Manfaat Pupuk Kalsium Bagi Pertumbuhan Tanaman

Pupuk Kalsium – Di kala animo hujan, acara menanam merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi para petani tumbuhan hortikultura. Pasalnya, cuaca yang cenderung lembab dan berair seringkali memunculkan adanya serangan penyakit secara massive pada tanaman, contohnya saja jamur.

Jika sudah begini, tidak jarang para petani merugi karena terancam gagal panen. Imbasnya, tentu saja terjadi kelangkaan hasil panen dan semakin meningginya harga produk dari materi baku tersebut. Oleh karenanya, menunjukkan pupuk kalsium sangat diharapkan untuk memperkuat tanaman.

 acara menanam merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi para  Manfaat Pupuk Kalsium Bagi Pertumbuhan Tanaman
Manfaat Pupuk Kalsium via Mitolam

Lalu kira-kira selain itu, apa saja sih manfaat pupuk ini untuk pertumbuhan tanaman? Penasaran? Langsung saja simak ulasannya ya!

Mengenal Kalsium pada Tanaman

Kalsium atau yang dalam unsur periodik disimbolkan dengan Ca, merupakan unsur golongan 2A yang tergabung dalam jenis logam alkali tanah dan bersifat basa. Selain itu, kalsium juga termasuk unsur makro sekunder bersama dengan sulfur dan magnesium karena kiprah vitalnya dalam siklus fisiologis tanaman.

Kalsium bertugas untuk penyusun dinding sel, pengatur sintesis protein, perangsang titik tumbuh pucuk gres pada daun dan akar, serta bertugas menghambat penuaan sel pada tanaman. Lengkap, bukan?

di dalam bidang pertanian, bentuk-bentuk kalsium yang sering digunakan ialah kalsium karbonat (CaCO3), kalsium oksida (CaO), kalsium hidroksida (Ca(OH)2, kalsium silikat (Ca-SiO3), dan dolomit (CaMg(CO3)2. Zat ini nantinya diserap tumbuhan dalam bentuk ionnya.

Itulah mengapa kalsium yang ada di dalam tanah bersumber dari mineral tanah primer. Mineral tersebut antara lain kalsit (CaCO3), gipsum (CaSO4), dan Ca-posfat serta dolomit (CaMg(CO3)2. Ion-ion ini mempunyai muatan positif  sehingga nantinya sanggup diikat koloid tanah untuk persediaan tanaman.

Manfaat Kalsium Bagi Pertumbuhan Tanaman

Kalsium mempunyai beberapa manfaat untuk pertumbuhan tanaman. Selain untuk memperkuat tanaman, fungsi sumbangan pupuk ini ialah untuk merangsang pertumbuhan akar, mempermudah absorpsi kalium, dan sebagai faktor pembatas dalam pembentukan dinding sel. Hal tersebut nantinya secara tak eksklusif akan menciptakan kalsium seakan-akan bertugas mensugesti pembelahan sel tumbuhan itu sendiri.

Dari semua kelebihan memakai pupuk kalsium pada tanaman, satu yang sangat bermanfaat ialah fakta bahwa kalsium sanggup menetralkan reaksi asam dalam tanah. Pengaplikasian pupuk ini dalam skala pH rendah ternyata sanggup meningkatkan nilai pH tanah menjadi netral lho.

Alhasil, secara tidak eksklusif kalsium juga berperan mencegah timbulnya patogen tular pada tanah, contohnya saja Fusarium dan Ralstonia yang banyak ditemukan pada tanah pH rendah. Maka jangan heran jikalau memberi kalsium sanggup menciptakan tumbuhan tumbuh dengan baik ya guys.

Maka dari itu mengingat besarnya manfaat kalsium, tidak memberi pupuk zat satu ini terperinci akan sangat merugikan tanaman. Pasalnya, kekurangan kalsium sanggup menciptakan tumbuhan sangat rentan terhadap infeksi, mulai dari jamur hingga kuman patogen. Selain itu, mobilitas gula dalam tumbuhan juga akan meningkat sehingga ketersediaan alami kalsium dalam tumbuhan juga akan semakin berkurang.

Ciri-Ciri Tanaman Kekurangan Kalsium

Nah, untuk mengetahui ciri tumbuhan yang sedang defisiensi kalsium, maka ada cara gampang untuk menerkanya. Cukup perhatikan saja fisik tumbuhan dan kau akan menemukan apakah tumbuhan tersebut mengalami kekurangan kalsium atau tidak.

Perhatikan apakah tumbuhan mempunyai bunga-bunga yang gampang rontok, buah yang gampang pecah dan sering mengalami blossom rot alias busuk pada ujungnya, serta apakah sering mengalami internal rot alias busuk berwarna coklat pada dagingnya.

Jika itu semua ada pada fisik buah, dibarengi dengan daya simpan buah itu sendiri yang tidak bertahan lama, maka sudah sanggup dipastikan jikalau tumbuhan tersebut mengalami kekurangan kalsium.

Selain dari buah dan bunga, mengetahui defisiensi kalsium pada tumbuhan sanggup melalui daun-daunnya. Perhatikan apakah daun tersebut gampang berkeriput dan mengering.

Jika iya, maka daun tersebut mengalami pertumbuhan sistem akar yang terhambat dan disebabkan karena kurangnya unsur satu ini. pasalnya, imbas eksklusif kurangnya kalsium pada flora ialah terkumpulnya zat-zat lain di dalam jaringan sehingga menurunkan daya tumbuh tanaman.

Namun, jikalau kekurangan unsur kalsium itu tidak baik, maka terlalu berlebih mengandung kalsium pada flora juga tidak disarankan. Pasalnya, flora sanggup kekurangan cairan tubuh pada animo kering.

Selain itu, tingginya kalsium pada tumbuhan juga sanggup mengurangi unsur lain, contohnya kalium (potassium), zinc, boron, dan magnesium. Ciri fisiknya mungkin sanggup kau temukan pada penampakan daun yang lebih gelap dari seharusnya serta siklus pembungaan flora yang terhambat.

Cara Pengaplikasian Pupuk Kalsium

Lantaran sejuta manfaatnya, pengaplikasian pupuk kalsium sangatlah dianjurkan. Selain menciptakan tumbuhan tidak gampang terinfeksi jamur atau bakteri, kalsium menghambat patogen lainnya dan meningkatkan kinerja tumbuhan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, memberi pupuk ini sanggup mencegah daun dan buah busuk. Tapi tahukah kau jikalau kalsium juga sanggup memperbaiki kualitas buah kala panen?

Nah, asal tahu saja, kalsium nyatanya berperan mengatur proses sintesis protein dan menghambat penuaan sel pada flora sehingga nantinya akan menjadikan hasil panen sanggup disimpan lebih lama. Hal ini terjadi karena kalsium menciptakan dinding sel buah menjadi lebih tebal. Hebat, bukan?

Sementara itu untuk pengaplikasiannya, kau cukup menunjukkan pupuk kalsium sehabis 1 ahad dari hari pertama tanam. Beri pupuk dari masa itu hingga masa panen terjadi, entah itu untuk tumbuhan sayuran, pangan, ataupun untuk tumbuhan buah-buahan.

Usahakan beri sesuai takaran yang dianjurkan. Kamu tahu bukan bagaimana nasib tumbuhan jikalau kekurangan dan kelebihan zat satu ini? Maka dari itu, harap berhati-hati ya!

Baca juga: Manfaat dan Cara Menggunakan Pupuk SP 36

Merk Dagang dan Harga Pupuk Kalsium

Bagi yang masih belum paham brand pupuk kalsium apa yang bagus, damai saja. Pasalnya di pasaran banyak beredar bermacam-macam jenis dan brand pupuk satu ini.

Merk-merk tersebut antara lain CANITA (Calcium Nitrate) dan Calcium Super (55% CaO) Cap Tawon yang mempunyai harga normal sekitar Rp 27.000 per kilonya, CANTIK (Calcium Ammonium Nitrate 12% CaO) dengan harga normal sekitar Rp 14.500 per kg, dan Meroke CALNIT (Calcium Nitrate 26% CaO) yang harganya sekitar Rp 25.000 per kg. Ada juga YARA Liva CALCINIT (19% CaO) dengan harga Rp 22.500 per kg dan terakhir brand CNG CALCINIT Pak Tani (26,5% CaO) dengan harga Rp 20.000 per kg.

Tentunya semua brand ini sering digunakan oleh petani sayur dan juga dikemas dengan baik serta mengandung kalsium yang sesuai takaran. Umumnya, kau sanggup menemukan pupuk yang mengandung kalsium tinggi dalam kemasan pupuk daun.

Hal ini karena kalsium dinilai akan lebih efektif jikalau digunakan sebagai pupuk daun atau foliar fertilizer yang pengaplikasiannya dengan cara disemprot dengan takaran yang sesuai anjuran.

****

Nah, demikianlah ulasan mengenai manfaat sumbangan pupuk kalsium pada pertumbuhan tanaman. Tidak hanya memperkuat saja, kalsium juga sanggup memberi segudang manfaat yang sangat berarti untuk tumbuh kembang tumbuhan itu sendiri. Semoga klarifikasi ini bermanfaat dan sanggup menjadi sumber referensimu dalam menyebarkan bisnis tanam.

Artikel terkait: Jenis Pupuk NPK dan Manfaatnya untuk Tanaman


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Pupuk Kalsium Bagi Pertumbuhan Tanaman"

Posting Komentar