Mengenal 5 Fitur Microsoft Excel Yang Jarang Diketahui

Microsoft Excel menjadi salah satu aplikasi yang sangat membantu penyelesaian pekerjaan Anda. Aplikasi ini mempunyai banyak sekali fitur yang akan mempermudah pekerjaaan dalam pengelolaan data, statistik, dan aneka macam fitur analisis lainnya. Namun, tidak semua fitur tersebut telah diketahui oleh khalayak. Oleh alasannya itu, dengan menguasai fitur-fitur Microsoft Excel itu, Rekan Kerja akan sanggup menjadi lebih unggul daripada yang lain, bukan? Mari lihat artikel di bawah ini!

1. Menghemat waktu dengan Basic Template

microsoft excelBeragam Basic Template yang tersedia di Microsoft Excel (Sumber : istimewa)

Ketika memakai Microsoft Excel, Anda sanggup memakai aneka macam basic template yang sudah tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda.  Seperti yang sanggup Anda lihat pada foto di bawah ini, Anda sanggup menciptakan aneka macam laporan memakai Microsoft Excel ibarat financial budgeting, daily schedule, list, dan aneka macam laporan lainnya dengan mudah.

2. Merapikan teks dengan Basic Text Function

Pada umumnya, jumlah data yang terdapat di Microsoft Excel cukup banyak. Namun, tidak semua data tersebut sudah diketik dengan sempurna sesuai kaidah PUEBI. Misalnya, ada beberapa kata yang belum tertulis memakai aksara kapital yang seragam. Akan tetapi, Anda tidak perlu takut harus merapikannya satu-persatu alasannya Anda sanggup mengetikkan formula khusus di bawah ini :

  • Trim : Untuk merapikan goresan pena dan menghapus space yang tidak diinginkan. Formulanya yaitu =TRIM(CELL)
  • Proper Case : Dengan memakai formula ini, setiap kata yang tertulis akan diawali aksara kapital. Cocok dipakai untuk penamaan nama. Formulanya yaitu =PROPER
  • Upper Case : Seluruh karakter yang ada di goresan pena tersebut akan tertulis memakai aksara kapital. Formulanya yaitu =UPPER
  • Lower Case : Seluruh karakter yang ada akan tertulis memakai aksara kecil. Formulanya yaitu =LOWER
  • Len : Untuk menghitung jumlah karakter yang terdapat pada kata tersebut. Formulanya yaitu =LEN

microsoft excel

Contoh hasil penggunaan aneka macam Basic Text Function (Sumber : istimewa)

3. Mengatur angka dengan Numbers Formatting

Aplikasi Microsoft Excel seringkali dipakai untuk mengolah angka-angka statistik. Tidak hanya itu, Rekan Kerja juga sanggup mengatur format angka yang terdapat pada sheet Anda memakai Numbers Format yang terdapat pada tab Home. Di sini terdapat beberapa bentuk Numbers Formatting yang sanggup dipakai untuk memformat tanggal, mata uang, waktu, pecahan, dan keperluan lainnya.

microsoft excelContoh hasil penggunaan Numbers Formatting (Sumber : exceljet.net)

4. Menggunakan Freezes semoga tidak salah dalam penginputan

Pernahkah Anda menemukan dilema dalam penginputan dikala mempunyai data yang sangat banyak? Atau Anda merasa pusing dikala sedang membaca data yang sudah tidak terlihat lagi judul kolomnya alasannya jumlah data yang terlalu banyak? Rekan Kerja tidak perlu takut dilema itu terjadi lagi alasannya Anda sanggup memakai fitur Freezes yang terdapat dalam tab View.

microsoft excelContoh hasil penggunaan Freezes (Sumber : functionx.com)

5. Menggunakan Statistical Function untuk menjumlahkan data

Apakah Anda harus menjumlahkan banyak data dalam waktu yang singkat? Atau Anda ingin mengetahui bagaimana nilai rata-rata dari kumpulan data yang ada? Hal ini tidak akan menjadi suatu dilema kalau Anda memakai aplikasi Excel. Anda hanya perlu memakai Statistical Function yang terdapat pada tab Formulas. Berikut yaitu Statistical Function yang sanggup Anda gunakan :

  • Sum : Digunakan untuk menjumlahkan keseluruhan data
  • Average : Digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari keseluruhan data
  • Count Numbers : Digunakan untuk menghitung jumlah cell yang memuat angka
  • Max : Digunakan untuk mencari nilai terbesar
  • Min : Digunakan untuk mencari nilai terkecil

microsoft excel

Contoh penggunaan Sum Function di Microsoft Excel (sumber : support.office.com)

Itulah lima fitur Microsoft Excel yang sanggup dimanfaatkan untuk pekerjaan Anda. Semoga sanggup meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan Anda, ya! Untuk melengkapi pemahaman Anda dengan visualisasi bahan Microsoft Excel ini yang lebih lengkap, Anda sanggup mengakses bahan Microsoft Excel Basic 01 di aplikasi ruangkerja. Jangan lupa untuk mempelajari materi-materi pengembangan keterampilan lainnya di aplikasi ruangkerja, ya! Klik gambar di bawah ini untuk mengunduh.

New call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal 5 Fitur Microsoft Excel Yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar