Halo, Rekan Kerja! Kemampuan berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris sangat diharapkan untuk menaikkan gambaran perusahaan di mata klien sekaligus membangun korelasi kerja yang lebih luas. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, terkadang Anda butuh dialog ringan saat bekerja sebelum membicarakan hal yang lebih serius. Ada tata caranya supaya Anda tidak canggung saat berhadapan dengan klien dan kolega kerja memakai Bahasa Inggris. Supaya tidak gagap, mari simak ulasan berikut!
Penting sekali menggali kemampuan Bahasa Inggris di dunia perkantoran (Sumber : englishforbusinesscommunication.com)
1. Memperkenalkan diri dengan baik
Jangan takut memperkenalkan diri dengan Bahasa Inggris (Sumber : rawpixel.com)
Perkenalan diri sanggup menjadi ajang yang menakutkan bagi seseorang yang tidak suka menjadi sentra perhatian. Namun, kalau tidak berkenalan, bagaimana orang kantor akan menyapa Anda? Mulailah secara perlahan dan hilangkan ketakutan yang berlebihan. Ingat, klien dan kolega akan menilai Anda dari kesan pertama! Mereka bahagia dengan langsung yang sopan.
Contoh :
Hello, I am Lucy. I just started as the project manager in the marketing department.” (Perubahan sanggup diubahsuaikan tergantung nama dan jabatan Anda).
Setelah itu, ada kalanya lawan bicara juga memperkenalkan dirinya. Tunjukkan respon dengan gestur badan yang sopan, mirip tersenyum. Kemudian, Anda sanggup membalasnya dengan kalimat :
“Nice to meet you! How long have been you working here?”
2. Menceritakan diri Anda dengan santun
Sesekali ceritakan wacana diri Anda (Sumber : pexels.com)
Obrolan ringan menyerupai ping pong, begitu kata Christina pada jalan masuk Youtube miliknya “Speak English With Christina”. Anda bukan hanya terus bertanya, namun ada kalanya Anda juga menawarkan gosip ke lawan bicara saat berinteraksi. Informasi tersebut sanggup berupa pengalaman langsung Anda mirip pekerjaan, hobi, atau jalan-jalan yang dilakukan di masa lampau. Frasa yang biasa dipakai yakni “I used to…”
Contoh :
I used to work as a marketing assistant at…. (sebut nama kawasan kerja yang dahulu).
I used to travel to America last year. The view was amazing!
3. Berbicara dan meminta tolong dengan hormat
Ketahui ungkapan minta tolong dalam Bahasa Inggris (Sumber : sithealthier.com)
Obrolan ringan sanggup menjadi senjata ampuh dalam memikat hati klien sebelum masuk ke dialog bisnis. Anda harus terlihat sebagai langsung yang menyenangkan dan sanggup dipercaya. Temukan kesamaan pada diri Anda dengan lawan bicara supaya dialog tidak melulu serius. Namun , kalau pekerjaan Anda sudah mendekati tenggat waktu, maka mintalah tolong secara sopan yang diawali dengan “could you?” atau sejenisnya mirip “would you…?”
Contoh :
“ Do you have any vacation planned for long weekend? Beach will be great.”
“ So, you are alumna of that university? We are one alumna!
“Could you connect me with the manager to confirm the meeting?”
“Would you help to solve the problem?
4. Perhatikan perbedaan kosakata informal dan formal
Berbeda tingkatan, berbeda kesan pula (Sumber : youtube.com)
Tingkatan Bahasa Inggris terbagi menjadi dua, yakni formal dan informal. Perbedaan keduanya tidak terlalu mencolok, hanya saja kalau ingin meningkatkan kesan diri yang lebih besar lengan berkuasa di mata orang lain maka gunakanlah Bahasa Inggris dengan level profesional (english for business). Berikut beberapa kosakata yang sanggup meningkatkan profesionalisme di kantor :
- “Got” diganti “received” : I received your email.
- “Need” diganti “require” : I require some assistance.
- “Get in touch” diganti “contact” : How do I contact her?
- “Make sure” diganti “ensure” : Please ensure you arrive on time.
- “Let them know” diganti “inform” : Please inform them of your arrival.
- “Talk more” diganti “elaborate” : Could you please elaborate on the subject?
- “Fix” diganti “solve” : How do you solve the problem?
Semakin banyak tahu, semakin baik (Sumber : pexels.com)
Sekarang Anda sudah mengetahui dasar-dasar memulai dialog ringan dengan Bahasa Inggris. Akan tetapi, jangan berhenti belajar, ya! Teruslah perluas kosakata supaya semakin jago membuatkan dialog ringan menjadi serius. Supaya mudah, mencar ilmu pakai aplikasi ruangkerja saja! Aplikasi ruangkerja menyediakan podcast persiapan kosakata IELTS & TOEFL dengan beberapa sajian pilihan, yakni kosakata sehari-hari, teknologi, musik, keuangan, bisnis, dan jurnalistik.
Nah, itu beliau beberapa tips yang ruangkerja sajikan untuk Anda kali ini. Kemampuan Bahasa Inggris ternyata penting untuk karier Anda di masa globalisasi sekarang. Anda tetap sanggup menggali kemampuan berbahasa abnormal tanpa harus melupakan bahasa persatuan. Supaya mencar ilmu lebih seru, yuk unduh aplikasi ruangkerja kini juga! Selamat membuatkan diri, Rekan Kerja!
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "English For Business : 5 Cara Memulai Dialog Dengan Bahasa Inggris"
Posting Komentar