Matematika Kelas 7 | Mengenal Operasi Hitung Pada Pecahan

Matematika_7

Pada artikel Matematika kelas VII kali ini, kau akan mengetahui perihal apa saja macam-macam operasi hitung pada pecahan dan cara menyelesaikannya.
 
--

Squad, siapa di antara kau yang tahu apa saja operasi hitung dalam Matematika? Yup! Operasi hitung dalam Matematika ada lima macam, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pemangkatan. Ternyata, empat dari lima operasi hitung ini sanggup dipakai untuk membantu kita dalam mengoperasikan bilangan pecahan, lho. Apa saja ya? Yuk, pribadi saja kita simak pembahasannya satu persatu pada artikel di bawah ini!

Operasi hitung yang pertama dan kedua ialah penjumlahan dan pengurangan. Ketika kita ingin menjumlahkan atau mengurangkan dua atau lebih pecahan, terdapat beberapa langkah yang harus kita lakukan terlebih dahulu, nih. Eits! kau nggak usah khawatir, langkahnya gampang kok. So, let’s check this out!

a. Menyamakan penyebut

Langkah yang pertama ialah menyamakan penyebut. Hayo, ada yang masih ingat apa itu penyebut? Ya, penyebut itu ialah angka yang membagi dan letaknya di bawah, Squad. Sedangkan, pembilang ialah angka yang dibagi dan letaknya di atas. Jadi, kalau contohnya ada pecahan 3/4, maka penyebutnya ialah 4 dan pembilangnya ialah 3. Istilah pembilang dan penyebut ini harus selalu kau ingat, ya. Jangan hingga tertukar, lho!

Oke, back to the topic, dalam menyamakan penyebut, ada dua cara yang sanggup kita lakukan. Cara yang pertama ialah dengan mencari nilai KPK dari penyebut sebelumnya untuk dijadikan penyebut yang gres dan cara yang kedua dengan pribadi mengalikan penyebutnya. Hmm, maksudnya apa, sih? Daripada bingung, yuk pribadi saja kita lihat pada pola soal di bawah ini!

Misalkan, kita akan melaksanakan penjumlahan terhadap dua buah bilangan pecahan berikut:

operasi hitung pecahan

Lalu, kita samakan penyebutnya ibarat ini:

cara menghitung pecahan dengan mennyamakan penyebut

Nah, kau sanggup pilih salah satu dari kedua cara di atas yang berdasarkan kau lebih mudah, Squad.

b. Mencari pembilang sehabis disamakan penyebut

Setelah kita mendapat nilai penyebut yang baru, maka langkah selanjutnya ialah mencari nilai pembilangnya. Caranya, kita sanggup membagi nilai penyebut yang gres dengan nilai penyebut yang lama, kemudian kesannya kita kalikan dengan pembilang yang sebelumnya. Kamu galau nggak? Lihat pola di bawah ini, yuk!

cara menghitung pecahan dengan mennyamakan penyebut 2

c. Operasikan pecahan

Setelah penyebutnya sudah sama dan pembilangnya juga sudah kita ubah, maka langkah yang terakhir ialah mengoperasikan pecahan tersebut. Berdasarkan pola di atas, maka hasil dari 1/2 + 2/3 ialah 3/6 + 4/6 = 7/6. Ingat ya, Squad! Untuk operasi penjumlahan dan pengurangan ini, langkah-langkahnya sama. Jadi, kalau kau mendapat soal perihal pengurangan dua buah bilangan pecahan, maka tanda penjumlahannya (+) tinggal kau ganti saja jadi tanda pengurangan (-).

Selanjutnya, di bawah ini ada latihan soal yang sanggup kau kerjakan nih, Squad. Jangan lupa untuk tulis tanggapan kau di kolom komentar, ya.

contoh soal pecahan

 

Operasi hitung yang ketiga ialah perkalian. Ketika kita ingin melaksanakan operasi perkalian pada dua atau lebih pecahan, caranya mudah, Squad. Kita hanya perlu mengalikan pembilangnya dan mengalikan penyebutnya.

operasi hitung pecahan 

Simak contohnya di bawah ini, yuk!

operasi hitung pecahan

Penyelesaian:

Karena pola soal di atas merupakan perkalian antara pecahan adonan dengan pecahan biasa, langkah pertama yang harus kita lakukan ialah mengubah pecahan adonan tersebut menjadi pecahan biasa. Sehingga, 2½ diubah ke pecahan biasa menjadi 5/2. Setelah itu, kita sanggup pribadi mengoperasikan kedua pecahan tersebut sebagai berikut:

operasi hitung pecahan

Bagaimana Squad, gampang bukan? Kalau begitu, kita lanjut ke operasi hitung yang terakhir, ya.

Operasi hitung pada pecahan yang terakhir ialah pembagian. Ketika kau akan melaksanakan operasi pembagian pada dua atau lebih pecahan, maka kau sanggup mencarinya dengan cara mengubah posisi pembilang menjadi penyebut dan penyebut menjadi pembilang pada pecahan yang menjadi pembaginya. Lalu, ubah tanda pembagian (÷) menjadi tanda perkalian (x). Bingung nggak, nih? Tenang, kau nggak perlu bingung! Lihat ilustrasi di bawah ini saja, ya!

operasi hitung pecahan

Selanjutnya, coba kau perhatikan pola soal berikut ini!

contoh soal pecahan 2

Pembahasan:

Dari perkara di atas, ibu ingin membagi 40 kg gula pasir menjadi beberapa kantong plastik yang masing-masing isinya 1/4 kg. Caranya:

operasi hitung pecahan

Jadi, banyak kantong plastik yang dibutuhkan ibu ialah sebanyak 160 kantong.

Nah, kini kau sudah mengerti cara dalam menuntaskan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada pecahan kan, Squad. Ternyata bahan ini tidak sesulit yang kau kira, kan? Mungkin pada awalnya kau akan sering lupa ya dengan rumus-rumus di atas. Tapi, kalau kau sering berlatih soal, niscaya rumus-rumus di atas sanggup kau hafal dan kau jadi sanggup mengerjakan soal-soal pecahan dengan sangat mudah, lho. So, jangan malas belajar, ya! Oh iya, kalau kau ingin mempelajari bahan ini lebih lengkap lagi, kau sanggup lho gabung di ruangbelajar. Di sana, semua bahan akan dijelaskan melalui video animasi yang keren dan menarik. Jadi, nggak ada kata “bosan” lagi nih bagi kau yang nggak suka belajar. Penasaran? Yukdownload aplikasinya sekarang!

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Matematika Kelas 7 | Mengenal Operasi Hitung Pada Pecahan"

Posting Komentar