Sistem Ekonomi Pancasila

Pengertian Sistem Ekonomi Pancasila ialah salah sati penataan ekonomi dimana palaksanaannya sangat dijiwai oleh ideologi Pancasila, didalamnya terkandung makna demokrasi ekonomi yaitu acara ekonomi yang dilakukan berdaarkan usha bersama berdasarkan kekeluargaan dan kegotong royongan dari,oleh,dan untuk rakyat dibawah pimpinan dan pengawasan pemerintah.Sistem ekonomi Pancasila(SEP) merupakan sistem ekonomi yang digali dan dibangun dari nilai-nilai yang dianut dalam masyarakat indonesia.Beberapa prinsip dasar yang ada dalam SEP tersebut antara lain berkaitan drngan prinsip kemanusiaan,nasionalisme ekonomi, demokrasi ekonomi dan diwujudkan dalam ekonomi kerakyatan, dan keadilan.

Ciri-ciri Sistem ekonomi Pancasila

Ciri pokok sistem ekonomi Pancasila terdapat didalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 33, dan GBHN Bab III B.No.14.
 Pengertian Sistem Ekonomi Pancasila ialah salah sati penataan ekonomi dimana palaksanaan SISTEM EKONOMI PANCASILA

Adapun Ciri-ciri pokok sistem ekonomi Pancasila sebagai berikut;
1. Perekonomian disusunsebagai perjuangan bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan
2. Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
3. Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipakai sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.
4. Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian,serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.
5. Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam Undang-undang.

Berdasarkan GNHN BAB III B No.14 sebagai berikut;
Pembangunan ekonomi yang yang didasarkan kepada demokrasi ekonomi menentukan bahwa masayarakat harus memegang peanan aktif dalam acara pembangunan.Oleh sebab itu maka pemerintah pemerintah berkewajiban memeberikan pengarahandan bimbingan terhadap pertumbuhan ekonomi serta membuat iklim yang sehat bagi pperkembangan dunia usaha; Sebaliknya dunia usaha  perlu memperlihatkan balasan terhadap pengarahan dan biimbingan serta penciptaan iklim tersebut dengan acara yang nyata.

Ciri-ciri sistem ekonomi Pancasila berdasarkan Para Ahli:

Ciri-ciri sistem ekonomi Pancasila berdasarkan Mubyarto
Konsep ekonomka etik ekonomi Pancasila  oleh Mubyarto dalam bukunya sistem dan etika Ekonomi Pancasila dicirikan sebagai berikut;
1. Roda perekonomian digerakkan oleh angsangan ekonomi, etika dan sosial.
2. Ada kehendak berpengaruh dari seluruh anggoa masyarakat untuk mewujudkan suasana meratanya kehidupan sosial ekonomi.
3. Prioritas budi ekonomiadalah pengembangan ekonomi nasional yang berpengaruh dan tangguh, yang berarti nasionalisme selalu menjiwai setian budi ekonomi.
4. Koperasi merupakan soko guru peekonomian nasional.
5. Adanya imbangan yang terperinci dan tegas antara sentralisme dan deentralisme budi ekonomi untuk menjamin keadilan ekonomi dan keadilan sosial dengan sekaligusmenjaga efisiensi dan pertumbuhan ekonomi.

Selain dari Prof Mubyarto masih ada lagi pendapat lain menyerupai Prof.Boediyono (mantan wakil presiden RI) Semasa periode kedua Presiden SBY.mengatakan bahwa sistem ekonomi pancasila dicirikan oleh lima hal sebagai berikut:
1. Koperasi ialah sokoguru perekonomian nasional
2. Manusia ialah "economic man" sekaligus "social and religious man"
3. Ada kehendak sosial yang berpengaruh kearah egalitarianisme dan kemertaan sosial.
4. Priotitas utama kebijakan diletakkan pada penyusunan perekonomian nasional yang tangguh.
5. Pengandalan pada sistemdesentralisasi dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan ekonomi, diimbangi dengan perencanaan yang berpengaruh sebagai pemberi arah bagi perkemmbangan ekonomi menyerupai yang dicerminkan dalam keinginan koperasi.

Emil Salim mantan menteri lingkungan hidup pada kala Orde Baru, didalam bukunya "membangun koperasi dan sistem ekonomi Pancasila",mengatakan bahwa ciri-ciri Sistem Ekonomi Pancasila sebagai berikut;
1. Peranan negara ialah penting namun tidak dominan, dan begitu juga peranan pihak swasta yang posisinya penting namun tidak mendominasi.
2. Modal ataupun buruh tidak mendominasi perekonomian sebab didaari atas asas kekeluargaan antar sesama manusia.
3. Masyarakat ialah penggalan yang penting dimana acara produksi dilakukan oleh semua untuk semua serta serta dipimpin dan diawai oleh anggota masyarakat.
4. Yang menguaai hajat hidup oang banyak ialah negara/pemerintah.contoh hajad hidup orang banyak yakni menyerupai ,air,bahan bakar minyak/BBM, Pertambangan/hsil bumi, dan lain-lain.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM EKONOMI PANCASILA

Kelebihan:
1. Perekonomian disusun sebagai perjuangan berama berdasar atas asas kekeluargaan.
2. Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajad hidup rakyat dikuasai oleh negara.
3. Bumi dan air dan kekayaan alamyang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara da dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.
4. Sumber-sumber kekayaan dan keuangan negara dipakai dengan permufakatan forum perwakilan rakyat serta pengawasan terhadap kebijakannya ada pada forum perwakilan rakyat pula.
5. Warga Negara mempunyai kebebasan dalam menentukan pekerjaan yang dikehendaki serta memounyai hak akan pekerjaan dan penghidupsn ysng layak.
6. Hak milik perorangan diakui dan pemanfaatannya dihentikan bertentangan dengankepentingan masyarakat.
7. Potensi, inisiatif dan daya kreasi setiap warga negara diperkembangkan sepenuhnya dalam batas yang tidak merugikan kepentingan umum.
8. Fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara.
JUY-505 Ooshima Yuuka  https://oload.win/f/6BQ__trPabw

Kekurangan sistem ekonomi Pancasila

Barangkali sudah menjadi suatu komitmen dalam khidupan ini bahwa sebaik-baiknya sesuatu niscaya terdetik didalamnya beberapa kekurangan, kekurangan itu yang perlu dihindari dalam sistem perekonomian kitakarena bersifat kontradiktif dengan nilai-nilai kepribadian bangsa indonesia ialah sebagai berikut;
1. Sistem Free fight liberalism (sistim persaingan bebas yang saling menghancurkan)
2. Sistem terpusat, yang sanggup mematikan potensi,kreasi dan inisiatif warga masyarakat.
3. Pemusatan kekuatan ekonomi pada satu kelompok dalam bentuk menopoli yang merugikan masyarakat.
Kritikan terhadap sistem ekonomi Pancasila.
Sistem ekonomi pancasila dinilai oleh kalangan menyerupai frans seda, ialah sebuah sistem ekonomi yang utopia atau angan-angan. Karena jikalau sebuah sistem yang tidakberada pada kedua sistem sosialisme dan liberalime itu hanya dimilik oleh malaikat katanya.

Fungsi sistem ekonomi Pancasila

1. Menyediakan perangsang untuk berproduksi
2. Menyediakan cara/metode untuk mengkoordinasi acara individu dalam suatu perekonomian.
3. Menyediakan prosedur tertentu biar pembagian hasil produksi diantara anggota masyarakat sanggup terealisasi sebagaimana mestinya.
Berdasar dari uraian mengenai sistem ekonomi pancasila maka penulis menilai bahwa sistem ekonomi pancasila ialah menyerupai dengan sistem akonomi adonan antara sistem ekonomi tradisional,sistem ekonomi sosialis, dan sistem ekonomi liberal. Baca juga: SISTIM EKONOMI TRADISIONAL

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem Ekonomi Pancasila"

Posting Komentar