5 Tipe Berguru Kurun Kini. Kau Yang Mana?

Banyak yang bilang pelajar kini berbeda dengan masa guru-guru mereka saat masih pelajar. Ya jelaslah! Perkembangan teknologi dan fasilitas kanal informasi telah merevolusi cara belajar. Pada artikel kali ini, Ruangguru telah merangkum cara-cara pelajar kekinian memanfaatkan teknologi untuk belajar. Apa saja itu? Check these out!

1. Lebih tertarik dengan visual

Pernah membayangkan buku teks Matematika bisa menayangkan gambar bergerak integral volume menyerupai koran Daily Prophet di Harry Potter? Atau pernah berangan-angan jikalau rangkaian kata di buku teks itu sanggup bersuara menyerupai surat-surat di sinetron tanpa kita perlu membaca? 

- Video dalam kertas ala Daily Prophet Video dalam kertas ala Daily Prophet. (Sumber: wikia.net)

Perkembangan teknologi mengakibatkan kita semakin banyak terpapar arus informasi. Hal ini yang menimbulkan sesuatu yang dikemas menarik secara visual lebih gampang melekat di memori. Bosan dengan penyampaian bahan yang begitu-begitu saja? Mungkin kau harus merasakan belajar dengan video. Selain bunyi yang bisa kau dengarkan layaknya buku teks berbicara, kau juga melihat ilustrasi-ilustrasi yang sesuai dengan materi.

2. Sulit untuk fokus dalam jangka waktu lama

- Asal fokus niscaya jelas Asal fokus niscaya jelas. (Sumber: pixabay.com)

Semalam sudah tidur cukup, sarapan juga tidak berlebihan, kok masih terjangkit kantuk di kelas ya? Atau, nge-blank saat ditanyai wacana bahan yang sedang diajarkan padahal kau tidak mencicipi kantuk? Bila biasanya duduk mendengarkan bahan selama 1,5 jam penuh membuatmu bosan, coba simak penjelasan bahan dengan video berguru berdurasi 10 menit. Psst, terapkan istirahat 5 menit setiap 25 menit fokus belajar. Hal yang perlu diingat yaitu istirahat boleh sering tapi jangan lama-lama, ya. 

3. Belajar sih, tapi sambil bermain

Apa yang kau lakukan saat bosan menunggu? Kebanyakan pelajar masa kini akan menjawab bermain gadget atau game. Hayo, siapa yang gamers di sini? Dulu, bermain game identik dengan langgar ketangkasan dan kelincahan. Namun, kini banyak juga lho permainan yang mengasah pengetahuanmu. Contohnya Duel Otak, game yang menciptakan para pemainnya mengasah otak untuk bisa langgar skor menjawab aneka macam pertanyaan.

- Bermain tapi belajar Bermain tapi belajar. (Sumber: google play)

Mau game yang spesifik wacana pelajaran? Coba taklukkan monster sambil menjawab soal-soal pelajaran di RuangLatihan. Sambil mengumpulkan monster dan Xperience Point (XP), kau juga jalan-jalan keliling Indonesia. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, bukan? Kamu tetap mencicipi sensasi bermain games, namun sebetulnya kau sedang me-review soal-soal sekolah sesuai jenjangmu. Berani coba, smart buddies? Akses eksklusif melalui Aplikasi Ruangguru di bit.ly/rgappandroid atau bit.ly/rgappios kini juga!

4. Lebih personal, lebih mengerti

Bukan hanya trainer saja, guru juga bisa dipesan secara personal. Kamu yang menyukai interaksi yang lebih dekat dengan pengajar, coba panggil saja guru ke rumahmu. Bila di kelas tidak sanggup bertanya dengan bebas mengenai suatu materi, kau bisa mencoba cara ini. Bukan menyerupai menentukan kucing dalam karung kok, kau bisa menentukan puluhan ribu guru berpengalaman yang sesuai dengan budget, lokasi, dan jadwalmu. Perhatikan profil gurunya, dan tentukan yang kau rasa paling sesuai. Nikmati pengalaman berguru yang lebih personal. 

- Interaksi eksklusif dengan guru Interaksi eksklusif dengan guru. (Sumber: mytrustedtutor.com)

5. Tidak hanya di ruang kelas

Bukan hanya minimarket sebelah atau restoran cepat saji saja yang bisa buka 24 jam, ya. Aplikasi dialog telah mengakibatkan kita gampang berkomunikasi tanpa takut rintangan panas, hujan, atau badai sekalipun. Ada bahan buat ulangan besok yang belum dimengerti tapi tidak tahu minta santunan siapa? Ada PR untuk besok yang bisa kau pecahkan? Ingin lebih intens mendiskusikan soal via aplikasi obrolan? Coba saja fitur RuangLesOnline dari Ruangguru yang akan memudahkanmu menemukan guru yang sanggup ditanyai kapanpun di manapun. Dengan modal foto soal kemudian upload, kau akan terhubung dengan guru yang siap membantumu.

- Ngobrol kapanpun dimanapun dengan tutor Ngobrol kapanpun dimanapun dengan tutor. (Sumber: online2.com)

Siapa bilang perkembangan teknologi telah mematikan semangat berguru generasi muda? Semua ada caranya, semua ada kiatnya untuk menciptakan #BelajarJadiMudah. Semangat! (NM/TN)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tipe Berguru Kurun Kini. Kau Yang Mana?"

Posting Komentar