Konstruksi Sangkar Yang Ideal Untuk Penangkaran Burung Jalak Bali

Salah satu faktor yang memengaruhi keberhasilan penangkaran burung jalak bali yaitu kecocokan sangkar yang digunakan. Tidak jarang penangkar pemula sering mengalami kegagalan yang disebabkan oleh konstruksi sangkar yang salah.

Jalak bali umumnya menyukai sangkar yang tinggi lantaran sangat suka bertengger di dahan yang letaknya tinggi. Untuk itu, tinggi ideal sangkar penangkaran minimal 2,5 meter. Meski tidak ada ukuran baku yang pasti, idealnya belahan dalam sangkar dibentuk dengan ukuran besar atau melebar biar memudahkan proses perkawinan. Dalam sangkar pun harus disediakan daerah pakan, daerah minum dan kolam mandi. Di samping itu, kondisi sangkar harus gampang terkena sinar matahari lantaran intensitas sinar matahari juga memengaruhi produktivitas perkawinan.

Pada dasarnya, konstruksi sangkar untuk jalak bali tidak jauh berbeda dengan sangkar burung jalak lainnya, umumnya mensyaratkan kondisi sebagai berikut:

  • Lokasi Kandang
Salah satu faktor yang memengaruhi keberhasilan penangkaran burung jalak bali yaitu kecoc Konstruksi Kandang yang Ideal untuk Penangkaran Burung Jalak Bali
Jalak Bali

Lokasi sangkar yang ideal untuk jalak bali sebisa mungkin jauh dari keramaian dan suasananya juga tenang, aman, dan nyaman. Buatlah sangkar penangkaran eksklusif menghadap ke timur sehingga jalak bali yang ditangkarkan akan gampang mendapat sinar matahari.

Kandang harus bebas dari gangguan hewan lain, mirip tikus, anjing, kucing, ular, dan juga serangga. Selain itu faktor cuaca akan memengaruhi kondisi kandang. Untuk itu, buatlah lantai sangkar lebih tinggi posisinya dari tanah di luar kandang. Dengan demikian air hujan tidak akan masuk ke kandang.

Salah satu syarat lokasi yang disarankan yaitu adanya pohon perindang di sekitar sangkar penangkaran. Adanya pohon tersebut akan mendukung lingkungan sangkar yang tentu disukai jalak bali lantaran ibarat habitat aslinya. Fungsi lainnya, sangkar yang mempunyai pohon perindang akan membantu menghalangi terpaan tornado dan mengurangi terik matahari.

  • Ukuran Kandang
Salah satu faktor yang memengaruhi keberhasilan penangkaran burung jalak bali yaitu kecoc Konstruksi Kandang yang Ideal untuk Penangkaran Burung Jalak Bali
Source – delanggubirdfarm

Selain letak sangkar yang harus tinggi, intinya tidak ada patokan khusus untuk ukuran kandang. Hal terpenting yaitu membuat kondisi biar burung jalak bali merasa nyaman sehingga gampang berjodoh dan bertelur. Ukuran sangkar sanggup diubahsuaikan dengan luas lahan yang dimiliki.

Contoh ukuran sangkar penangkaran untuk Burung Jalak Bali yang ideal yakni P 1,5-2 m  x  L 1-1,5 m dengan tinggi 2,5-4 m.

Kandang tersebut sanggup diisi sepasang jalak bali yang memungkinkan keduanya bergerak bebas dan leluasa. Sebisa mungkin kondisi sangkar harus alami biar jalak bali lekas mengikuti keadaan dengan lingkungan.

Adapun dinding sangkar dan atap sanggup dibentuk dari kawat ram berukuran 1 sentimeter, dengan atap sebagian diberi epilog biar teduh dan burung jalak bali gampang bersarang.

  • Hal-Hal yang Harus Ada Dalam Kandang
Salah satu faktor yang memengaruhi keberhasilan penangkaran burung jalak bali yaitu kecoc Konstruksi Kandang yang Ideal untuk Penangkaran Burung Jalak Bali
Sourcen – tokopedia

Burung jalak bali akan gampang berjodoh dan bertelur kalau di dalam sangkar dilengkapi peralatan berikut:

1. Tempat Pakan dan Minum

Wadah untuk pakan dan minum dalam penangkaran sebaiknya gampang dibersihkan dari lumut dan kotoran. Disarankan berupa mangkuk plastik atau aluminium biar tidak gampang berkarat dan tidak gampang bocor. Wadah tersebut diletakkan di daerah yang gampang terjangkau dan tidak terkena kotoran.

2. Tempat Bertengger

Tempat ini dimaksudkan biar sepasang jalak bali sanggup hinggap untuk bercengkerama dan sebagai daerah tidur ketika malam tiba. Bisa memakai ranting pohon yang dahannya cukup keras, misal pohon asam jawa. Besar rantingnya pun diubahsuaikan dengan kaki jalak bali biar sanggup mencengkeram sempurna.

3. Sarang Bertelur

Karena jalak bali menyukai sarang yang tinggi, kotak sarang sanggup dibentuk dari kayu ataupun tripleks yang berukuran 25 cm x 25 cm x 35 cm. Letak idealnya yaitu di pojok kiri atas kandang. Sebagai suplemen sarang, sanggup memakai sulur daun cemara kering yang sanggup didapatkan dari aneka macam kios burung.

Perlu diingat, selain konstruksi sangkar untuk jalak bali yang memenuhi kondisi ideal, faktor lain yaitu ketekunan dan kesabaran dari penangkar. Jika sangkar penangkaran selalu dibersihkan dan dijauhkan dari gangguan luar, pasti produktivitas jalak bali akan membuahkan hasil. Selamat mencoba.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konstruksi Sangkar Yang Ideal Untuk Penangkaran Burung Jalak Bali"

Posting Komentar