Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
TEMATIK TERPADU
KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      :     SDN 1 SRATI
Kelas / Semester          :     IV (Empat) / 1
Tema 1                            :     Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1                   :     KeberagamanBudayaBangsaku
Pembelajaran                :     6
Alokasi Waktu               :     1 Hari ( Rabu, 25 Juli 2018 )


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai pedoman agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Indikator:
3.1.1 Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks tulis dalam bentuk diagram.

PPKn
1.   Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
1.4 Menerima banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2.   Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4 Memahami banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Indikator:
3.4.1 Menjelaskan rencana acara yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman agama.
4.4.1 Membuat rencana acara yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman agama.

C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.    Dengan membaca teks wacana suku Minang, siswa bisa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks tulis wacana keragaman sosial dan budaya suku Minang secara dengan benar.
2.    Dengan membaca teks wacana suku Minang, siswa bisa menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks tulis wacana keragaman sosial dan budaya suku Minang dengan benar.
3.    Setelah membaca teks wacana suku Minang, siswa bisa menjelaskan rencana acara yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah dengan Buatlah rencana acara yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah secara terstruktur.
4.    Setelah membaca teks wacana suku Minang, siswa bisa menciptakan rencana acara yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah dengan Buatlah rencana acara yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah secara terstruktur.

v   Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø  Bahasa Indonesia dan PPKn  :  Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”.Integritas
¡   Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§   Guru memberikan bahwa warga yang baik ialah warga yang bisa memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama.(Mengkomunikasikan)
§   Siswa membaca informasi di buku siswa.Literasi
§   Siswa membaca kembali teks wacana Suku Minang.(Mengamati)
§   Siswa menemukan dan menuliskan gagasan pokok dan gagasanpendukung untuk setiap paragraf pada diagram yang terdapat dalam bukusiswaMandiri
§   Siswa menuliskan kesimpulan wacana perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung di buku siswa.
§   Siswa menciptakan rencana acara yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah mereka.Integritas

150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas
¡   Bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukanpenilaianhasilbelajar
¡   Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religiu

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).


Mengetahui
Kepala SDN 1 Srati


 ______________________
        
Srati, 25 Juli 2018
Guru Kelas IV



_____________________ 





Lampiran 1
F.      MATERI
¡  Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks
¡  Menyajikan keberagaman yang terdapat di wilayah sekitar

G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
































Lampiran 2
H.     PENILAIAN
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanantingkahlaku
Santun
Peduli
TanggungJawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
JUNIASTI EKA P












2
M. SANI JAUFA LAILAN












3
MUHAMMAD ABDUL F












4
YAHYA TSANI












5
AGRA SOLEH S












6
AHMAD IRFAN KH












7
ATIQOH UMMU  S












8
KHOERUL MANKHOFA












9
LATIFATUM MARDIANA












10
MINDIA APRILIANI












11
NAUFAL AHNAF ZAKI












12
NUR DEWI PUTRI ANDINI












1
SFA KHANIFATUN N












3
TEFA ARLIZA












14
YOGI FERDIANSYAH












15
JUNIASTI EKA P












Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4

1. Bahasa Indonesia
Diagram gagasan pokok dan gagasan pendukung dinilai dengan rubrik.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Gagasan Pokok
Seluruh gagasan
pokok ditulis
dengan tepat
untuk setiap
paragraf.
Sebagian besar
gagasan pokok
ditulis dengan
tepat untuk
setiap paragraf.
Sebagian kecil
gagasan pokok
ditulis dengan
tepat untuk
setiap paragraf.
Seluruh gagasan
pokok tidak
ditulis dengan
tepat untuk
setiap paragraf.
Gagasan
Pendukung
Seluruh gagasan
pendukung
ditulis dengan
tepat untuk
setiap paragraf.
Sebagian
besar gagasan
pendukung
ditulis dengan
tepat untuk
setiap paragraf.
Sebagian
kecil gagasan
pendukung
ditulis dengan
tepat untuk
setiap paragraf.
Seluruh gagasan
pendukung tidak
ditulis dengan
tepat untuk
setiap paragraf.
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.






2. PPKn
Rencana acara yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dinilai dengan rubrik.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Rencana
penerapan nilai
persatuan dan
kesatuan di
rumah
Menyebutkan
paling sedikit 4
contoh perilaku
yang sudah
dan belum
mencerminkan
nilai persatuan
dan kesatuan di
rumah dengan
benar.
Menyebutkan
paling sedikit 3
contoh perilaku
yang sudah
dan belum
mencerminkan
nilai persatuan
dan kesatuan di
rumah dengan
benar.
Menyebutkan
paling sedikit 2
contoh perilaku
yang sudah
dan belum
mencerminkan
nilai persatuan
dan kesatuan di
rumah dengan
benar.
Menyebutkan
paling sedikit 1
contoh perilaku
yang sudah
dan belum
mencerminkan
nilai persatuan
dan kesatuan di
rumah dengan
benar.
Rencana
penerapan
nilai persatuan
dan kesatuan
di lingkungan
rumah
Menyebutkan
paling sedikit 4
contoh perilaku
yang sudah
dan belum
mencerminkan
nilai persatuan
dan kesatuan
di lingkungan
rumah dengan
benar.
Menyebutkan
paling sedikit 3
contoh perilaku
yang sudah
dan belum
mencerminkan
nilai persatuan
dan kesatuan
di lingkungan
rumah dengan
benar.
Menyebutkan
paling sedikit 2
contoh perilaku
yang sudah
dan belum
mencerminkan
nilai persatuan
dan kesatuan
di lingkungan
rumah dengan
benar.
Menyebutkan
paling sedikit 1
contoh perilaku
yang sudah
dan belum
mencerminkan
nilai persatuan
dan kesatuan
di lingkungan
rumah dengan
benar.
Rencana
penerapan
nilai persatuan
dan kesatuan
di lingkungan
sekolah.
Menyebutkan
paling sedikit 4
contoh perilaku
yang sudah
dan belum
mencerminkan
nilai persatuan
dan kesatuan
di lingkungan
sekolah dengan
benar.
Menyebutkan
paling sedikit 3
contoh perilaku
yang sudah
dan belum
mencerminkan
nilai persatuan
dan kesatuan
di lingkungan
sekolah dengan
benar.
Menyebutkan
paling sedikit 2
contoh perilaku
yang sudah
dan belum
mencerminkan
nilai persatuan
dan kesatuan
di lingkungan
sekolah dengan
benar.
Menyebutkan
paling sedikit 1
contoh perilaku
yang sudah
dan belum
mencerminkan
nilai persatuan
dan kesatuan
di lingkungan
sekolah dengan
benar.
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.

Pengayaan
§  Apabila ada waktu tersisa, siswa bisa berlatih menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks perhiasan yang disediakan guru.

Remedial
§  Siswa yang belum bisa memilih gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan baik sanggup diberikan beberapa materi bacaan yang lebih sederhana dan diminta untuk menggarisbawahi gagasan pokok paragraf demi paragraf di bawah aba-aba dari guru.




Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 6"

Posting Komentar