Teks balasan merupakan bab dari genre teks eksposisi. Didalamnya terdapat argumen-argumen, ulasan-ulasan perihal sesuatu hal misalnya balasan terhadap karya tulis dan karya seni. Saat berargumen bekerjsama kita sedang beropini yang bertujuan meyakinkan oranglain. Fungsi pendapat ini berlaku juga dikala kita menanggapi sesuatu. Tanggapan menghasilkan evaluasi baik kebanggaan maupun kritikan.
Hal yang harus diperhatikan dikala memberi balasan yaitu keobjektifan dan kesantunan. Kedua hal tersebut harus berjalan bersama dalam setiap balasan yang kita buat supaya sanggup menghasilkan sebuah balasan yang bukan saja sesuai dengan fakta tapi juga sanggup membawa imbas positif.
Pada kesempatan ini saya akan membagikan teladan soal perihal teks balasan bahan Bahasa Indoensia kelas 9 SMP/MTs BAB IV semester ganjil kurikulum 2013 revisi 2018.
Penulis : Marco Kartodikmoro
Penerbit : NV Boel handel en Drukkerij Masman & Stroink, Semarang (1919), Yayasan Aksara
Indonesia (2000), Yayasan Bentang Budaya(2000)
Tebal : 133 halaman (versi Masman&Stroink)
Sumber http://armandrivay.blogspot.com
Hal yang harus diperhatikan dikala memberi balasan yaitu keobjektifan dan kesantunan. Kedua hal tersebut harus berjalan bersama dalam setiap balasan yang kita buat supaya sanggup menghasilkan sebuah balasan yang bukan saja sesuai dengan fakta tapi juga sanggup membawa imbas positif.
Pada kesempatan ini saya akan membagikan teladan soal perihal teks balasan bahan Bahasa Indoensia kelas 9 SMP/MTs BAB IV semester ganjil kurikulum 2013 revisi 2018.
Contoh Soal Teks Tanggapan dan Kunci Jawaban Terbaru
Teks 1
Buku pengkajian Puisi karya Rahmad Joko Pradopo ini pembahasannya sangat anggun alasannya yaitu dilengkapi dengan contoh-contoh analisis semiotik maupun hubungan intertekstualnya. Analisis yang cukup rinci akan menambah pengetahuan pembaca untuk memahami puisi. Buku ini pantas dimiliki pembaca yang ingin mencar ilmu memahami puisi.
Teks 2
Buku Kesenian Indonesia pada Era Global mengupas konsep budaya dan bagian-bagiannya serta jenis dan bentuk budaya Indonesia. Buku Kesenian Indonesia pada Era Global juga menjelaskan keunikan dan potensi budaya Indonesia di dunia internasional sampai realisasi diplomasi budaya Indonesia di dunia internasional. Namun, bentuk budaya Indonesia yang ditampilkan pada buku Kesenian Indonesia pada Era Global kurang mewakili budaya kawasan setiap wilayah di Indonesia.
1. Pernyataan yang benar perihal bentuk teks balasan di atas yaitu ...
a. Teks 1 berbentuk kritikan dan teks 2 berbentuk pujian
b. Teks 1 berbentuk kebanggaan dan teks 2 berbentuk kritikan
c. Teks 1 dan teks 2 berbentuk pujian
d. Teks 1 dan teks 2 berbentuk kritikian
2. Kalimat kebanggaan yang baik terhadap sebuah patung yaitu ...Sebuah karya seni kelas tinggi dari sang pelukis maestro Affandi, melukiskan sebuah pemandangan alam perkebunan cengkeh, area perkebunan berbukit yang masih alami tampak terlukis apa adanya dari alam, untuk menghidupkan suasana pada lukisan, dihadirkannya figur insan sebagai objek pendukung, tetapi inti dari lukisan, yang menyampaikan adanya kegiatan kehidupan yang menyatu dengan alam.
a. Patung tersebut mempunyai detail yang menarik, sayang goresan patung tersebut tidak rata
b. Patung tersebut mempunyai bentuk yang unik, tetapi bentuk tangan patung tidak proporsional
c. Patung yang sangat indah akan menarik untuk dinikmati oleh masyarakat.
d. Perpaduan unsur modern dan tradisional menciptakan patung ini begitu istimewa
3. Kalimat di atas bertujuan untuk ...Dalam rangka memperingati ulang tahun Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tompasobaru, OSIS Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tompasobaru mengadakan pementasan teater. Pementasan tersebut dihadiri beberapa tamu undangan, guru, pegawai dan siswa siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tompasobaru. Beberapa tamu seruan menyampaikan bahwa pementasan tersebut sangat bagus. sementara itu beberapa siswa menyampaikan bahwa pementasan tersebut sangat buruk dan tidak pantas untuk dipertunjukkan di depan tamu undangan.
a. Menunjukkan kelebihan karya
b. Menunjukkan kekurangan karya
c. Memuji karya seni lukisan Affandi
d. Mendeskripsikan karya
4. Kalimat kritikan santun yang sanggup digunakan untuk mengkritik pementasan teater tersebut adalah...Judul : Student Hidjo
a. Pementasan teater tadi hanya ibarat orang ribut saja. Cerita dalam pertunjukan tadi sulit untuk dipahami. Murid SD pun saya kira sanggup melakukannya.
b. Tidak sepantasnya pementasan ibarat itu dipertontonkan di hadapan banyak tamu undangan. Apakah panitia tidak merasa aib menampilkan pementasan ibarat itu.
c. Tetater dari Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tompasobaru masih perlu berlatih secara intensif lagi supaya penampilannya lebih meyakinkan. Jika pembenahan terhadap latihan dilakukan, saya ayakin penampilan selanjutnya akan lebih baik.
d. Kelompok teater Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tompasobaru sesungguhnya mempunyai talenta dalam seni pementasan. akan tetapi, kelompok teater tersebut kurang diperhatikan dan dibiarkan terbengkalai.
Penulis : Marco Kartodikmoro
Penerbit : NV Boel handel en Drukkerij Masman & Stroink, Semarang (1919), Yayasan Aksara
Indonesia (2000), Yayasan Bentang Budaya(2000)
Tebal : 133 halaman (versi Masman&Stroink)
5. Kutipan di atas merupakan bab struktur teks balasan yaitu konteks alasannya yaitu berisi perihal ...
a. Apa yang ditanggapi, di mana, kapan kejadian terjadi, kejadian apa, politik, sosial, budaya.
b. Bagaimana sesuatu terealisasi/diciptakan atau dihasilkan.
c. Apa yang kita pikirkan perihal sesuatu itu.
d. Identitas buku dan pengarang
Setelah sukses membesut Rindu (terbitan republika, 2014) yang mencetak best seller, Tere Liye hadir kembali dengan novel barunya, Pulang. Penulis yang telah menghasilkan lebih dari 20 buku ini menghadirkan novel dengan tema dan genre yang berbeda dibanding novel-novel sebelumnya. Tema yang dihadirkan yaitu prihal perjalanan sang tokoh utama mengarungi kehidupan melewati satu pertarungan ke pertarungan berikutnya demi memeluk dekat kesedihan dan kebencian lantas menuju ujung yakni pulang ke hakikat kehikdupan.
6. Kutipan teks di atas merupakan bab struktur teks balasan berupa...
a. Penilaian terhadap karya
b. Konteks pengarang dan karyanya
c. Deskripsi pengarang dan karyanya
d. Penilaian terhadap penerbit
Lukisan Ary Prins Karya Raden Saleh (wikipedia) |
7. Kalimat kebanggaan yang santun terhadap lukisan di atas yaitu ...
a. Lukisan Ary Prins karya Raden Saleh sangat bagus. Lukisan tersebut tampak hidup ibarat dalam foto. Tidak ibarat lukisan-lukisan yang lain.
b. Lukisan Ary Prins karya Raden Saleh sangat bagus. Lukisan tersebut tampak hidup ibarat dalam foto. Sayang lukisannya tidak jelas.
c. Lukisan itu terkesan gelap. Sebaiknya latar belakang lukisan agak terang supaya lukisan tersebut terang
d. Lukisan Ary Prins karya Raden Saleh sangat bagus. Lukisan tersebut tampak hidup ibarat dalam foto. Orang yang melihat akan terkecoh melihat foto asli. Padahal gambar tersebut merupakan lukisan.
8. Kalimat kritikan yang santun terhadap lukisan tersebut yaitu ...Demikianlah perihal Contoh Soal Teks Tanggapan dan Kunci Jawaban Terbaru Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018.
a. a. Lukisan Ary Prins karya Raden Saleh sangat bagus. Lukisan tersebut tampak hidup ibarat dalam foto. Namun, latar belakang gelap menciptakan lukisan tidak terperinci alasannya yaitu baju yang digunakan model juga berwarna gelap
b. Lukisan Ary Prins karya Raden Saleh sangat bagus. Lukisan tersebut tampak hidup ibarat dalam foto. Sayang lukisannya tidak jelas.
c. Lukisan itu terkesan gelap. Sebaiknya latar belakang lukisan agak terang supaya lukisan tersebut terang
d. Lukisan Ary Prins karya Raden Saleh sangat bagus. Lukisan tersebut tampak hidup ibarat dalam foto. Orang yang melihat akan terkecoh melihat foto asli. Padahal gambar tersebut merupakan lukisan.
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Contoh Soal Teks Tanggapan Dan Kunci Tanggapan Terbaru Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018"
Posting Komentar