Cara Menciptakan Pupuk Sangkar Padat Dan Cair

Pupuk Kandang – Berbicara mengenai pupuk ternyata ketika ini masih ada yang namanya pupuk organik. Pupuk yang satu ini nyatanya juga hadir dalam banyak sekali jenisnya. Salah satunya tentu pupuk kandang. Pupuk ini menjadi salah satu pilihan para petani dalam membudidayakan tanamannya supaya tak perlu memakai materi kimia sehingga tumbuhan pun bisa berbuah. Buah yang telah di hasilkan pun merupakan tumbuhan organik.

Pupuk sangkar mempunyai sifat yang alami bahkan tidak akan merusak tanah. Kandungan unsur makro maupun  mikro yang ada di dalamnya mampu  menambah nilai kapasitas tukar kation. Bahkan pupuk yang satu ini juga bisa meningkatkan daya menahan air sekaligus memperbaiki struktur dari tanah.

Biasanya pupuk sangkar ini dibentuk dengan memanfaatkan banyak sekali kotoran binatang menyerupai halnya kotoran sapi, kotoran kambing, maupun kotoran domba sekalipun. Pupuk sangkar menjadi salah satu pupuk padat yang mempunyai kandungan lender dan juga air.

Pupuk yang satu ini bukan hanya bisa menyediakan unsur hara yang sangat di butuhkan oleh tumbuhan namun kenyataannya juga bisa menciptakan kehidupan mikroorganisme yang ada dalam tanah semakin berkembang. Biasanya mikroorganisme ini mempunyai peranan yang begitu penting ketika mengubah sisa tumbuhan menjadi humus atau bahkan senyawa tertentu.

Baca juga: Manfaat Pupuk Cair untuk Tanaman

Kandungan Nutrisi Pupuk Kandang

Komposisi unsur hara yang ada dalam pupuk sangkar sapi ini biasanya terdiri atas gabungan 0,40% N, 0,20%P2O5 dan juga 0,10%K20. Pupuk kompos dikatakan sudah siap di pergunakan jikalau sudah terjadi penguraian oleh mikroba.

Biasanya pupuk ini di berikan sebagai pupuk dasar dengan cara menebarkannya secara ke seluruh lahan. Berbeda lagi dengan tumbuhan yang ada dalam pot, maka pupuk kompos pun bisa anda berikan sekitar sepertiga dari media tanam pot anda.

Salah satu ciri dari pupuk sangkar ini gotong royong ialah mempunyai warna coklat kehitaman, terlihat cukup kering bahkan juga tidak mempunyai anyir yang menyengat. Jika anda mempunyai peternakan sapi, kambing atau ayam, tentunya anda bisa lebih gampang menciptakan sendiri pupuk kompos tersebut.

Jenis Pupuk Kandang

Berikut ini beberapa jenis pupuk sangkar yang biasa dipakai oleh petani kita:

Kotoran Sapi

 Berbicara mengenai pupuk ternyata ketika ini masih ada yang namanya pupuk organik Cara Membuat Pupuk Kandang Padat dan Cair
Pupuk Kotoran Sapi via Alamtani

Jenis pupuk sangkar yang pertama ialah yang terbuat dari kotoran sapi. Kotoran sapi menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dijadikan sebagai pupuk kandang. Kotoran sapi ini mempunyai kandungan serat yang tinggi. Serat atau selulosa merupakan senyawa rantai karbon yang akan mengalami proses dekomposisi lebih lanjut.

Kotoran Ayam

 Berbicara mengenai pupuk ternyata ketika ini masih ada yang namanya pupuk organik Cara Membuat Pupuk Kandang Padat dan Cair
Pupuk Kotoran Ayam via Flowerian

Selain kotoran sapi, kotoran ayam juga bisa menjadi pilihan untuk menyuburkan tumbuhan anda. Kebanyakan kotoran ayam ini dipakai oleh para petani sayuran daun lantaran reaksinya yang cepat, cocok dengan aksara sayuran daun yang rata-rata mempunyai siklus tanam pendek.

Bahkan, pupuk sangkar dari kotoran ayam ini mempunyai unsur hara N yang relatif tinggi dibanding pupuk sangkar jenis lain. Terlebih lagi, unsur N dalam kotoran ayam bisa diserap flora secara langsung, sehingga relatif tidak perlu proses dekomposisi terlebih dahulu.

Cara menciptakan pupuk sangkar dari kotoran ayam juga cukup mudah, yakni biasanya diambil dalam bentuk gabungan dengan sekam padi, terutama untuk kotoran ayam pedaging (broiler). Sekam padi dipakai para peternak ayam sebagai bantalan kandang. Ketika sangkar dibersihkan kotoran akan bercampur dengan sekam tersebut.

Kotoran ayam yang ditambah dengan sekam padi ini akan memperkaya zat hara terutama untuk unsur K. Kotoran ayam broiler juga mengandung unsur P yang lebih tinggi.

Kekurangan dari penggunaan kotoran ayam sebagai pupuk sangkar ialah apabila penggunaannya secara berlebihan rentan membawa bibit penyakit terutama basil jenis Salmonella.

Jadi, sebaiknya petani memakai kotoran ayam ini secara hati-hati dan dipakai sesuai kebutuhan. Kotoran ayam juga ditakutkan mengandung obat-obatan dan hormon pada peternakan ayam akan terbawa kedalam kotoran ayam. Kontaminan ini tentunya tidak diperlukan bagi para petani sayur organik.

Kotoran Kambing

 Berbicara mengenai pupuk ternyata ketika ini masih ada yang namanya pupuk organik Cara Membuat Pupuk Kandang Padat dan Cair
Pupuk Kotoran Kambing via Rebanas

Anda miliki kambing yang tidak mengecewakan banyak? Nah, tidak ada salahnya kalau anda memanfaatkan kotoran kambing ini menjadi pupuk kandang.

Kotoran kambing yang berbentuk lingkaran yang sudah bisa dimanfaatkan sebagai pupuk mempunyai ciri yakni suhunya dingin, kering dan relatif sudah tidak bau.

Kalau pupuk kambing ini mempunyai kelebihan yaitu kandungan unsur K lebih tinggi dibanding jenis pupuk sangkar lain. Pupuk ini sangat cocok diterapkan pada paruh pemupukan kedua untuk merangsang tumbuhnya bunga dan buah.

Air kencing (urine)

 Berbicara mengenai pupuk ternyata ketika ini masih ada yang namanya pupuk organik Cara Membuat Pupuk Kandang Padat dan Cair
Pupuk Organik Urine via Infopeternakan

Wah ternyata selain kotoran padat, kotoran berupa urine dari banyak sekali binatang juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk lo.

Urine binatang ternyata mempunyai kadar nitrogen yang tinggi, hasil dari perombakan metabolisme protein. Selain nitrogen, urine juga mengandung belerang dan pospat.

Misal saja urine kelinci, ternyata mempunyai kandungan unsur hara N yang cukup tinggi mencapai 2,72%. Cara mengaplikasikan pada tumbuhan yaitu dengan mengencerkan 1 liter urine kedalam 20 liter air bersih. Kemudian gabungan tersebut disemprotkan pada tumbuhan sebagai pupuk daun.

Cara Membuat Pupuk Kandang Padat dari Kotoran Sapi

Berbicara mengenai pupuk sangkar padat pastinya pupuk ini memang di buat dari kotoran binatang dalam bentuk padat. Biasanya pupuk yang satu ini banyak di jadikan pilihan para petani untuk menyuburkan pertumbuhan tumbuhan tersebut. Adapun cara pembuatan pupuk yang satu ini bisa anda lakukan dengan bermacam-macam langkah cara berikut ini:

  • Membuat sebuah daerah khusus dengan bentuk segiempat dengan cara menggali tanah. Ukuran dari kolam pun bisa anda sesuaikan dengan berapa banyak kotoran sapi yang di hasilkan. Jangan hingga tempatnya terlalu kecil nanti bisa menciptakan anda kesulitan untuk bisa mengolahnya. Anda tentunya bisa menciptakan ukuran sekitar 3m x 3m dengan kedalamannya sekitar 1m hingga 1,5 m.
  • Berikan epilog supaya nantinya tidak akan terkena hujan. Jangan hingga ketika hujan turun air masuk dalam kolam lantaran tidak di beri epilog pada bab atasnya.
  • Masukkan saja kotoran sapi yang anda siapkan ke dalam lubang kolam yang telah tersedia. Anda bisa melaksanakan hal ini  ketika pagi hari ketika membersihkan kandang.
  • Supaya kotoran binatang ini semakin cepat mengeringnya, maka anda bsia menaburkan sedikit saja hasil pembakaran atau bisa juga di tambah dengan tanah humus hingga merata.
  • Ketika kolam telah penuh, alangkah baiknya kotoran binatang tadi di biarkan hingga kering dan terurai. Biasanya proses ini membutuhkan waktu sekitar 3 bulan lamanya.

Tentunya cara pembuatan pupuk sangkar padat ini gampang sekali di lakukan. Apalagi bagi anda yang berprofesi sebagai petani akan gampang paham dengan banyak sekali langkah itu. Mungkin bagi anda yang belum begitu paham dengan caranya, timbul suatu pertanyaan

. Bagaimana alhasil jikalau kolamnya nanti penuh. Tentunya hal ini biasa anda antisipasi dengan cara menciptakan kolaman yang gres lagi dengan ukuran yang sama dari sebelumnya sekaligus caranya pun juga sama.

Sebagai petani pastinya anda juga ingin mempunyai tumbuhan yang subur dengan hasil panen yang melimpah. Itulah mengapa sumbangan pupuk yang sempurna sangat di butuhkan oleh tanaman. Pemberian pupuk memang begitu penting bagi tumbuhan untuk mencukupi kebutuhan unsure hara nya.

Dengan pemenuhan unsur tersebut pastinya panen anda pun bisa semakin meningkat. Jika anda ingin memperlihatkan pupuk organik, tentu saja anda bisa mencoba memberika pupuk sangkar dalam bentuk padat pada tumbuhan anda.

Cara Membuat Pupuk Kandang Cair  dari Urine Sapi

Sekarang ini pupuk sangkar bukan hanya hadir dalam bentuk padat saja namun ada pula yang hadir dalam bentuk cair. Berbeda halnya dengan pupuk yang padat, biasanya pupuk cair ini sengaja di buat dengan desain yang tergolong khusus. Dengan begitu air kencing sangkar pun bisa mengalir pada kolam daerah penampungan cairan urine sapi yang telah ada.

Biasanya kolam yang akan anda gunakan untuk pembuatan pupuk sangkar cair ini haruslah dengan materi yang gampang kedao air. Sehingga urine sapi pun nantinya tidak bakalan meresap dalam tanah.

Sedangkan untuk ukuran kolamnya tentu bisa anda samakan dengan kolam pembuatan pupuk sangkar padat. Sebaiknya anda menciptakan kanal yang berasal dari sangkar menuju ke kolam. Saluran pun bisa anda buat dari sebuah material yang bisa kedap supaya nantinya meresap dalam tanah ketika anda alirkan.

Saat proses pembuatan pupuk cair yang berasal dari sisa peternakan ini sebaiknya anda pisahkan padatan sisa kotoran sapi yang mana ikut terbawa pada air. Pemisahan ini pun bisa anda lakukan dengan cara memasang suatu penghalang yang anda taruh pada salurannya.

Anda tentunya juga bisa memanfaatkan kawat kassa untuk pemisahannya. Cara penggunaan pupuk sangkar cair ini pun bisa anda lakukan dengan cara menyemprotkan pribadi pada tanamannya atau bisa juga anda lakukan dengan menyiramkannya pada tanaman.

Dengan mengetahui banyak sekali langkah cara pembuatan pupuk sangkar dalam bentuk padat maupun cair ini tentunya bisa menginspirasi para petani untuk membuatnya sendiri di rumah. Bukan hanya bisa menghemat biaya yang anda keluarkan untuk membeli pupuk namun ternyata pupuk sangkar ini juga bisa menyuburkan tanaman.

Jadi tak ada salahnya anda memperlihatkan pupuk tersebut pada tumbuhan anda. Dengan penggunaan pupuk sangkar ini pastinya bisa mengurangi biaya yang anda keluarkan untuk membeli pupuk kimia. Bahkan selain itu pupuk sangkar ini di nilai lebih ramah pada lingkungan lantaran berasal dari materi organik yang ada di sekitar anda.

Simak juga yuk: Cara Membuat & Takaran Menggunakan Pupuk Organik Cair

Cara Aplikasi Pupuk Kandang

Dahulu orang-orang renta kita memakai pupuk sangkar sebagai materi utama untuk menyuburkan tumbuhan mereka. Dan cara ini bertahan hingga kini, meskipun memang sekarang banyak orang yang ‘ogah’ menggunakannya lantaran ribet dan agak jorok. Padahal kalau berbicara soal hasil tidak bisa dipandang sebelah mata.

Pupuk sangkar juga menyediakan semua unsur hara makro bagi tanaman, terutama nitrogen. Nitrogen yang terdapat dalam pupuk sangkar berbentuk nitrat, suatu zat yang gampang larut dan diserap akar tanaman. Bentuk menyerupai ini sama dengan yang disediakan oleh pupuk kimia sintetis.

Untuk mengaplikasikan pupuk sangkar di lahan kering bisa landung disebarkan di atas tanah dicampur ketika pengolahan tanah, diberikan dalam larikan, atau diberikan pada lubang tanam.

Untuk anda yang menanam sayuran, anda bisa pribadi memperlihatkan pupuk sangkar dalam jumlah yang besar yaitu dengan perbandingan 20-75 ton per ha. Sedangkan untuk tumbuhan pangan, menyerupai jagung dan kacang-kacangan lebih sedikit.

Memang, sumbangan pupuk sangkar ini tidak pribadi efektif pada animo tanam pertama, tapi akan memperlihatkan hasil yang signifikan sehabis diberikan pada animo tanam kedua dan selanjutnya. Hasil penelitian Balittanah terhadap tumbuhan jagung menujukkan pada sumbangan animo pertama hanya menambah hasil panen sebesar 6% tetapi pada animo kedua naik hingga 40%.

Berdasarkan hasil penelitian memang terbukti pupuk sangkar dari unggas secara umum memperlihatkan hasil yang lebih cepat dibanding kotoran sapi atau kambing, menyerupai yang sudah kami uraikan di atas.

Karena memang, nutrisi yang terdapat di dalam pupuk sangkar ayam tersedia dalam bentuk yang sanggup pribadi diserap tanaman. Sementara pada kotoran sapi dan kambing memerlukan proses penguraian terlebih dahulu.

Untuk anda yang bercocok tanam padi, pengaplikasian pupuk sangkar ini lebih sedikit dibanding lahan kering (pangan dan sayuran). Biasanya petani menggunakannya sebagai suplemen pupuk kimia dengan takaran kurang dari 2 ton per ha.

***

Bagaimana? Apa anda masih ragu untuk memakai pupuk sangkar sebagai materi utama penyubur tumbuhan anda? Wah, rugi deh kalau anda tidak menentukan pupuk kandang, lantaran selain lebih ekonomis juga lebih sehat tentunya.

Artikel terkait: Jenis dan Manfaat Pupuk Organik


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menciptakan Pupuk Sangkar Padat Dan Cair"

Posting Komentar