Livestrong.com, disebutkan bahwa jeruk nipis sebagai buah asing alasannya khasiatnya yang sanggup membantu menurunkan berat tubuh berlebih.

 mempunyai rasa asam dengan sedikit pahit dan sensasi hirau taacuh √ 8 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Diet, Kulit Tubuh, dll
Photo credit: Flickr.com / Alan Cleaver

Air jeruk sebagai sumber vitamin C yang sangat baik, kurang mengonsumsi vitamin C mengakibatkan olahraga yang Anda lakukan menjadi tidak maksimal untuk menurunkan berat badan.

Vitamin C mempunyai tugas penting dalam membantu tubuh untuk memecah lemak selama olahraga. Jika tubuh kekurangan asupan vitamin C maka akan menurunkan kemampuan tubuh dalam memecah lemak.

Sebagai vitamin yang larut dalam air, penting bahwa Anda memenuhi takaran harian vitamin C yang cukup.

Memperbayak minum air ialah salah satu kunci sukses untuk bisa menurunkan berat badan, yang membantu Anda merasa kenyang. Sehingga minum air jeruk nipis menjadi solusi yang brilian.

Agar Anda berhasil dalam perjuangan menurunkan berat badan, maka perbaiki referensi makan Anda dan lebih aktif untuk melaksanakan olahraga menyerupai latihan aerobik, berenang, berjalan cepat ataupun jogging.

Departemen Pertanian AS menyarakan semoga Anda mengisi setengah dari piring Anda dengan buah-buahan dan sayuran, seperempat dengan biji-bijian utuh, dan seperempat lainnya dengan protein tanpa lemak.

7. Mencegah Asam Urat

Makanan mengandung zat purin tinggi sanggup mengakibatkan seseorang tekena penyakit asam urat atau gout. Dimana nantinya akan timbul rasa nyeri pada sendi, bisul dan peradangan.

Konsumsi jeruk nipis yang mengandung asam nitrat sanggup mencegah penyakit asam urat. Konsumsilah kuliner bernutrisi tinggi dan lakukan referensi makan sehat.

Terjadinya asam urat akhir terbentuknya kristal-kristal pada persendian. Minum jeruk nipis efektif untuk mencegah asam urat.

Jeruk nipis mempunyai rasa asam, di dalamnya ditemukan kandungan asam nitrat yang bekerja untuk melarutkan uric acid penyebab asam urat.

Anda bisa menciptakan minuman jeruk nipis segar dengan adonan air secukupnya. Anda sanggup meminum jus jeruk nipis sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

Air putih berperan penting dalam membersihkan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh, termasuk kelebihan kadar zat purin yang kalau menumpuk akan menjadi bentuk kristal-kristal asam urat.

8. Turunkan Kolesterol

dr. Kartika Mayasari menjelaskan bahwa jeruk nipis menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami yang menjanjikan. Jus jeruk nipis mengandung senyawa limonin glukosida yang dipercaya berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

 mempunyai rasa asam dengan sedikit pahit dan sensasi hirau taacuh √ 8 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Diet, Kulit Tubuh, dll
Photo credit: Flickr.com / Juhan Sonin

Senyawa limonin umumnya bertahan lebih usang dibandingkan beberapa jenis senyawa lain di dalam tubuh. Bahkan, limonin bisa bertahan dalam fatwa darah sampai 24 jam. Dengan begitu, Anda tidak perlu terus-menerus mengonsumsi jeruk nipis sehingga beresiko berlebihan.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam Jeruk nipis mempunyai bantuan dalam mengkonversi kolesterol di dalam tubuh menjadi asam empedu. Hal ini sangat baik untuk bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Asam empedu berperan penting dalam proses pencernaan lemak di dalam tubuh.

Sebagai pemberitahuan, vitamin C larut dalam air sehingga tubuh tidak bisa menyimpan vitamin C, hal inilah yang menciptakan Anda harus selalu memenuhi asupan vitamin C harian yang mencukupi kebutuhan tubuh.

Efek Samping Jeruk Nipis

Berlebihan dalam mengonsumsi jeruk nipis beresiko mengakibatkan gangguan lambung ataupun memperburuk kondisi penderita gangguan lambung dan maag. Hal itu alasannya kandungan asam yang dimiliki jeruk nipis.

Sumber http://www.freshbugar.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ 8 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Diet, Kulit Tubuh, Dll"

Posting Komentar