Survey Facebook: Umat Muslim Lebih Aktif Medsos Selama Bulan Ramadan

Technologue.id, Jakarta – Semakin banyak komunitas umat Muslim yang mengadopsi teknologi untuk melaksanakan bermacam-macam tradisi dengan cara yang lebih modern. Salah satunya dalam menyambut bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.


Survei Facebook menawarkan bahwa 83% responden oke bahwa ponsel membantu mereka untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan. Mayoritas responden (93%) juga setuju bahwa perangkat mobile membantu mereka untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga selama bulan suci. 89% responden juga setuju bahwa tetap terhubung itu sangat penting biar mereka sanggup mendapatkan informasi terkini selama Ramadhan.


Baca Juga:

Facebook Jauhi Huawei, Ponsel Terbaru Tak Akan Terinstal Instagram dan Whatsapp


Facebook menunjuk Kantar untuk mengadakan riset kuantitatif online di Indonesia, Turki, Amerika Serikat, Saudi Arabia, Mesir, Pakistan, Inggris, Prancis, dan Nigeria untuk memahami bagaimana orang merayakan bulan Ramadhan dan perubahan acara harian mereka. Riset ini dilakukan pada April 2019 dan melibatkan 951 responden dari Indonesia.


Mayoritas responden dari Indonesia (98%) oke bahwa Ramadhan ialah momen yang lebih penting dibandingkan perayaan lainnya, dengan 96% responden beropini bahwa Ramadhan ialah waktu untuk introspeksi diri dan berkumpul bersama komunitas.


Sejalan dengan fokus dalam hal spiritualitas, survei menawarkan bahwa bulan mulia juga mempunyai sisi sosial yang penting – 93% responden oke bahwa Ramadhan merupakan momen untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Hal ini terlihat dari cara masyarakat Indonesia memakai media umum selama Ramadhan.


Sementara itu, 96% dari masyarakat Indonesia menyampaikan bahwa mereka mengandalkan Facebook Family of Apps selama Ramadhan, dengan 85% responden menyampaikan WhatsApp sebagai sosial media favorit mereka. Terhubung dengan kerabat dan keluarga merupakan salah satu alasan utama untuk mengakses layanan Facebook selama Ramadan, diikuti dengan mencari banyak sekali konten terkait Ramadhan, mulai dari bergabung bersama grup doa di WhatsApp sampai membuatkan kutipan religi dan khotbah melalui Messenger.


Baca Juga:

Facebook Stories Dijejali 500 Juta Pengguna Aktif Setiap Hari


Survei ini juga menawarkan tingkat belanja selama bulan mulia yang berfokus pada makanan, pakaian, wisata dan kebutuhan rumah tangga. Tujuh puluh empat persen responden oke bahwa Ramadhan merupakan waktu yang sempurna untuk menikmati kuliner favorit, 70% menyampaikan ini merupakan waktu yang sempurna untuk mendapatkan promo terbaik dan 64% oke bahwa ini merupakan momen untuk memakai busana yang disukai. 84% dari responden menyampaikan mereka bepergian selama bulan mulia tahun lalu, dan sebagian besar dari mereka melakukannya jauh-jauh hari.


Sepertiga dari responden menghabiskan waktu yang sama atau lebih usang selama bulan Ramadhan untuk mencari barang yang akan dibeli. 63% dari responden menyampaikan mereka memakai Facebook dan Instagram untuk mencari pakaian dan busana, serta 45% dari mereka yang kerap berwisata memakai Facebook dan Instagram untuk merencanakan perjalanan.


Konsumen Muslim sangat terbuka untuk berkomunikasi dengan merek melalui Facebook Family of Apps. Berdasarkan survei, 58% menentukan Whatsapp sebagai saluran komunikasi dengan 50% dari mereka terbuka untuk berkomunikasi melalui Instagram, dan 41% terbuka untuk dijangkau melalui Facebook.


“Inti dari momen Ramadhan ialah waktu untuk meningkatkan elemen spiritualitas dan banyak masyarakat Indonesia yang saling terhubung dengan teknologi untuk mendukung ibadah mereka selama bulan suci ini. Momen ini juga mempunyai sisi sosial yang penting dan merek mempunyai peluang untuk membuat koneksi yang lebih berarti dengan sasaran pasar melalui konten yang inspiratif dan relevan,” kata Juru Bicara Facebook.


Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Survey Facebook: Umat Muslim Lebih Aktif Medsos Selama Bulan Ramadan"

Posting Komentar