Ipa Kelas 7 | Apa Itu Efek Rumah Kaca?

Efek Rumah Kaca
 
Artikel IPA kelas 7 ini akan membahas mengenai pengaruh rumah beling secara umum, termasuk akhir yang disebabkan oleh pengaruh rumah beling tersebut. 

Squad! Kamu sering merasa bila bumi ini semakin panas nggak, sih? Sepertinya sih kau di rumah aja dan nggak banyak gerak, tapi kok tiba-tiba terasa panas dan jadi keringetan, ya? Wah, apalagi bila ke luar rumah nih, panasnya terasa terik banget. Kamu tau nggak sih apa penyebabnya? Ternyata, penyebabnya yaitu pengaruh rumah kaca. Apa sih, pengaruh rumah beling itu? Kuy, kita pelajari bersama!

Efek Rumah Kaca

Wah, kasihan buminya kepanasan (Sumber: giphy.com)

Sebelum berguru wacana pengaruh rumah kaca, kau sudah pernah lihat rumah beling yang dipakai untuk menanam tanaman, kan? Coba deh kau ingat-ingat lagi wacana fungsi dari rumah beling itu sendiri. Yes, selain untuk menanam tumbuhan atau sayuran jenis tertentu, rumah beling ini mempunyai fungsi untuk melindungi tumbuhan atau sayuran tersebut. Rumah beling ini juga bersifat hangat lantaran kaca-kacanya dapat menangkap panas biar tumbuhan dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi hangat. Lalu, pengaruh rumah beling itu apa sih?

Baca Juga: Keseimbangan Ekosistem, Ancaman, dan Pelestariannya

Efek rumah beling ini yaitu fenomena saat panas matahari di bumi terperangkap, sehingga bumi menjadi semakin panas. Mirip dengan rumah beling yang dipakai untuk menanam tanaman, kan? Sebenarnya, dalam jumlah tertentu, pengaruh rumah beling ini juga diperlukan bumi. Efek rumah beling ini diperlukan bumi untuk menjaga interval perbedaan suhu di siang hari dan di malam hari biar tidak terlalu berbeda. Meskipun demikian, bila terlalu banyak panas matahari yang terperangkap dapat membahayakan juga, nih.

Kira-kira, apa sih penyebab pengaruh rumah beling ini? Penyebabnya yaitu peningkatan jumlah emisi gas CO2 dan CO. Kok dapat meningkat sih jumlah emisi gasnya? Bisa dong, apalagi bila kau sering banget memakai pendingin ruangan atau kendaraan pribadi. Terlebih lagi, lahan hijau di bumi kita ini sudah semakin berkurang lantaran banyaknya penebangan liar. Duh, pemanasan global jadi semakin meningkat, deh. Hmm... tapi kira-kira, bagaimana sih proses terjadinya pengaruh rumah beling ini?

Efek Rumah Kaca

Bagaimana Squad? Setelah membaca artikel ini, kau tentu ingin lebih peduli lagi dengan bumi dan lingkungan, kan? Kira-kira kau ingin melaksanakan apa nih untuk menanggulangi pengaruh rumah beling dan pemanasan global? Coba sebutkan di kolom komentar, ya. Kalau kau ingin berguru lebih banyak lagi wacana pengaruh rumah kaca, yuk berguru pakai Ruangguru digitalbootcamp! Kamu dapat berguru dengan sobat di seluruh Indonesia hanya lewat group chat, lho. Kuy, daftar sekarang!

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ipa Kelas 7 | Apa Itu Efek Rumah Kaca?"

Posting Komentar