Telkomsel Geber Persiapan Sambut 5G Di Indonesia

Technologue.id, Jakarta – Telkomsel terus membuatkan penemuan untuk mempersiapkan koneksi jaringan 5G di Indonesia. Sebagai operator seluler di Indonesia, Telkomsel mempunyai tanggung jawab untuk mendukung pengembangan dan implementasi teknologi jaringan generasi kelima tersebut di tanah air.


Baca Juga:

Trafik Layanan Data Telkomsel Meningkat Selama Idulfitri 2019


Saat ini mereka sudah mempersiapkan untuk adopsi generasi gres dari koneksi broadband ini, namun untuk adopsinya di Indonesia masih banyak yang harus dipersiapkan.


“Di antaranya ialah kesiapan perangkat untuk membangun ekosistem 5G, termasuk alokasi spektrum yang ketika ini sedang dikaji lebih lanjut oleh pemerintah. Untuk IoT (Internet of Things) dengan 5G di Indonesia juga masih banyak yang harus dipersiapkan,” ujar Iskriono Windiarjanto, Direktur Network Telkomsel.


Dijelaskannya, teknologi 5G membutuhkan alokasi spektrum yang cukup signifikan. Pemerintah harus menyediakan sejumlah 80-100 MHz spektrum secara kontinyu bagi setiap operator di grup band utama (seperti 3,5 GHz), dan sekitar 1 GHz bagi setiap operator di grup band millimeter wave (seperti spectrum diatas 24 GHz). 3GPP sebagai organisasi standarisasi industry telekomunikasi Internasional juga sedang mempersiapkan tawaran terhadap standarisasi dari 5G NR (New Radio).


“Selanjutnya untuk tahapan komersialisasi 5G, tentunya Telkomsel menunggu izin dari pemerintah untuk membuka spektrumnya. Sedangkan kesiapan dalam hal kerjasama, kami belum menunjuk kawan jaringan untuk penggelaran 5G nasional,” lanjut Iskriono.


Baca Juga:

Gantikan Alex Sinaga, Bos Telkomsel Ditunjuk Kaprikornus Dirut Telkom


Telkomsel merupakan operator pertama yang menghadirkan pengalaman 5G di Indonesia, melalui 5G Experience di kompleks Gelora Bung Karno, selama perhelatan Asian Games 2018.


Melalui aktivasi Telkomsel 5G Experience Center, masyarakat Indonesia sanggup mencicipi eksklusif implementasi teknologi revolusioner yang nantinya sanggup meningkatkan produktivitas dan efisiensi secara nyata.


Berbagai perangkat yang diperkenalkan Telkomsel di antaranya ialah Live Streaming, Football 2020, Future Driving, Cycling Everywhere dan Autonomous Bus.


Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Telkomsel Geber Persiapan Sambut 5G Di Indonesia"

Posting Komentar