Pembahasan Latihan Soal Berikut Akan Membuatmu Lebih Siap Hadapi Un Geografi 2017

Siapa yang suka dengan pelajaran Geografi? Well, pelajaran ini memang sangat menarik untuk ditelusuri lebih jauh. Bukan hanya sekadar studi ihwal peta lho, smart buddies. Geografi mempelajari apa, mengapa, di mana, sebab, dan akhir atas apapun yang terjadi di muka bumi ini. Bagaimana bumi terbentuk, banyak sekali elemen air, tanah, udara, dan masih banyak lagi.

Nah, menjelang UN yang sudah tinggal menghitung hari ini, coba simak dulu yuk latihan soal UN Geografi 2017 berikut. Semoga kau jadi lebih siap :)

1. Peta persebaran pekerja di pertambangan:

peta

Peta di atas disajikan dengan ....

A. simbol titik, data kualitatif
B. simbol titik, data kuantitatif
C. simbol area, data kualitatif
D. simbol area, data kuantitatif
E. simbol garis, data kualitatif

Jawaban: B

Pembahasan:

Simbol pada peta:

  • simbol titik: mengambarkan posisi suatu objek
  • simbol garis: mewakili objek yang linier
  • simbol area: memperlihatkan luasan suatu objek

Sedangkan data kuantitatif memperlihatkan jumlah. Data kualitatif adalah data info yang berbentuk kalimat mulut bukan berupa simbol angka atau bilangan.menunjukkan

geografi

2. Komposisi penduduk Indonesia berdasarkan jenis kelamin ialah laki-laki sebanyak 240 jiwa dan wanita sebanyak 380 jiwa. Sex ratio penduduk daerah tersebut ialah ... jiwa.

A. 36
B. 60
C. 63
D. 93
E. 99

Jawaban: C

Pembahasan:

geografi1

geografi

3. Wilayah Indonesia berbatasan eksklusif dengan Papua Nugini, Timor Leste dan Malaysia. Hal ini termasuk konsep lokasi ....

A. absolut
B. relatif
C. astronomis
D. geomorfologi
E. geologis

Jawaban: B

Pembahasan:

  1. Lokasi absolut: posisi suatu daerah berdasarkan garis astronomi
  2. Lokasi relatif: berdasarkan daerah sekitarnya
  3. Lokasi astronomis: berdasarkan garis astronomis yaitu garis lintang dan bujur (lokasi absolut)
  4. Lokasi geomorfologi: berdasarkan bentuk permukaan bumi
  5. Lokasi geologis: berdasarkan posisi lempeng

geografi

4. Perhatikan hal-hal di bawah ini:

(1) Luas tanah
(2) Vegetasi penutup
(3) Jenis tumbuhan
(4) Jenis tanah
(5) Iklim

Faktor-faktor yang mensugesti abrasi ialah ....

A. (1), (2), (3)
B. (1), (2), (4)
C. (1), (3), (5)
D. (2), (4), (5)
E. (3), (4), (5)

Jawaban: D

Pembahasan:

Adapun faktor-faktor yang mensugesti tinggi rendahnya tingkat abrasi yang terjadi di permukaan bumi, di antaranya sebagai berikut.

Curah Hujan

Intensitas hujan memperlihatkan banyaknya jumlah dan volume curah hujan persatuan waktu. Biasanya dinyatakan dalam mm/jam atau cm/jam.

Sifat-Sifat Tanah

Tanah dengan tekstur kasar, menyerupai pasir akan tahan terhadap abrasi lantaran butir-butir yang besar (kasar) tersebut memerlukan lebih banyak tenaga untuk mengangkut. Tekstur halus, menyerupai liat akan tahan terhadap abrasi lantaran daya ikat yang berpengaruh sehingga gumpalannya sukar dihancurkan. Tekstur tanah yang paling peka terhadap abrasi ialah bubuk dan pasir sangat halus. Oleh lantaran itu, semakin tinggi kandungan bubuk dalam tanah, tanah menjadi semakin peka terhadap erosi. Kandungan materi organik memilih kepekaan tanah terhadap abrasi lantaran materi organik memengaruhi kemantapan struktur tarrah. Tanah yang mantap akan tahan terhadap erosi.

Lereng

Erosi akan meningkat apabila lereng semakin curam atau semakin panjang. Jika lereng semakin curam, kecepatan aliran permukaan meningkat sehingga kekuatan mengangkut meningkat pula. Lereng yang semakin panjang mengakibatkan volume air yang mengalir menjadi semakin besar.

Vegetasi

Erosi dipengaruhi oleh penutupan lahan (vegetasi). Daerah di permukaan bumi dengan vegetasi yang rimbun sedikitnya akan terhindar dari terjadinya erosi. Hutan menjadi ekosistem alam yang paling efektif dalam mencegah terjadinya ancaman erosi. Sekitar 7096 dari suatu lahan di permukaan bumi harus tertutupi oleh vegetasi.

Manusia

Faktor lain yang sanggup memicu terjadinya erosi, yaiti insan sebagai makhluk yang berbudaya. Kepekaan tanah terhadap abrasi sanggup diubah oleh insan menjadi lebih baik atau buruk. Pembuatan teras-teras pada tanah berlereng curam menipakan efek baik insan lantaran sanggup mengurangi erosi

geografi

5. Keadaan Laut Jawa sama dengan bahari di Selat Malaka dan Teluk Siam, yaitu termasuk bahari yang berbentuk....

A. Palung
B. Punggung
C. Transgresi
D. Ingresi
E. Basin

Jawaban: C

Pembahasan:

Laut Jawa sama dengan bahari di Selat Malaka dan Teluk Siam merupakan bahari yang tidak dalam yang termasuk dangkalan Sunda yang terbentuk lantaran es di kutub mencair.

Secara geologi, Paparan Sunda ialah landas kontinen perpanjangan lempeng benua Eurasia di Asia Tenggara. Massa daratan utama antara lain Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, Madura, Bali, dan pulau-pulau kecil di sekitarya. Area ini mencakup daerah seluas 1,85 juta km2. Kedalaman bahari dangkal yang membenam paparan ini jarang sekali melebihi 50 meter, dan kebanyakan hanya sedalam kurang dari 20 meter, hal ini mengakibatkan kuatnya abrasi dasar bahari akhir gelombang laut. Tebing curam bawah bahari memisahkan Paparan Sunda dari kepulauan Filipina, Sulawesi, dan Kepulauan Sunda Kecil.

Pembagian bahari berdasarkan terjadinya:

  1. Laut Transgresi atau Laut Meluas, yaitu bahari yang terjadi lantaran perubahan permukaan air bahari positif, baik yang disebabkan oleh kenaikan permukaan air bahari itu sendiri atau oleh turunnya daratan perlahan-lahan, sehingga sebagian dari daratan digenangi air. Laut jenis ini pada umumnya terjadi pada kiamat glacial. Contoh: Laut Utara dan Laut Jawa.
  2. Laut Ingresi atau Laut Tanah Turun, bahari ini terjadi lantaran turunnya tanah sebagai akhir tekanan vertikal (gaya endogen) yang menimbulkan patahan. Contoh : bahari Karibia, Laut Jepang, dan Laut Tengah.
  3. Laut Regresi atau Laut Menyempit, bahari ini terjadi lantaran bahari mengalami proses penyempitan akhir adanya endapan2 di bahari yang dibawa sungai sehingga bahari tersebut mengalami pendangkalan. Contohnya : Selat Malaka.

 

Kamu lupa beberapa materi tertentu? Tenang saja, kau sanggup mempelajari materi-materi persiapan UN melalui video berguru dari RuangVideo.

Psst, setelah Geografi, masih ada mata pelajaran UN lainnya lho yang akan dibahas di blog Ruangguru. Stay tuned, smart buddies! (TN)

Lihat soal UN Bahasa Inggris 2017 di sini.

Lihat soal UN Bahasa Indonesia 2017 di sini.

Lihat soal UN Matematika Sekolah Menengan Atas (IPS)  2017 di sini.

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembahasan Latihan Soal Berikut Akan Membuatmu Lebih Siap Hadapi Un Geografi 2017"

Posting Komentar