Tk Jakarta International School (Jis) Di Tutup

Taman Kanak-kanak Jakarta International School (JIS) beberapa hari terakhir menjadi perhatian dan sorotan publik, informasi wacana JIS hampir tiap hari muncul dimedia televisi, elektronik maupun cetak, liputan media bukan sebab Taman Kanak-kanak ini bertaraf internasional, melainkan sebab adanya kasus pelecehan secual pada salah satu anak didik sekolah Taman Kanak-kanak JIS tersebut. JIS merupakan salah satu sekolah internasional tertua di Indonesia. Sekolah ini pertama kali didirikan oleh sekelompok ekspatriat yang beraktivitas di
Jakarta pada 1951. Mereka umumnya bekerja sebagai perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Indonesia. Saat itu, Indonesia gres saja merdeka dan mulai mendapatkan perwakilan negara lain

Para pekerja PBB setuju untuk mendirikan sekolah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anaknya. Sekolah itu mulai beroperasi dengan bahasa Inggris sebagai pengantar pendidikan sehari-hari. Sekolah itu diberi nama Joint Embassy School pada 1969 sebab diisi oleh bawah umur dari ekspatriat yang berasal dari Inggris, Amerika Serikat, Australia, dan Yugoslavia. Pihak kedutaan negara-negara itu menjadi penyokong dana untuk kegiatan siswa di sekolah tersebut.

Setelah melalui hampir enam dekade semenjak didirikan, sekarang sekolah itu mengatakan pendidikan untuk tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Kini sekolah yang terletak di tempat Cilandak, Jakarta Selatan, ini mendidik sekitar 2.400 siswa dari 60 negara. Guru yang bekerja di JIS berjumlah ratusan yang mewakili 20 kewarganeagaraan yang berbeda. Mereka mempunyai sebuah yayasan yang bertanggung jawab atas pengelolaan sekolah tersebut. Yayasan itu terdiri atas sebelas orang yang berasal dari perwakilan kedutaan Inggris, Amerika Serikat, dan Australia. Perwakilan dari Yugoslavia tak masuk dalam yayasan sebab negara itu sudah bubar dan terpecah-pecah menjadi beberapa negara. Yayasan itu bertugas untuk memilih arah pendidikan sekolah dan mempunyai kepala sekolah.

Dilihat dari sejarah berdirinya sekolah ini terlihat sangat bagus, namun bagi sekolah sekelas internasional ibarat JIS sangat disayangkan insiden kekerasan secual menimpa salah satu muridnya, dimana seharusnya sekolah bertaraf internasional sekelas JIS sanggup mengatakan pelayanan pendidikan yang baik, nyaman, kondusif dan berkualitas, tentu insiden ini menjadi catatan penting bagi dunia pendidikan secara umum.

Dengan insiden ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PAUDNI) mengeluarkan keputusan untuk menutup PAUD JIS, JIS dengan alasan bahwa JIS terbukti tidak mempunyai izin penyelenggaraan untuk PAUD. JIS dihentikan beroperasi hingga tahun fatwa 2014/2015, untuk para siswa JIS tahun fatwa 2013-2014 yang tengah bersekolah diberikan kesempatan tetap mencar ilmu hingga selesai tamat tahun ajaran. Keputusan penutupan tersebut dilakukan atas keputusan rapat yang juga dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nu.

Sesuai pasal  62 dan 71 dari UU Sisdiknas tahun 2003 pemerintah sanggup mencabut izin dan memidanakan bagi penyelenggara pendidikan yang tidak mempunyai izin. untuk lebih terperinci teman sanggup dapatkan UU Sisdiknas tahun 2003 dengan mengklik link dibawah.


Semoga Informasi dan informasi TK Jakarta International School (JIS) di Tutup ini beranfaat.

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tk Jakarta International School (Jis) Di Tutup"

Posting Komentar