Hari Pramuka: 7 Manfaat Pramuka Yang Sering Disepelekan

Squad, tahukah kau bahwa setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka Nasional? Sebagai anak Indonesia tentunya kau sudah tidak absurd lagi dengan Pramuka yang berciri khas seragam cokelat ini. Pramuka atau Praja Muda Karana mempunyai arti jiwa muda yang suka berkarya. Pramuka diwajibkan oleh pemerintah sebagai kegiatan sekolah di jenjang SD, Sekolah Menengah Pertama dan SMA. Selain itu, Pramuka juga menjadi kegiatan ekstrakurikuler di sekolah-sekolah. Biasanya Pramuka mengharuskan kau untuk berpanas-panasan di lapangan untuk berlatih, jadi banyak anak yang tidak suka dengan kegiatan ini. Eits, untuk kau yang nggak suka sama Pramuka coba dulu baca manfaat Pramuka berikut ini. Pasti kau akan berpikir ulang deh.

1. Menjadi Pribadi yang Lebih Mandiri

manfaat pramukaMenjadi lebih berdikari (Sumber: youtube.com)

Pernahkah kau mengikuti kemah? Kegiatan Pramuka biasanya dilaksanakan jauh dari rumah dan tidak melibatkan orang tua, menyerupai halnya berkemah. Saat berkemah kau dituntut untuk tinggal bersama anggota Pramuka lainnya dan mengurus semua kebutuhan sendiri, mulai dari memasak, mencuci baju atau alat makan, membersihkan daerah yang ditinggali, dan lainnya. Apalagi ketika ini banyak anak yang lebih terbiasa untuk dibantu oleh orang bau tanah atau tangan kanan rumah tangga untuk mengurus segala kebutuhan. Nah, dengan mengikuti kegiatan Pramuka ini kau akan dilatih untuk mandiri. Belajar berdikari akan membentuk huruf kau menjadi lebih baik dibandingkan dengan anak lain yang biasa dilayani.

2. Melatih Kedisiplinan

manfaat pramukaMelatih kedisiplinan (Sumber: wordpress.com)

Saat kau mengikuti Pramuka, pelajaran paling dasar yang akan kau pelajari yaitu pembentukan huruf dengan terbiasa disiplin. Dalam kegiatan Pramuka semua hal biasanya akan diatur dengan jadwal dan tata tertib yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota. Kamu harus melaksanakan semuanya dengan sempurna waktu, menyerupai ketika tiba upacara apel, mengumpulkan tugas, istirahat pada waktu yang ditentukan, sampai mengenakan atribut lengkap, menyerupai sepatu hitam, kaos kaki hitam, topi, dasi, tongkat pramuka dan lainnya.

3. Gotong Royong dan Kebersamaan

manfaat pramukaMelatih bahu-membahu (Sumber: youtube.com)

Dalam beberapa kegiatan Pramuka, menyerupai berkemah, pastinya kau tidak hanya sendirian 'kan Squad? Satu tenda biasanya akan diisi oleh beberapa orang. Keadaan tersebut mengharuskan kau untuk saling membantu, menyerupai contohnya ketika mendirikan tenda untuk beristirahat dan melindungi diri dari bahaya alam. Selain itu, kau juga harus membuatkan daerah tidur dan saling membantu dalam menuntaskan suatu pekerjaan, contohnya memasak atau mencuci piring. Jika ada teman yang sakit juga kau dan teman yang lain harus merawatnya bersama. Hal ini akan menumbuhkan rasa solidaritas dan kebersamaan dalam diri kamu.

4. Meningkatkan Kepedulian

manfaat pramukaMeningkatkan kepedulian (Sumber: blogspot.com)

Dasa Dharma Pramuka mengajarkan kita untuk mengasihi antara manusia, sopan, rela menolong, dan selalu bersahaja. Dalam kegiatan Pramuka kau biasanya juga akan melaksanakan kegiatan bakti sosial melalui penggalangan pertolongan dari anggotanya. Selain itu, kau juga akan diajarkan untuk saling membantu teman yang sedang sakit atau kesusahan.

5. Belajar Mencintai Alam

manfaat pramukaMencintai alam (Sumber: pramukapos.com)

Kegiatan Pramuka kerap kali dilakukan di alam bebas. Kamu akan diajak untuk melihat dan mencicipi alam secara nyata. Semakin kau bersahabat dengan alam, maka rasa cinta kau terhadap alam juga akan timbul. Kegiatan di alam bebas ini dibutuhkan akan memunculkan kepedulian kau untuk melestarikan lingkungan. Selain itu, dengan rasa cinta kepada alam tiap anggota Pramuka tidak akan melaksanakan tindakan yang merusak alam.

6. Belajar Organisasi dan Bekerjasama

manfaat pramukaMelatih kebersamaan (Sumber: idntimes.com)

Saat kau aktif mengikuti kegiatan Pramuka, maka kau akan sering bertemu dengan orang-orang gres yang mempunyai huruf berbeda-beda. Kesempatan untuk bertemu dengan banyak sekali macam orang dengan huruf uniknya masing-masing ini akan menciptakan kau mencar ilmu menekan rasa egois, mencar ilmu bersosialisasi untuk melaksanakan kegiatan bersama, dan mencar ilmu untuk memecahkan duduk kasus bersama. Untuk kau yang pemalu atau pendiam, dengan bertemu banyak orang akan melatih kau untuk lebih berani berbicara dan memberikan pendapat.

7. Melatih Kepemimpinan dan Kreativitas

manfaat pramukaMelatih kepemimpinan (Sumber: pramukapos.com)

Kamu akan mendapat kesempatan untuk memimpin regu jikalau kau aktif mengikuti kegiatan Pramuka. Saat mendapat kesempatan itu, kau akan mencar ilmu mengenai gaya kepemimpinan dan bagaimana caranya memecahkan duduk kasus yang terbaik untuk semua anggota tim. Secara tidak sadar kau juga dituntut untuk lebih kreatif. Banyak kegiatan yang akan menciptakan kau harus menuntaskan kiprah dengan memakai ide-ide cemerlang.

Masih banyak manfaat yang sanggup kau dapatkan dari kegiatan Pramuka. Walaupun tidak eksklusif terlihat, manfaat ini niscaya akan kau rasakan kok di kemudian hari. Jika kau sudah mendapat manfaat dari Pramuka, jangan lupa ya untuk terus mengimbanginya dengan tetap menjaga prestasi akademikmu. Mau mencar ilmu tapi nggak ngebosenin? Tonton aja video beranimasi di ruangbelajar!

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hari Pramuka: 7 Manfaat Pramuka Yang Sering Disepelekan"

Posting Komentar