Rekan Kerja, untuk sanggup diterima dalam suatu perusahaan, Anda tentu perlu mengajukan lamaran terlebih dahulu. Tidak perlu mengantarkan lamaran satu persatu ke perusahaan yang Anda inginkan, kini sistem pencarian kerja telah beralih ke sistem elektronik.
Dengan berkembangnya teknologi yang ada, sebagai generasi milenial, Anda harus lebih aktif dan inisiatif mencari cara untuk bisa sukses mengajukan lamaran di kurun digital. Bagaimana caranya? Berikut kami telah rangkum poin-poinnya untuk Anda.1. Pastikan isi CV terperinci dan ringkas
Buat CV dengan isi yang terperinci dan ringkas (Sumber: cvanonyme.fr)
Hal pertama yang harus Anda siapkan sebelum melamar pekerjaan yaitu menyiapkan Curriculum Vitae (CV). Namun tidak sembarang menciptakan CV, agar kemungkinan lamaran dilirik perusahaan semakin tinggi, buatlah isi CV Anda sejelas dan seringkas mungkin. Masukan info yang sanggup mengambarkan kemampuan Anda menyerupai pengalaman kerja dan prestasi. Tidak perlu semua info Anda cantumkan, cukup yang berafiliasi dengan pekerjaan yang Anda lamar saja.
Perlu diingat, jangan hanya menyebutkan posisi/jabatan Anda di pekerjaan sebelumnya, namun jelaskan juga kiprah dan pencapaian apa yang berhasil Anda lakukan. Sebagai pola Anda bisa mencantumkan pencapaian menyerupai berhasil meningkatkan penjualan sebesar 80 persen. Sementara itu, sertakan juga satu alamat email serta akun LinkedIn Anda pada CV.
Baca juga: Suka Update? Intip Bahaya Media Sosial ketika Melamar Kerja
2. Buat portofolio
Siapkan portofolio yang sanggup menampilkan kemampuan Anda (Sumber: photojaanic.com)
Kebanyakan lowongan pekerjaan memang hanya menyebutkan CV sebagai syarat melamar. Namun pada kenyataannya jangan hanya berikan CV Anda ketika melamar! Sebagai bukti atas karya/tugas yang sudah pernah Anda lakukan, buatlah portofolio khusus. Portofolio tersebut bisa berisikan desain yang pernah Anda buat untuk klien atau pola tulisan. Agar semakin dilirik oleh perusahaan, buatlah portofolio tersebut semenarik mungkin dan benar-benar memperlihatkan kemampuan Anda dalam bidang yang dikuasai.
3. Rapikan akun LinkedIn
Maksimalkan akun LinkedIn Anda supaya banyak perusahaan yang tertarik (Sumber: id0wnl0adblog.com)
Tidak hanya dipakai untuk membangun hubungan antar bisnis, platform profesional menyerupai LinkedIn ketika ini telah menjadi daerah untuk merekrut dan mencari pekerjaan secara efektif. Dilansir dari Forbes, Dengan LinkedIn, Anda bisa meletakan CV pada profil dan melamar pekerjaan ke perusahaan yang diinginkan. Sementara itu pihak perusahaan juga sanggup dengan bebas melihat banyak sekali profil LinkedIn calon karyawan yang dinilai mempunyai potensi, tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga dan uang untuk proses seleksi.
Karena itu mulai sekarang, rapikanlah akun linkedin Anda! Jadikan profil linkedin Anda sebagai CV terbuka yang setiap ketika siap dilihat oleh perusahaan. Jangan biarkan profil Anda kosong dan berantakan. Isilah dengan banyak sekali info penting menyerupai pengalaman pekerjaan dan kemampuan apa yang Anda kuasai. Tips lainnya, mintalah endorsement dan testimoni dari teman Anda sebagai bukti mereka telah mengakui kemampuan Anda.
Baca juga: 5 Cara Memaksimalkan Fungsi LinkedIn untuk Kemajuan Karier Anda
4. Perhatikan akun media sosial
Media sosial menjadi salah satu alat perekrut untuk melihat kepribadian calon karyawan (Sumber: mgacommunications.com)
Di kurun digital menyerupai ketika ini, setiap orang tentu mempunyai lebih dari satu akun media sosial. Meskipun ditujukan untuk berkomunikasi, namun sadar atau tidak media umum ketika ini juga menjadi alat pertimbangan yang dipakai banyak HRD perusahaan dalam merekrut karyawan baru. Melalui media sosial, pihak perusahaan sanggup melihat kepribadian dari calon pelamar, dan hal itu akan jadi salah satu faktor penentu apakah Anda diterima atau tidak. Karena itu mulai ketika ini perhatikan kembali konten media umum Anda. Lihat lagi, apakah Anda sering mengembangkan hoax atau menuliskan semua perasaan termasuk umpatan pada perusahaan lama? hati-hati ya!
5. Gunakan keywords
Gunakan keywords yang banyak dipakai ketika melamar kerja (Sumber: searchengineland.com)
Banyak perusahaan ketika ini memakai mesin pencarian khusus pekerjaan menyerupai simplyhired yang telah memakai sistem pelacakan sehingga bisa menyeleksi lamaran dengan cepat. Agar surat lamaran Anda sanggup terdeteksi dan tidak lewat begitu saja, gunakan kata kunci/keywords yang tepat. Misalnya, jikalau ingin melamar pekerjaan di bidang IT, maka pastikan Anda mencantumkan software/hardware yang paling sering dicari di mesin pencarian. Percayalah, kata kunci tersebut akan membantu supaya CV Anda sanggup dilirik oleh perusahaan.
Nah, Rekan Kerja itu tadi kunci sukses mengajukan lamaran pekerjaan di kurun digital yang bisa Anda coba. Sekarang, persiapkan semua dokumen yang diperlukan dengan baik supaya CV Anda tidak terlewat begitu saja.
Sambil menyiapkan lamaran pekerjaan Anda, jangan lupa baca artikel menarik lainnya yang sanggup membantu menunjang karier pada blog atau aplikasi ruangkerja yang sanggup Anda unduh dengan mengklik gambar di bawah ini. Selamat mencoba, Rekan Kerja!
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Kunci Sukses Mengajukan Lamaran Kerja Di Masa Digital"
Posting Komentar