✔ Wirausaha Es Lilin Dan Es Puter


Saya seringkali kangen juga menimati rasa es lilin dan es puter yang ketika ini sudah mulai sulit untuk dijumpai. Memang, ada beberapa resto yang terkadang masih menjajakan es kesayangan tersebut namun secara umum sudah mulai sulit untuk menikmati kembali kelezatan es tempoe doloe ini. Rasa es lilin dan es puter yang ditawarkan memang sangat khas rasa nusantara alasannya ialah memang berasal dari bahan/rempah yang memberi rasa unik. Rasa pilihan es lilindan es puter biasanya memang tidak aneh-aneh, hanya mengatakan rasa coklat, mocca, kacang ijo, durian, vanila, nangka dll.

Peluang sebagai wirausaha es lilin dan es puter ialah sebuah proposal yang masih terbuka alasannya ialah banyak konsumen yang ingin merasakan kembali jaman baheula ketika beliau masih anak-anak. Saat ini memang dipasaran sangat banyak produsen es cream yang berskala industri besar dengan mengatakan banyak sekali macam rasa. Namun es lilin dan es puter ini memang tidak menantang mereka untuk bersaing secara “head to head” alasannya ialah tema yang ditawarkan disini memang agak berbeda yaitu menjual kembali kenangan nostalgia sembari menikmati kelezatan es lilin dan es puter itu sendiri. Coba jikalau anda berkesempatan berkunjung ke pasar asemka – jakarta pusat, disana banyak dijajakan es potong yang penggemarnya tidak kunjung surut. Es potong ini kembali menyegarkan memori konsumen akan masa silam mereka.

Cara pembuatan es lilin dan es puter ini juga tidak terlampau ribet. Hal ini terbukti jaman dahulu dimana masyarakat yang masih minim teknologi saja sudah bisa membuat es yang nikmat dan dalam banyak sekali rasa.  Ini ialah resep membuat es lilin dengan rasa kacang hijau. Bahan-bahannya ialah sebagai berikut :
Kacang hijau 250 gram (rendam dahulu semalaman supaya memudahkan dalam merebus)
Gula pasir 500 gram
Air matang 1500 cc (1,5 liter)
Daun pandan 3 lembar
Santan kelapa kental 500 ml
Plastik kemasan es lilin 
Cetakan es lilin
Sedangkan cara pengolahannya ialah sebagai berikut:
Rebus kacang hijau hingga empuk
Panaskan air hingga mendidih ditambah gula pasir
Tambahkan daun pandan dan santan kental
Masak sembari diaduk-aduk hingga mendidih dengan api kecil.
Kemudian angkat dan dinginkan
Siapkan alat cetakan es lilin
Dalam masing-masing cetakan, masukkan 1 sendok teh kacang hijau + gabungan santan dan gula
Ulangi hingga semua materi habis
Masukkan cetakan es lilin ke dalam freezer
Tunggu hingga es lilin mengeras
Pemasaran es puter ini relatif luas konsumennya alasannya ialah banyak orang yang menyukai es puter dan es lilin baik renta atau muda. Pemasaran bisa melalui kerjasama dengan pihak lain atau dipasarkan sendiri dengan membuat gerai di mall, sekolah, rumah/kios, minimart. Kerjasama dengan pihak lain bisa dengan konsinyasi/reseller dengan banyak sekali resto yang ada, seringkali konsumen yang sedang menunggu sajian pesanan sebelum tiba akan tertarik dengan adanya es lilin ini dan jadinya ikutan mencicipi.

Kenikmatan wirausaha es lilin dan es puter ini bukan tidak ada hambatan selain potensi pasar yang cukup bagus. Kendala dalam berjualan es menyerupai pada umumnya yaitu problem cuaca. Pada ekspresi dominan penghujan ialah masa paceklik jualan es alasannya ialah suhu ketika itu relatif hirau taacuh sehingga kurang cocok untuk mengkonsumsi es lilin yang hirau taacuh rasanya. Namun kondisinya akan berbalik dikala ekspresi dominan panas/ kering minum es lilin/puter akan lebih nikmat untuk mengurangi suhu yang panas. Kendala lain dalam perjuangan ini ialah problem penyediaan alat simpan/freezer yang mahal harganya, jadi semakin banyak kita menjalin kawan maka kebutuhan modal perjuangan akan semakin meningkat. Namun untuk menyiasatinya sanggup melaksanakan seleksi lokasi yang strategis saja, dimana hanya menentukan restoran yang mempunyai pengunjung banyak saja yang dipilih untuk menekan modal perjuangan tersebut. Selamat Wirausaha.

Referensi Usaha :

Bengkel Alat Es Puter dan Peralatan Es Goyang
JOMBANG, Jl. Ki Hajar Dewantara 12 D, Kel. Jombatan, Kab. Jombang, Jawa Timur,
Telp (0321) 873189

KEDIRI, Jl. Ahmad Dahlan No. 234, Kota Kediri (Samping Radio Andika FM)
Customer Service : 081335080365

Maksindo
Jakarta : 021-46835767
Surabaya : 031-5011631
Bandung : 022-7537638
Malang : 0341-4345981 

Ditulis oleh DuniaWirausaha.com.

Sumber http://wirausahainfo.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "✔ Wirausaha Es Lilin Dan Es Puter"

Posting Komentar