Buat Liburanmu Lebih Seru Dengan 5 Kerajinan Tangan Berikut Ini!

Hai, smart buddies! Meskipun harus di rumah, bukan berarti kau tidak sanggup menerima liburan seru lho. Yuk, coba mencar ilmu hal baru! Eits, bukan mencar ilmu akademik menyerupai di sekolah kok. Simpan bukumu sejenak, mari melaksanakan acara tangan! Ingat dengan pelajaran prakarya yang menyenangkan dulu? Nah, kau sanggup membuat keseruan itu lagi lho. Berikut 5 kerajinan tangan yang patut dicoba selama liburan ini. Check them out

1. Scrapbooking

Ingin menimbulkan cetakan foto kau lebih ciamik? Kamu sanggup mencoba scrapbooking nih, smart buddies. Gunakan gunting, lem, pita, dan banyak sekali pernak-pernik supaya makin fancy dan artsy. Padu padankan juga dengan kancing, selotape, sampai benang yang kau miliki. Eits, tidak harus beli baru, lho. Barang-barang bekasmu pun sanggup kau olah semoga menjadi berkhasiat kembali.

 

kerajinan tangan - Hasil scrapbooking foto Hasil scrapbooking foto. (Sumber: pinterest.com)

 

Secara umum, scrapbooking merupakan metode menyajikan memorabilia dalam bentuk buku, kotak, ataupun kartu. Pada objek foto, scrapbooking biasanya dipakai untuk menambahkan catatan penting yang berafiliasi dengan kisah foto. Cara ini sanggup juga untuk mempercantik buku agenda kau di semester depan lho.

 

kerajinan tangan - Berbagai alat untuk melancarkan scrapbooking kamu Berbagai alat untuk melancarkan scrapbooking kamu. (Sumber: wikimedia.org)

 

2. Paper quilling

Secara harafiah, kerajinan ini dasarnya memang menggulung kertas. Gulungan-gulungan tersebut dibuat sesuai kebutuhan. Dapat berupa petal bunga, bentuk tetesan air, bahkan berbentuk kotak. Selanjutnya, semua bentuk itu digabungkan untuk membentuk objek yang diinginkan.

 

kerajinan tangan - Kreasi paperquilling Kreasi paperquilling. (Sumber: youtube.com)

 

Biasanya toko-toko kerajinan menyediakan kertas berukuran kecil khusus untuk paperquilling. Bila ingin lebih berhemat kau sanggup membuat sendiri dari kertas A4 warna ataupun spectra kok. Kamu hanya perlu memotong secara manual dengan penggaris dan cutter. Pen quilling juga akan mempermudahmu dalam menggulung kertas. Gunakan lem kertas untuk menggabungkan antar gulungan kertas.

 

kerajinan tangan - Pen quillling mempermudah pekerjaan menggulung kertas Pen quillling mempermudah pekerjaan menggulung kertas. (Sumber: aliexpress.com)

 

3. Embroidery

Ingin mempercantik koleksi pakaian-pakaian usang kamu? Atau ingin memberi aksen gres pada banyak sekali kemeja polosmu? Yuk, terapkan teknik embroidery atau menyulam!

 

kerajinan tangan - Menyulam benang pada pakaian motif polos Menyulam benang pada pakaian motif polos. (Sumber: flaxandtwine.com)

 

Jarum yang dipakai untuk menyulam ialah jenis jarum jahit tangan yang mempunyai lubang pada ujungnya. Sementara, untuk mengatur tegangan pada kain dipakai alat berjulukan span ring yang biasanya terbuat dari kayu ataupun materi plastik. Jangan lupa siapkan benang warna-warni sesuai kreasi yang ingin kau wujudkan.

4. Crocheting & knitting

Siapa bilang acara merajut hanya identik dengan acara nenek-nenek? Menurut studi Dr Rosebud Roberts dari Mayo Clinic di AS, partisipan yang mempunyai ketertarikan pada seni, kerajinan tangan, dan acara sosial mempunyai resiko lebih rendah mengidap mild cognitive impairment (MCI). Suatu keadaan transisi antara pengurangan fungsi kognitif akhir penuaan dan penyakit dimensia.

 

kerajinan tangan - Amigurumi Totoro dari hasil crocheting Amigurumi Totoro dari hasil crocheting. (Sumber: ravelry.com)

 

Dalam Bahasa Indonesia, kedua kata ini biasa diterjemahkan dengan kata merajut. Sama-sama acara menjalin benang sampai mempunyai fungsi tertentu, crocheting hanya membutuhkan 1 jarum biasa disebut hakpen dan knitting harus menggunakan 2 jarum berjulukan breien. Perbedaan selanjutnya terlihat pada hasil rajutannya. Pakaian yang dibuat dengan teknik crocheting mempunyai susunan yang lebih renggang sehingga cocok untuk pakaian kawasan tropis.

 

kerajinan tangan - Teknik crocheting Teknik crocheting. (Sumber: wikihow.com)

 

Modal yang diharapkan selanjutnya ialah benang. Kamu sanggup menentukan benang sesuai kebutuhan barang apa yang ingin dibuat. Benang katun biasa dibuat untuk unwearable things (barang yang tidak dikenakan) menyerupai tas dan bros, sementara untuk membuat pakaian biasa dipilih benang rayon.

5. Beading

Suka dengan aksesoris-aksesoris lucu? Dibanding beli dalam bentuk jadi, bagaimana kalau membuat desain kalung bahkan gelang versimu sendiri? Bahkan kau berpeluang membuat tren gres lho. Tertarik mencoba?

 

kerajinan tangan - Berkarya dengan manik-manik Berkarya dengan manik-manik. (Sumber: pandahall.com)

 

Intinya, beading ialah merangkai manik-manik dengan menggunakan kabel atau tali sampai terbentuk aksesoris. Pada tahap lebih lanjut, macam-macam jenis tang (pliers) dipakai sesuai kebutuhan.

 

kerajinan tangan - Bermacam tang yang dipakai untuk kerajinan beading Bermacam tang yang dipakai untuk kerajinan beading. (Sumber: thrfun.com)

 

Setelah menyimak ulasan di atas, apakah kau tertarik mencobanya selama liburan ini? Untuk membantumu belajar, kau juga sanggup lho menemukan guru banyak sekali kerajinan tangan di RuangLes. Psst, sanggup kegiatan ini sanggup juga membuatmu tambahan uang jajan lho. Coba mulai tawarkan barangmu dari bundar paling dekat, keluarga, saudara, teman-teman, bahkan tetanggamu. Berani coba, smart buddies? (NM/TN)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buat Liburanmu Lebih Seru Dengan 5 Kerajinan Tangan Berikut Ini!"

Posting Komentar